(Businesslounge Journal-Marketing & Services)
Cara memilih antara omnichannel dan multichannel
Ritel multichannel melibatkan beberapa saluran yang memungkinkan pelanggan untuk terlibat dengan bisnis di mana pun mereka biasanya berbelanja. Tidak seperti ritel omnichannel, bisnis memperlakukan setiap saluran dalam pendekatan multichannel sebagai kehadirannya sendiri. Setiap saluran menawarkan peluang pembelian individual dan jarang disinkronkan dari satu saluran ke saluran berikutnya.
Berikut adalah pertanyaan yang perlu diajukan saat menentukan pendekatan mana yang akan digunakan untuk bisnis Anda:
Apakah Anda sudah memiliki bisnis fisik? Membangun kehadiran ritel omnichannel saat Anda hanya memiliki toko fisik memerlukan waktu dan sumber daya, jadi Anda mungkin ingin memulai dengan pendekatan multichannel terlebih dahulu.
Apakah Anda memiliki akses ke sumber daya yang memadai? Membangun pengalaman omnichannel melibatkan sumber daya TI yang luas. Jika Anda tidak memiliki dana atau akses ke sumber daya ini, memulai dengan pendekatan multichannel mungkin merupakan pilihan terbaik.
Apakah Anda memiliki banyak data konsumen? Membangun strategi ritel omnichannel memerlukan banyak data konsumen untuk menentukan saluran terbaik yang akan digunakan dan bagaimana kinerja saluran tersebut. Jika Anda tidak memiliki akses ke data konsumen atau belum mengumpulkan cukup banyak data, memulai dengan pendekatan multichannel mungkin merupakan pilihan yang lebih baik.
Apakah Anda lebih suka pendekatan yang lebih tradisional untuk pemasaran dan penjualan? Pendekatan multichannel cenderung lebih tradisional, yang dapat menjadi pilihan yang lebih nyaman bagi beberapa perusahaan. Meskipun, jika Anda ingin mengambil pendekatan yang lebih modern, ritel omnichannel adalah pilihan yang bagus.
Saluran ritel yang dapat digunakan
Penting bagi bisnis untuk memilih saluran yang saling melengkapi dan menciptakan pengalaman pelanggan yang lancar. Berikut ini adalah daftar beberapa saluran ritel populer yang dapat Anda gunakan saat merancang strategi ritel omnichannel Anda:
Ritel katalog: Ini adalah bentuk saluran ritel yang lebih tradisional dan melibatkan konsumen yang memilih barang dari katalog fisik, memesan melalui telepon atau online, dan meminta barang tersebut dikirimkan kepada mereka.
E-commerce: Menjadi salah satu saluran ritel paling populer saat ini, bisnis memasukkannya dalam sebagian besar strategi ritel omnichannel. Ini melibatkan belanja di situs web atau platform lain yang mendukung e-commerce, seperti Instagram.
Pemasaran langsung: Ini adalah teknik tradisional lainnya, tetapi masih berhasil untuk banyak bisnis. Penjualan dari pintu ke pintu dan panggilan telepon dingin adalah contoh teknik pemasaran langsung.
Toko fisik: Sebagai salah satu saluran penjualan tertua dan paling efektif, etalase fisik penting bagi banyak pengecer. Di sinilah pembeli mengunjungi toko secara langsung dan membeli barang melalui proses pembayaran.
Penjualan melalui telepon: Bentuk ritel ini kurang populer saat ini, mungkin karena maraknya e-commerce dan layanan streaming konten. Saluran ini melibatkan pemasaran kepada khalayak umum melalui program televisi dan kemudian membuat mereka menelepon dan membeli barang, yang selanjutnya dikirimkan perusahaan kepada konsumen.