Retail Business Modern Strategy

Location

Pemilihan lokasi merupakan salah satu kunci utama keberhasilan sebuah bisnis ritel. Beberapa faktor penting yang harus diperhatikan adalah:

  • Visible
  • Heavy traffics
  • Direction to Home
  • Public Facilities
  • Acquisition Cost
  • Regulation
  • Access
  • Infrastructure
  • Captive market
  • Legality

buku 2

Category Management

Kekuatan sebuah perusahaan retail ada pada manajemen kategori, makin jago memanage kategori produk makin besar  kekuatan memperoleh marjin.  Berbagai item yang perlu direncanakan dan dilaksanakan dengan baik adalah:

1.       Variety & Assortment

Variety adalah jumlah kategori produk yang ditawarkan oleh peritel atau biasa disebut breadth of merchandise.
Assortment
adalah jumlah barang yang berbeda di dalam sebuah kategori atau biasa disebut depth of merchandise.

2.       Margin mix
Margin mix sebuah perusahaan didasarkan pada sales mix. Banyak perusahaan menjual lebih dari satu produk atau jasa, dan mereka harus menentukan produk mana yang paling menguntungkan. Dengan demikian, perusahaan dapat memaksimalkan keuntungan dengan memproduksi dan menjual produk yang paling menguntungkan mereka.

3.       Lay out yang menarik dan rapih
4.       Promosi yang menarik
5.       Proporsi yang cukup untuk ketersediaan barang dan jasa yang menjadi tren konsumen. Perlu selalu memastikan bahwa barang atau jasa yang dibutuhkan selalu tersedia.
6.       Perlu didukung dengan riset perilaku konsumen dan analisa pasar

Fanya

Brand Equity
Pemilihan merek harus disertai dengan berbagai usaha agar merek tersebut makin dikenal dan makin kuat dibenak konsumen. Sebagus apapun merek yang dipilih kalau tidak dimaintain bisa dilupakan orang begitu saja sehingga tidak berdampak signifikan terhadap sales.

Experiential Retail (Service)
Mengapa berbelanja di department store yang satu lebih menyenangkan dibandingkan yang lain? Mengapa makan makanan yang sama di restoran yang satu lebih asik daripada restoran yang lain? Karena ada pengalaman yang berbeda yang dirasakan oleh customer, bisa dari kenyamanan ruangan, keramahan pelayan, lezatnya menu, indahnya pemandangan, merdunya suara penyanyi life music, kebanggaan status social yang dirasakan, dll.

Pricing
Harga adalah nilai uang yang ditetapkan pada sebuah barang yang ditetapkan oleh penjual. Dalam bisnis ritel penetapan harga merupakan hal yang krusial karena ada dua kemungkinan kemahalan atau kemurahan.| Pertimbangan dalam menentukan harga adalah harga perolehan, permintaan pasar dan faktor kompetisi.

(em/ic/bl)

Back to The Perfect Retail : Specialty Store

Perfect Retail

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x