Siap Membawa Bisnis Ecommerce Anda ke International?

(Business Lounge Journal – Entrepreneurship)

Memasuki pasar internasional, sering kali menjadi impian banyak pebisnis. Tentu saja hal ini akan mendatangkan sumber-sumber pendapatan baru bagi Anda. Tidak hanya itu, kesadaran dunia akan brand Anda pun akan semakin meningkat. Maka basis pelanggan Anda akan semakin meluas dan tentu saja dapat meningkatkan keuntungan bagi Anda.

Meskipun Anda tergoda untuk berusaha sekuat tenaga memanfaatkan potensi global Anda, penting untuk bersikap strategis. Membuat rencana terperinci akan membantu Anda meminimalkan biaya dan fokus pada area yang akan memberikan dampak terbesar bagi bisnis Anda.

Namun pada kenyataannya, tidak semua pebisnis merasa optimis untuk memasuki pasar internasional. Namun jika Anda memiliki mimpi yang besar, tidak ada salahnya untuk mempersiapkan diri Anda.

1. Identifikasi potensi pasar internasional

Sangat mudah untuk mengetahui volume transaksi digital di suatu negara, tapi itu hanyalah titik awalnya. Lihatlah lebih dalam: Bandingkan volume tersebut dengan ukuran populasi. Periksa apakah kemampuan digital dan logistik dapat mendukung lebih banyak pertumbuhan. Periksa lingkungan geopolitik untuk memastikan kondisinya tepat. Hal ini akan memastikan bahwa Anda menggunakan sumber daya Anda untuk membangun bisnis Anda di pasar yang akan memberikan laba atas investasi terbaik.

Penting juga untuk memahami seberapa baik calon konsumen mengenal merek Anda. Jika merek Anda relatif tidak dikenal, pertimbangkan biaya, waktu, dan upaya untuk membangun brand awareness.

Langkah berikut ini akan membantu Anda dalam menentukan pasar yang paling mendorong kesuksesan bisnis Anda:

  • Cobalah cari konsumen di luar negeri yang mengetahui brand Anda.
  • Potretlah titik data sebanyak mungkin.
  • Anda dapat menggunakan web tracking data untuk menggali dan mempelajari di mana orang menjelajahi situs Anda.
  • Jika Anda memiliki situs non-transaksional di negara yang akan Anda tuju, analisalah volume lalu lintas dan trennya.
  • Sertakan referrers dan sinyal media sosial di pasar ini.

2. Pahami tantangan e-commerce internasional

Ekspansi ecommerce global ke negara mana pun memiliki tantangan dan kompleksitas. Memahaminya sejak awal akan membantu Anda bersiap menghadapi pertumbuhan dan menekan biaya seminimal mungkin saat Anda melakukan ekspansi. Misalnya, jika Anda seorang pengecer dan ingin berekspansi ke Vietnam (dengan perkiraan penjualan e-niaga sebesar 12 miliar pada tahun 2024), maka Anda perlu mempertimbangkan pajak, bea masuk/bea keluar, dan cukai. Pajak bisa menjadi sangat rumit tergantung pada status hukum merek Anda di negara tertentu.

Hal yang dapat Anda coba adalah dengan terlebih dahulu menargetkan sejumlah kecil negara-negara strategis yang mempunyai potensi pertumbuhan tinggi. Isilah pasar yang ada dengan layanan internasional dari pihak ketiga yang terverifikasi yang dapat diikutsertakan pada bisnis Anda. Sebaiknya mitra yang Anda pilih dapat mengelola semua pemenuhan back-end atas nama Anda. Kemampuannya harus mencakup pembayaran, pemenuhan, bea, cukai, dan kepatuhan pajak, dan harus memberikan pilihan risiko rendah untuk pengujian di banyak pasar. Jika tidak, ini adalah biaya – dan risiko – yang harus dikelola sendiri oleh tim Anda.

3. Melokalkan produk Anda berdasarkan pasar

Begitu Anda memutuskan bahwa ada peluang pasar, masuklah lebih dalam pada konsumen. Maka Anda harus memberikan pengalaman yang sesuai dengan nilai-nilai lokal konsumen Anda.

Bahasa adalah pertimbangan paling penting untuk melokalkan produk Anda. Terjemahan yang buruk dapat menjadi hambatan besar dalam konversi di situs asing. Misalnya, “sweater” di AS adalah “jumper” di Inggris.

Faktor lainnya mencakup format alamat yang berbeda dan preferensi pembayaran yang bervariasi.

Tentang fungsional barang juga berperan dalam menciptakan pengalaman lokal yang sesuai dengan pelanggan. Pertimbangkan untuk menggunakan fotografi produk terpisah yang menampilkan model lokal atau foto jahitan dan label dari jarak dekat.

Mengidentifikasi saluran sosial yang populer di wilayah target Anda adalah faktor kunci lainnya. Misalnya, media sosial telah menjadi saluran utama e-commerce di Vietnam selama beberapa tahun, namun platform yang umum digunakan di Vietnam tidak tersedia di Indonesia. Dengan meningkatnya social commerce, maka penting bagi Anda untuk memahami seluk-beluk platform sosial di berbagai wilayah. .

