(Business Lounge Journal – Global News) Facebook tetap berjaya! Demikian menurut laporan yang dikeluarkan oleh we are social, sebuah lembaga yang bergerak dalam bidang digital social media dalam laporannya berjudul Digital in 2016.
Melalui riset yang dilakukan pada 30 negara termasuk Indonesia, sedangkan beberapa negara besar lainnya seperti Australia, Tiongkok, Prancis, Jerman, Jepang, Inggris, Amerika, dan beberapa negara lainnya, maka teridentifikasi tiga social platform berbasis social network teratas yang banyak digunakan adalah Facebook dengan 1,5 miliar pengguna, Qzone dengan 653 juta pengguna, dan Tumblr dengan 555 juta pengguna. Sedangkan instagram yang sangat populer di kalangan muda berada di tempat keempat dengan 400 juta pengguna dan Twitter di tempat kelima dengan 320 juta pengguna.
Facebook memang masih berjaya. Sebanyak 748juta orang mengakses akun Facebook-nya lewat PC atau laptop, sedangkan 1,2 miliar orang mengakses akun facebook-nya lewat ponsel.
Sedangkan social platform dengan berbasis messenger/chat maka tiga teratas yang populer digunakan adalah Whatsapp dengan 900 juta pengguna, QQ dengan 860 juta pengguna, dan FB Messenger dengan 800 juta pengguna. Sedangkan BBM yang sempat populer kini berada di peringkat ke-9 dengan hanya 100 juta pengguna.
Lalu berapa lamakah para pengguna sosial media menghabiskan waktunya untuk ber-sosial ria setiap harinya? Pengguna di Filipina menghabiskan 3,7 jam sehari untuk ber-sosial media dan ini menjadi yang tertinggi dibandingkan Indonesia (2,9 jam sehari), Amerika (1,7 jam sehari), Inggris dan Tiongkok (1,5 jam sehari), atau Jepang yang hanya menggunakan 0,3 jam dalam sehari untuk ber-sosial media.
Profile Pengguna Digital Social Media di Indonesia
Dalam ‘Digital in 2016’ ini juga disampaikan profile digital social media di Indonesia.
Jumlah pengguna internet aktif saat ini mencapai 88juta orang atau 34% dari seluruh penduduk Indonesia (meningkat 15% dibandingkan tahun lalu). Sejumlah 79 juta orang di antaranya sebagai pengguna sosial media aktif (meningkat 10% dibandingkan tahun lalu), dan 66 juta di antaranya mengakses sosial media melalui ponsel (meningkat 6% dibandingkan tahun lalu).
Sedangkan perangkat digital yang dimiliki terdiri dari berbagai macam.
Sedangkan waktu yang digunakan untuk mengakses media setiap harinya adalah 4 jam 42 menit untuk mengakses internet lewat PC/ tablet, 3 jam 33 menit untuk mengakses internet lewat ponsel, 2 jam 51 menit untuk mengakses sosial media lewat berbagai perangkat, dan 2 jam 22 menit waktu yang digunakan untuk menyaksikan televisi.
Sedangkan dari responden yang disurvei di Indonesia, maka 48% mengakses internet setiap hari, 35% mengakses internet satu kali dalam satu minggu, 12% paling tidak mengakses internet satu kali dalam satu bulan, sedangkan 5% belum tentu mengakses internet dalam sebulan.
Jika secara global, messenger yang paling populer adalah Whatsapp dan BBM adalah yang paling tidak populer, maka di Indonesia terjadi sebaliknya. BBM adalah aplikasi messenger yang paling populer (19%) sedangkan Whatsapp berada di tempat yang kedua (14%). Untuk social network platform maka Facebook tetap menempati posisi yang pertama.
Pengguna facebook terbanyak adalah pria dengan kisaran usia 20-29 tahun (21%), sedangkan wanita pada kisaran usia 20-29 tahun mengambil porsi 14%.
citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Business Lounge Journal