(Businesslounge Journal-Entrepreneurship)
8. Beri merek pada diri Anda dan iklankan.
Sebelum kamu Untuk menjual produk atau layanan Anda, Anda perlu membangun merek Anda dan mendapatkan pengikut orang-orang yang siap untuk terjun ketika Anda membuka pintu literal atau kiasan untuk bisnis.
Situs web perusahaan: Tingkatkan reputasi Anda secara online dan bangun situs web perusahaan. Banyak pelanggan beralih ke internet untuk mempelajari bisnis, dan situs web adalah bukti digital bahwa bisnis kecil Anda ada. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk berinteraksi dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan.
Media sosial: Gunakan media sosial untuk menyebarkan berita tentang bisnis baru Anda, mungkin sebagai alat promosi untuk menawarkan kupon dan diskon kepada pengikut setelah Anda meluncurkannya. Platform media sosial terbaik untuk digunakan akan bergantung pada audiens target Anda.
CRM: Platform CRM terbaik memungkinkan Anda menyimpan data pelanggan untuk meningkatkan cara Anda memasarkan kepada mereka. Kampanye pemasaran email yang dipikirkan dengan matang dapat memberikan manfaat yang luar biasa dalam menjangkau pelanggan dan berkomunikasi dengan audiens Anda. Agar sukses, Anda perlu membangun daftar kontak pemasaran email Anda secara strategis.
Logo: Buat logo untuk membantu orang mengidentifikasi merek Anda dengan mudah, dan menggunakannya di semua platform Anda.
Selalu perbarui aset digital Anda dengan konten yang relevan dan menarik tentang bisnis dan industri Anda. Menurut Ruthann Bowen, chief marketing officer di EastCamp Creative, terlalu banyak startup yang mempunyai pola pikir yang salah tentang situs web mereka.
“Masalahnya adalah mereka melihat situs web mereka sebagai sebuah biaya, bukan investasi,” kata Bowen. “Di era digital saat ini, hal itu adalah kesalahan besar. Pemilik usaha kecil yang memahami betapa pentingnya memiliki kehadiran online yang baik akan memiliki langkah yang kuat untuk memulai dengan kuat.”
Membuat rencana pemasaran yang melampaui peluncuran Anda sangat penting untuk membangun klien karena rencana tersebut harus terus menyebarkan berita tentang bisnis Anda. Proses ini sama pentingnya dengan menyediakan produk atau layanan yang berkualitas, terutama di awal.
Minta pelanggan untuk ikut serta dalam komunikasi pemasaran Anda.
Saat Anda membangun merek, mintalah izin kepada pelanggan dan calon pelanggan Anda untuk berkomunikasi dengan mereka. Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan menggunakan formulir persetujuan keikutsertaan. Formulir ini memungkinkan Anda menghubungi mereka dengan informasi lebih lanjut tentang bisnis Anda, menurut Dan Edmonson, pendiri dan CEO Dronegenuity.
“Jenis formulir ini biasanya berkaitan dengan komunikasi email dan sering digunakan dalam e-commerce untuk meminta izin mengirim buletin, materi pemasaran, penjualan produk, dll kepada pelanggan,” kata Edmonson. “Orang-orang menerima begitu banyak email sekali pakai dan pesan lainnya akhir-akhir ini sehingga, dengan membuat mereka ikut serta dalam layanan Anda secara transparan, Anda mulai membangun kepercayaan dengan pelanggan Anda.”
Buat kampanye pemasaran strategis yang menggabungkan berbagai saluran pemasaran, seperti situs web perusahaan, media sosial, buletin email, dan formulir keikutsertaan.
(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)