Case Study : Why it Works ?

Aksara Book Store

Jl. Kemang Raya 8 B
Pacific Place Mall, 4th Floor

What they re-invent :
Memadukan dan mengasosiasikan toko buku dengan tempat hang out dan cultural lifestyle

  IMG_0497

Selama bertahun-tahun, toko buku tidak pernah diasosiasikan sebagai tempat lain kecuali sebagai tempat untuk mencari buku dan perlengkapan menulis. Sejak Aksara dibuka di Jakarta, pandangan ini berubah sepenuhnya. Tidak lagi sebagai tempat untuk hanya mencari buku, Aksara mengubah pandangan kuno ini dan mengubah bookstore menjadi tempat dimana konsumen juga dapat hang out, mencari merchandise unik, dan menikmati culture.

IMG_0514 IMG_0484


Why it works?
Sesuai dengan kebutuhan segmen pasar yang ada, yaitu level middle up
Pemilihan lokasi yang tepat, di selatan Jakarta

Giyanti Coffee Roastery

Jl Surabaya No. 20
Menteng, Jakarta Pusat

What they re-invent:
Hospitality sebagai aspek yang besar didalam servis

image_6

 

Tidak seperti gerai kopi biasa yang anda jumpai di Mall, anda akan menjumpai keramah-tamahan dari Hendrik, pemilik Giyanti Coffee Roastery.  Bersama istrinya, Hendrik telah menjalankan bisnis kopi ini sejak 2011. Hendrik selalu mencari biji kopi kualitas terbaik dari seluruh Indonesia dan, sangat percaya dengan keahliannya, Ia selalu meramu kopi pesanan anda sendiri, sementara istrinya menyajikan pastry dan apple pie yang…sangat, sangat lezat ! Anda mungkin tidak akan menyangka tempat kopi kecil yang berada di Jalan Surabaya ini dikunjungi banyak ekspatriat asing.

image


Why it works?

Giyanti menyajikan kopi terbaik dari seluruh Indonesia, suasana yang cozy, homey, keramah-tamahan yang pasti tidak akan anda lupakan. And did i mention that the coffee was extremely good ?

Monka Magic Vinyl

Jl. Kemang Raya 8 B
Kemang, Jakarta Selatan

What they Re-invent:
Pandangan umum Vinyl sebagai sesuatu yang kuno berubah menjadi sesuatu yang hip

IMG_0509

Toko yang dibuka pada tahun 2010 di Kemang ini menjual piringan vinyl dan CD yang ditunjukkan kepada penggemar musik, mind you…yang kami maksud dengan penggemar musik bukanlah pendengar pada umumnya, tetapi merujuk kepada individual yang mengerti dan menganggap musik sebagai suatu bentuk seni. Anda tidak akan menemukan musik-musik mainstream yang biasa diputar di toko-toko atau di pinggir jalan disini, tetapi anda akan menemukan toko kecil cozy yang dengan kotak-kotak kayu berisi seni didalamnya.

IMG_0504

Why it works ?
Berhasil membaca kebutuhan masyarakat kelas menengah-keatas yang tergolong sebagai niche market. Vinyl menarik bagi individual yang benar-benar suka, mengerti, dan menganggap musik bukan hanya sekedar pengalih perhatian, tetapi sebagai seni.

Monstore

Jl. Kemang Raya No 72C
Kemang, Jakarta Selatan

What they Re-invent :
Pandangan masyarakat terhadap fashion brand lokal

IMG_0532 IMG_0537

Butik yang berlokasi di Kemang ini menjual berbagai macam apparel yang merupakan produk dari, seperti yang mereka tulis di web-nya, “cerminan dari diri manusia”. Monstore menawarkan konsep artistik dari emosi dan sifat manusia, dan menuangkannya didalam fashion. Monstore juga mempromosikan local brand, seperti Hippearce yang di endorse oleh artis Pevita Pearce, dan sebagainya.

IMG_0534

Why it works?
Di tengah konsumerisme dan bombardir fashion brand luar negeri. Brand buatan lokal, jika berkualitas, mendapat endorsement dari artis, dan tidak dijual di pasar becek, harganya akan naik berlipat-lipat Oh, dan ada bar diatasnya.

707

Jl. Kemang Raya 8 B
Kemang, Jakarta Selatan


What they Re-Invent:
Butik dengan sistem one stop shop yang sebelumnya belum terlalu terdengar di Indonesia

IMG_0522

707 (Seven-Oh-Seven), berlokasi di Kemang, menjual produk Urban Fashion dengan konsep yang banyak merajuk ke one stop shop. Merk-merk urban fashion terkenal yang banyak menarik bagi anak muda dijual di toko ini. Tidak hanya fashion, 707 juga menjual berbagai produk lain seperti pomade. Intinya, 707 menjual semua keperluan yang anda inginkan untuk tampil hipster hanya dalam satu kali masuk toko !

IMG_0479

IMG_0520

Why it works?
707 berhasil menarik perhatian karena dengan toko nya yang nyaman dan kesediaan segala jenis barang bagi para peminat urban fashion di kalangan muda, yang tentu saja, tergolong sebagai niche market.

Michael J/KN/bl

Back to The Perfect Retail : Specialty Store

Perfect Retail

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x