(Business Lounge Journal – Marketing)
Ada banyak hal yang kita lakukan sebagai upaya untuk mengembangkan bisnis yaitu dengan melakukan kampanye pemasaran yang menarik, meningkatkan situs web agar dapat mudah diakses bagi semua orang, serta memberikan promo yang menarik agar menarik pelanggan baru. Tentunya semua upaya ini sangat berguna dan dapat memberikan hasil yang baik. Namun ada hal lain yang juga tidak kalah pentingnya, yaitu melakukan retensi pelanggan.
Pengertian Retensi Pelanggan
Retensi pelanggan adalah suatu upaya untuk mempertahankan pelanggan yang existing supaya dapat terus menggunakan produk dari bisnis yang kita miliki bahkan meningkatkan pendapatan dari setiap pelanggan tersebut, sehingga tujuan yang kita harapkan adalah pelanggan dapat terus bertahan dan loyal.
Berikut upaya-upaya yang dapat kita lakukan dalam melakukan retensi pelanggan:
- Memberikan layanan yang terbaik untuk pelanggan. Hal ini sangat memerlukan staf yang terlatih dan yang telah menguasai suatu produk, sehingga dapat dengan mudah melayani sesuai kebutuhan pelanggan,
- Menerima setiap masukan dan keluhan pelanggan dengan melakukan komunikasi yang baik dan menjaganya supaya terus berkelanjutan dengan cara email, sosial media, dan telepon guna menciptakan hubungan yang erat dan responsif.
- Memberikan layanan secara personalisasi, sehingga pelanggan merasa dihargai dan mendapatkan kepercayaan untuk menikmati fasilitas yang dapat menunjang kebutuhannya bahkan memberikan kemudahan baik dalam menerima informasi juga teknologi.
- Memberikan program yang menarik sebagai apresiasi kepada pelanggan yang setia. Melalui program discount, pemberian hadiah voucher, dan special promo dapat menarik pelanggan dan memberikan motivasi bagi pelanggan untuk terus menggunakan produk yang kita miliki.
- Melakukan inovasi secara berkelanjutan guna peningkatan kualitas produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
Keuntungan Melakukan Retensi Pelanggan
Dalam melakukan retensi pelanggan maka banyak hal keuntungan yang dapat kita terima yaitu:
- Biaya yang diperlukan lebih rendah. Melakukan retensi pelanggan dapat mengurangi biaya untuk mendapatkan pelanggan baru, biaya untuk memasarkan produk, serta biaya promosi.
- Menghasilkan pendapatan yang konsisten dan meningkatkan profitabilitas. Memiliki pelanggan yang setia membuat pendapatan yang dihasilkan oleh Perusahaan dapat terus mengalir dan hal ini berdampak terhadap keuntungan Perusahaan.
- Menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Dengan adanya retensi pelanggan maka pelanggan akan merasakan kebutuhannya terpenuhi dan menjadi loyal dengan produk yang ditawarkan sekalipun terjadi perubahan harga maka pelanggan akan tetap menggunakan produk tersebut.
- Meningkatkan image perusahaan. Memiliki tingkat retensi pelanggan yang tinggi memberikan kepercayaan pelanggan atas perusahaan dan berdampak pada persaingan pasar
- Terciptanya hubungan yang erat. Perusahaan berfokus untuk membangun hubungan yang lebih dalam dan berkelanjutan kepada pelanggan sehingga apa yang menjadi kebutuhan pelanggan dapat dipenuhi dan hal ini memperkuat loyalitas pelanggan.
Jika ingin bisnis kita sukses maka dapat disimpulkan betapa pentingnya untuk melakukan retensi pelanggan sehingga tujuan bisnis kita dapat tercapai yaitu menciptakan profitibilitas yang berkelanjutan serta menciptakan image yang baik ditengah dunia bisnis yang saling bersaing.
Photo by Austin Distel
Nila Tessa/VMN/BLJ