(Businesslounge Journal-Finance & Tax) Pengertian dasar-dasar bisnis penting bagi setiap profesional yang ingin sukses sebagai pemilik atau manajer usaha kecil. Jika Anda ingin menjadi pemilik usaha kecil, Anda dapat memperoleh manfaat dari mempelajari dasar-dasar keuangan usaha kecil. Mengetahui dasar-dasar keuangan usaha sangat penting untuk menjalankannya dengan cara yang hemat biaya.
Dalam artikel ini, kami akan membahas mengapa penting untuk memahami dasar-dasar keuangan usaha dan menemukan daftar 13 dasar keuangan usaha kecil.
Mengapa penting untuk memahami dasar-dasar keuangan usaha kecil?
Ada berbagai alasan mengapa penting untuk memahami dasar-dasar keuangan usaha kecil. Mendidik diri sendiri tentang dasar-dasar keuangan usaha dapat membantu Anda memperoleh keterampilan untuk menjalankan usaha kecil. Mengetahui bagaimana dan mengapa Anda dapat menyelesaikan tugas-tugas keuangan usaha tertentu — seperti menyusun laporan keuangan, mengelola penggajian, atau menentukan gaji — sangat penting dalam menciptakan situasi keuangan yang stabil. Mengetahui cara melacak aktivitas keuangan bisnis dengan benar dan menjaganya agar tetap teratur dapat memberi Anda kesempatan untuk menjalankan bisnis dengan lebih baik dan menyiapkannya untuk masa depan yang menguntungkan.
13 dasar keuangan bisnis kecil
Berikut adalah summary dari 13 dasar keuangan bisnis kecil yang berbeda:
1. Sediakan uang tunai tambahan
Penting untuk selalu memiliki dana tambahan yang tersedia untuk digunakan bisnis Anda jika Anda menghadapi keadaan keuangan yang tidak terduga. Keadaan ini dapat membebani sumber daya keuangan Anda, jadi memiliki uang tunai tambahan yang tersedia untuk mengatasinya dapat membantu. Secara umum disarankan agar Anda menyimpan dana sekitar tiga hingga enam bulan untuk menutupi semua pengeluaran bisnis yang tersedia setiap saat. Semakin banyak dana yang Anda miliki untuk digunakan jika terjadi keadaan darurat, semakin baik.
2. Tentukan harga untuk keuntungan dan biaya penjualan barang dan jasa
Menentukan biaya jangka panjang dari apa pun yang dibeli bisnis membantu Anda merencanakan keuangan secara akurat. Ini dapat mencakup biaya untuk barang, jasa, atau bahan lain yang Anda butuhkan untuk membuat produk Anda. Harga jual Anda harus menutupi semua pengeluaran yang dilakukan bisnis, jadi Anda menjual produk, program, dan layanan dengan harga lebih tinggi dari biaya yang Anda keluarkan untuk membuatnya. Setelah Anda menentukan pengeluaran ini, Anda dapat menetapkan harga jual yang menghasilkan laba bagi Anda. Oleh karena itu, penting untuk menentukan pengeluaran berikut:
Biaya penggajian untuk anggota staf
Biaya operasional seperti utilitas, aset, dan sewa
Biaya persiapan dan pengemasan
Biaya logistik
Biaya pengiriman
3. Tetapkan di mana Anda membelanjakan uang
Mengetahui dengan tepat di mana pengeluaran terjadi sangat penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang keuangan bisnis kecil. Penting untuk melacak dengan tepat di mana bisnis membelanjakan uang untuk akurasi dan perencanaan jangka panjang. Mengkategorikan biaya, seperti mengelompokkannya berdasarkan tujuan bisnis, dapat membantu. Melakukan hal ini membantu Anda menerapkan kontrol yang tepat untuk pengeluaran dan menghitung margin laba secara keseluruhan.
4. Terus mempersiapkan diri untuk musim pajak
Mempersiapkan diri untuk musim pajak secara terus-menerus penting untuk memastikan bahwa semua catatan keuangan Anda teratur saat tiba waktunya untuk mengajukan pajak. Mempersiapkan pembukuan Anda saat setiap transaksi terjadi dapat membantu Anda melakukan ini. Mencatat semua tindakan keuangan saat terjadi dapat menghemat waktu dan tenaga Anda nanti saat Anda menggunakan informasi ini dalam pengembalian pajak Anda.
(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)