(Businesslounge Journal-Marketing)
Internet penuh dengan iklan — Anda mungkin melihat hingga 100 iklan setiap hari bahkan tanpa mendaftarkannya. Dalam ekosistem yang luas ini, iklan yang lugas dapat menjadi cara paling efektif untuk mempertahankan bisnis Anda di benak konsumen. Faktanya, banyak penelitian menunjukkan kekuatan iklan sederhana.
Kami akan menjelaskan mengapa iklan sederhana berfungsi paling baik di lingkungan digital yang kompleks saat ini dan berbagi tips untuk membuat pesan online yang lugas dan efektif.
Mengapa iklan online harus sederhana
Beberapa penelitian telah menunjukkan efektivitas iklan sederhana. Misalnya, sebuah studi di Journal of Consumer Research menemukan bahwa iklan online yang menampilkan gambar produk mengurangi waktu konsumen untuk melakukan pencarian sebesar 25 persen. Dengan kata lain, jika Anda memfokuskan perhatian audiens pada satu gambar produk, konsumen akan melakukan penelusuran terhadap produk tersebut lebih cepat dibandingkan jika produk tersebut dipromosikan dalam iklan yang lebih rumit. Mereka juga akan lebih cepat mengenali produk di daftar pencarian pasar online dan lebih cenderung mengeklik tautan produknya.
Studi lain, yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One, menemukan bahwa iklan interaktif – sebuah tren teknologi yang secara efektif menciptakan kebalikan dari iklan sederhana – mungkin tidak efektif. Penelitian menemukan bahwa iklan interaktif menunjukkan hasil yang beragam dalam mendorong ingatan, pemahaman, keterlibatan, atau kesadaran konsumen terhadap klaim produk. Gabungkan kesimpulan ini dengan hasil studi Journal of Consumer Research, dan kekuatan iklan sederhana menjadi jelas.
Penelitian ilmiah telah menunjukkan korelasi yang kuat antara iklan yang tidak rumit dan keterlibatan pelanggan yang lebih kuat.
Cara membuat iklan sederhana namun efektif
Iklan sederhana harus efektif di berbagai jenis media. Mereka harus menyampaikan pesannya dengan jelas baik di papan reklame, layar TV, atau situs web. Berikut adalah praktik terbaik untuk membuat iklan sederhana namun efektif untuk produk atau layanan bisnis Anda.
1. Tentukan target audiens Anda.
Saat mengupayakan kesederhanaan, Anda harus membatasi jumlah item dalam visual Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih komponen visual seefektif mungkin, dan itu dimulai dengan mengetahui target pelanggan Anda.
Misalnya, Anda mengiklankan solusi perangkat lunak sebagai layanan perusahaan Anda untuk meningkatkan keamanan siber bisnis. Platform perangkat lunak tidak begitu nyata, jadi gambar apa yang Anda pusatkan dalam iklan Anda? Jika audiens target Anda adalah pemilik bisnis yang tidak paham teknologi, gambaran sistem kabel dan jalur yang rapi dan mengalir bebas mungkin bisa membantu. Gambaran ini membangkitkan perasaan nyaman dan sederhana — dua nilai yang ditawarkan oleh solusi Anda.
2. Pertimbangkan beberapa saluran periklanan.
Saat memikirkan iklan, Anda mungkin membayangkan visual yang muncul di situs berita atau feed media sosial. Namun, jenis iklan ini bukan satu-satunya pilihan Anda. Anda juga dapat menjalankan iklan yang muncul di bagian atas halaman hasil mesin pencari. Iklan ini sepenuhnya berbasis teks, sehingga memberikan kesederhanaan alami.
Pilih kata yang tepat untuk menampilkan penawaran Anda, dan buatlah halaman arahan terbaik dengan hati-hati untuk disertakan di bawah tautan beranda iklan Anda. Anda akan memberikan semua titik awal yang dibutuhkan audiens target Anda untuk terlibat dengan penawaran Anda.
3. Tulis teks iklan yang lugas dan menarik.
Hanya ada begitu banyak ruang dalam iklan untuk kata-kata. Dengan demikian, setiap kata yang Anda sertakan dalam iklan berarti. Dalam hal kesederhanaan, aspek periklanan yang tampaknya menantang ini sebenarnya adalah berita bagus. Dengan batasan alami pada jumlah kata Anda, Anda dipaksa untuk berterus terang.
Untuk membuat teks iklan yang ringkas namun menarik, tentukan tindakan yang Anda ingin konsumen lakukan setelah melihat iklan Anda. Pada saat yang sama, tentukan apa yang ingin Anda sampaikan kepada konsumen tentang perusahaan atau produk (atau layanan) Anda melalui iklan Anda. Sertakan ajakan bertindak yang segera membuat orang mengambil langkah tepat seperti yang Anda pikirkan.
(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)