Yang terakhir, sebuah campaign mungkin juga memerlukan perubahan lokal. Beberapa negara memulai penjualan akhir musim lebih awal dibandingkan negara lain. Selain itu, kondisi cuaca di belahan bumi yang berbeda memicu kebutuhan akan pakaian yang berbeda pula.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk melokalkan produk Anda:

  • Tentukan pendekatan Anda untuk campaign dan promosi. Apakah kebijakan ini bersifat universal atau spesifik untuk setiap negara?
  • Pertimbangkan katalog produk dan kombinasikan inventarisasi Anda. Apakah Anda akan menjual produk yang sama di seluruh negara target atau adakah produk eksklusif per negara?
  • Kembangkan strategi penetapan harga Anda. Apakah harga barang akan sama di seluruh negara atau wilayah?
  • Tentukan bentuk dan ukuran tim Anda. Apakah Anda akan memiliki tim individu di masing-masing negara? Seberapa besar tim Anda dan bagaimana tingkat keterampilan manajemen web mereka?
  • Identifikasi platform dan tren media sosial yang lazim di wilayah yang Anda targetkan.

4. Menentukan metode pembayaran

Strategi pembayaran dan pajak adalah dua faktor paling kompleks yang memengaruhi ekspansi e-commerce global. Atasi masalah ini secara lokal berdasarkan undang-undang, keragaman jenis pembayaran, dan preferensi konsumen. Analisis target pasar Anda untuk memahami dan menawarkan kombinasi pembayaran terbaik. Misalnya, banyak konsumen di pasar Amerika Latin menggunakan sistem pembayaran yang disebut DineroMail. Setelah melakukan pembelian, pembeli diarahkan ke situs DineroMail. Mereka mencetak slip pembayaran, lalu membawanya ke OXXO atau 7-Eleven untuk melakukan pembelian.

Untuk menavigasi berbagai strategi pembayaran, Anda sebaiknya bekerja sama dengan platform e-niaga yang secara native dapat mendukung pembayaran dan plug-in mata uang dari semua penyedia terkemuka. Hal ini memudahkan peluncuran penyedia pembayaran yang relevan dengan cepat di negara atau wilayah pilihan Anda. Pelanggan dapat membayar dalam mata uang lokal menggunakan metode pembayaran pilihan mereka.

Merek juga perlu mempertimbangkan penangkapan dan penyelesaian jika menyangkut pembayaran luar negeri. Selama fase investasi ekspansi, Anda dapat membelanjakan uang untuk biaya penukaran mata uang jika Anda membayar mitra dan karyawan lokal dalam mata uang lokal namun menyelesaikan pendapatan digital di negara asal Anda.

Di beberapa negara, segalanya menjadi lebih rumit karena peraturan internet dan konsumen. Di negara lain, Anda mungkin menghadapi mata uang yang bergejolak. Jika Anda akan menetapkan harga dalam mata uang lokal tetapi ingin memanfaatkan pasar dalam negeri Anda, perhatikan nilai tukar dengan cermat. Anda bahkan dapat mempertimbangkan untuk mengevaluasi risiko dan potensi pilihan asuransi.

Selain itu, Anda mungkin perlu membuat rekening bank lokal di luar negeri. Pastikan untuk menyelesaikan seluruh proses permohonan sedini mungkin sehingga semua sistem siap digunakan saat situs Anda siap diluncurkan.

5. Aktifkan dan luncurkan

Sebuah merek mungkin ingin menggunakan pendekatan produk minimum yang layak untuk mempercepat ekspansi e-commerce secara global. Perusahaan mungkin mempertimbangkan bekerja sama dengan vendor yang ada sebagai opsi berisiko rendah untuk menguji pasar. Sebelum membuat kontrak dengan mitra baru, periksa penyedia logistik pihak ketiga yang ada. Gerbang pembayaran di Eropa mungkin juga mendukung pembayaran di Amerika Latin. Jalankan penilaian penuh dengan semua vendor untuk mengetahui kemampuan mereka.

Pastikan semua third-party logistics providers memenuhi persyaratan lokal. Misalnya, apakah third-party logistics providers Anda dapat menangani kebutuhan di Eropa dan karakter Asia? Ada banyak hal yang dapat menggagalkan peluncuran Anda, membuat frustrasi pelanggan, atau menggagalkan rencana Anda.

Bersiaplah untuk segala kemungkinan yang dapat terjadi dalam perdagangan internasional

Berekspansi ke pasar yang baru adalah cara terbaik bagi bisnis Anda untuk meningkatkan pendapatan dan basis pelanggan. Platform perdagangan yang fleksibel dan terukur adalah kunci untuk meraih kesuksesan di wilayah baru di seluruh dunia. Solusi e-commerce Anda harus memudahkan pembuatan dan pengelolaan situs lokal, serta menyebarkan pesan dan promosi pemasaran lokal, strategi konten global, daftar harga khusus, dan banyak lagi. Ini adalah inti dari setiap pendekatan ecommerce internasional yang sukses.

Photo by S O C I A L . C U T