Makin Lengkap, Gofood Kini Ada di Tokopedia

(Business Lounge Journal – News and Insight)

Semenjak dilakukannya merger antara Gojek dan Tokopedia menjadi PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk, maka Gojek dan Tokopedia pun semakin mengintegrasikan layanan mereka. Nah sudah ada yang perhatikan belum, kini layanan Gofood sudah hadir di aplikasi Tokopedia? Hadirnya Gofood pada aplikasi Tokopedia, membuat pengguna bisa langsung memesan makanan di Gofood tanpa perlu membuka aplikasi Gojek terlebih dahulu. Inovasi Tokopedia untuk menghadirkan Gofood dalam aplikasinya ini, juga berdampak positif bagi para merchant, karena pastinya akan memperluas akses kepada konsumen melalui Tokopedia dengan demikian jumlah transaksi akan meningkat. Adapun saat ini layanan Gofood di Tokopedia ini masih terbatas hanya bisa dinikmati oleh para pelanggan Tokopedia di Jabodetabek. Next nya pihak Tokopedia akan memperluas layanan ini ke wilayah lainnya di Indonesia.

Catherine Hindra Sutjahyo selaku Head of Food and Indonesia Sales & Ops GoTo mengatakan bahwa pengembangan layanan GoFood di Tokopedia ini menjadi tahap pertama dalam menghadirkan pengalaman yang lebih menyenangkan bagi konsumen dalam menjelajah ragam kuliner. Dengan demikian harapannya kehadiran GoFood dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam mengakses berbagai service terbaik dari Grup GoTo. Di sisi lain, Anthony Wijaya selaku Head og Marketplace GoTo dan CEO of Marketplace Tokopedia mengatakan bahwa kategori makanan dan minuman selama ini telah menjadi salah satu kategori terlaris selama Pandemi Covid-19.

Langkah Tokopedia untuk menyematkan layanan GoFood pada aplikasinya merupakan langkah nyata sinergi ekosistem dan cross selling dari perusahaan digital terbesar di Indonesia ini. Hadirnya GoFood dalam aplikasi Tokopedia semakin memperkuat ekosistem bisnis PT GoTo. Hal ini memang sejalan dengan usaha penguatan ekosistem yang sejak awal ditetapkan managemen GoTo untuk dapat menjangkau konsumen lebih luas dan menciptakan eksperience baru kepada masyarakat. Sinergi ini akan membuat GoFood yang selama ini sudah merajai bisnis pesan antar makanan di Indonesia semakin kuat. Seperti diketahui Gofood merupakan penyedia layanan delivery makanan yang terbesar di Indonesia, hal ini sesuai dengan beberapa riset yang telah dilakukan. Adapun sebelum inovasi GoFood dalam Tokopedia, pihak perusahaan telah menjalankan juga strategi cross-selling antar platform, yaitu dengan meluncurkan GoSend Car, layanan GoCar untuk mengantar paket Tokopedia. Selain itu ada juga layanan GoKilat sebagai metode pengiriman belanja Tokopedia, demikian juga dengan peluncuran GoPay sebagai salah satu metode pembayaran di Tokopedia.

Riset dari Tenggara Strategics dan Universitas Prasetiya Mulya yang diterbitkan Juni 2022 ini menemukan bahwa Gofood menguasai layanan food delivery di Indonesia, dengan nilai transaksi mencapai Rp 30,65 triliun. Sejumlah 50% responden mengakui bahwa Gofood menjadi top of mind platform layanan pesan antar makanan mereka. Selain itu menurut riset berjudul The Habit of Online Food Delivery (OFD) dari JAKPAT Survey juga menyatakan GoFood sebagai layanan food delivery terbesar di Indonesia. Riset yang melibatkan sekitar 1600 responden di kota-kota besar Indonesia ini menyatakan GoFood sebagai leader layanan food delivery, dengan 61% responden menggunakan aplikasi GoFood.

Selain memperkuat posisi GoFood sebagai layanan pesan antar makanan di Indonesia, kehadiran GoFood di Tokopedia juga memberikan dampak positif kepada UMKM khususnya di bidang Kuliner supaya semakin bertumbuh. Selain itu hal ini dinilai merupakan sebuah strategi yang cerdas untuk mengoptimalkan sinergi pengguna di masing-masing platform, baik Tokopedia maupun GoFood. Riset menunjukkan irisan pengguna layanan Gojek dan Tokopedia hanya sebesar 21%, artinya masih banyak pengguna Gojek yang bukan pengguna Tokopedia, demikian pula sebaliknya. Nah inilah yang mau diraih.