(Business Lounge Journal – Manage Your Business) Saya yakin bahwa Anda sudah hampir selesai bahkan sudah selesai untuk menyusun strategi bisnis Anda untuk menghadapi tahun 2016. Namun tidak ada salahnya untuk melihatnya kembali apakah hal-hal berikut ini sudah Anda perhitungkan dalam strategi bisnis Anda.
1. Mengenai Pelanggan
Fokus pada Pelanggan
Strategi ini biasanya akan menjadi prioritas para pelaku bisnis untuk menjaga para pelanggan setianya. Pastikan Anda memiliki data mereka dan kondisikanlah untuk dapat menghubungi mereka. Baik itu melalui menyelenggarakan suatu acara, atau pun dalam bentuk sosial media, atau komunikasi lewat newsletter.
Perhitungkan Para Millennial
Apakah Anda sudah membuat strategi yang spesifik untuk merangkul para millennial?
Strategi Layanan Anda
Tentukan peningkatan apa yang akan Anda lakukan untuk tahun mendatang. Ingat, pelayanan merupakan ujung tombak keberhasilan bisnis Anda. Betapa besar pun nama yang Anda sandang namun tanpa sebuah pelayanan yang terbaik yang dapat Anda berikan, akan menjadi sia-sia. Sebab setiap saat akan ada banyak pesaing yang akan siap mendahului Anda.
Kaitkan Konten Pemasaran dan Proses Penjualan
Untuk hal ini, penting bagi Anda untuk mempelajari tren yang ada dan ikut di dalamnya. Sudahkah Anda menentukan strategi penjualan Anda, dan bagaimana pula memasarkannya?
Jualan…jualan…jualan
Bangunlah suatu kebiasaan untuk berjualan bagi seluruh tim Anda, bahkan bagi mereka yang tidak terkait dengan penjualan sekali pun. Ajarkanlah teknik berjualan dan tumbuhkanlah budaya untuk melakukannya.
2. Mengenai SDM
Berinvestasi pada SDM
Apakah Anda sudah mulai memiliki jumlah SDM yang harus dipertimbangkan? Jangan lupa untuk mengembangkan mereka dengan memperlengkapi mereka melalui berbagai keahlian. Namun jika Anda hanya baru memiliki 1-2 orang SDM maka penting untuk tetap memperhatikan pengembangan mereka.
Leadership Style
Mungkin Anda tidak terlalu peduli bagaimana Anda dapat memimpin tim Anda. Stop! Ini waktunya Anda harus menganalisa bagaimana cara Anda memimpin dan bilamana ada hal-hal yang harus Anda perbaiki. Review juga semua SDM yang Anda pimpin dan kemudian tentukan gaya memimpin Anda.
Budaya Perusahaan untuk Meraih Keuntungan
Anda perlu menyadari bahwa budaya bisnis yang Anda ciptakan akan menentukan keuntungan yang akan Anda raih. Misalnya, budaya bekerja keras, budaya pantang menyerah, budaya layanan prima, semuanya itu akan menentukan bagaimana Anda akan memperlakukan bisnis Anda dan bagaimana Anda akan meraih keuntungan selanjutnya.
Sudahkah Anda Menentukan Target Pencapaian Anda?
Penting bagi Anda untuk menentukan apa yang akan Anda capai. Tentukanlah dengan sesuatu yang dapat diukur bukan sekedar apa yang dapat diraih. Bukan sekedar memperoleh peningkatan revenue, melainkan kenaikan berapa persen yang akan Anda harapkan bahkan berapa bilangan rupiah yang Anda harapkan.
Perlakukan SDM Anda = Pelanggan Anda
Penting untuk Anda menentukan tindakan nyata, apa yang akan Anda lakukan untuk para pekerja Anda. Ini merupakan suatu bukti bahwa Anda menghargai mereka sama dengan Anda menghargai para pelanggan Anda. Selain itu cobalah untuk berkreasi untuk menyatukan para pekerja Anda dengan para pelanggan. Jika Anda berhasil melakukannya, maka Anda akan mendapatkan para pekerja Anda tahu untuk menghargai lebih lagi para pelanggan.
Coba review strategi bisnis Anda dan lengkapilah jika memang Anda membutuhkannya.
Selamat menyambut tahun 2016!
Ruth Berliana/VMN/BL/MP Human Capital Development, Vibiz Consulting, Vibiz Consulting Group