(Business Lounge Journal – Empower People) Setiap orang selalu menginginkan kesuksesan. Banyak pengusaha sukses berbagi bagaimana mereka memiliki kedisiplinan dalam mengatur waktu mereka termasuk memiliki hal-hal yang rutin dilakukan tiap-tiap hari.
1. Aktifitas rutin di pagi hari.
Richard Branson adalah salah satu yang memiliki rutinistas pagi hari. Bangun pagi memiliki banyak manfaat. Anda mendapatkan kesempatan untuk bersiap sebelum adanya tuntutan yang akan datang pada Anda hari itu. Hal ini dapat meningkatkan mood Anda, karena Anda merasa mengendalikan hidup Anda. Bangun dan menyelesaikan rutinitas pagi Anda akan membantu Anda untuk merasa percaya diri dan terkontrol, siap untuk menangani tantangan pada hari itu.
Catatan: Pertimbangkan penjadwalan yang biasanya Anda lakukan di malam hari dan alihkanlah itu menjadi pagi hari sebagai gantinya. Misalnya, aktivitas olah raga.
2. Jangan panik apabila tidak berhasil menjalankannya.
Banyak orang mulai merasa stres dan cemas ketika sesuatu tidak berjalan persis sesuai rencana, tetapi hal ini bisa terjadi setiap hari. Orang-orang sukses menyadari bahwa mereka tidak bisa mengendalikan segala sesuatu, dan mengantisipasi kesalahan. Berurusan dengan masalah adalah bagian besar dari menjadi pengusaha sukses.
Catatan: Luangkan waktu setiap hari untuk membantu Anda menangani setiap masalah yang timbul. Setengah jam pada akhir hari kerja Anda sangat ideal, karena itu berarti Anda dapat fokus pada tugas-tugas Anda yang ingin diselesaikan pada siang hari.
3. Mereka bekerja bahkan pada saat mereka tidak harus bekerja.
Hal pertama di pagi hari, malam hari, dan akhir pekan, kebanyakan orang tidak bekerja. Namun, ini dapat berarti Anda membuang-buang produktivitas Anda. Banyak pengusaha sukses akan bekerja setiap kali inspirasi datang, karena mereka tahu mereka akan lebih produktif daripada nanti.
Catatan: Rencanakanlah untuk bekerja paling tidak dua jam selama waktu luang Anda, mislanya membalas email, melakukan panggilan penting. Ini akan membantu Anda untuk maju dan berada di depan.
4. Melakukan kerja penting pertama
Banyak orang tiba di kantor dan memulai hari mereka dengan tugas-tugas kecil, seperti email dan admin. Namun, otak kita paling tajam di awal hari, jadi ini adalah waktu terbaik untuk mengatasi pekerjaan yang lebih kreatif yang menantang Anda. Jika Anda tidak mendapatkan kesempatan untuk bekerja pada tugas-tugas yang Anda pilih sebagai yang pertama, maka Anda dapat melakukannya dengan cara Anda sendiri, misalnya melakukan pekerjaan dari rumah, atau datang ke kantor lebih awal.
Catatan: Aturlah jadwal Anda untuk hari berikutnya saat Anda masih bekerja. Rencana tugas-tugas Anda yang paling penting untuk dikerjakan di pagi hari, dan kemudian merespon email Anda sebelum makan siang untuk menjamin hari yang produktif.
5. Mereka menjadwalkan penuh kesibukan mereka dalam satu tempat
“Sangat penting untuk memastikan Anda merekam semua pertemuan Anda dan janji di satu tempat daripada harus menyebarnya ke seluruh kalender yang berbeda, notebook, dan aplikasi. Alih-alih merencanakan bagian dari jadwal Anda pada ponsel, laptop, komputer kerja Anda, dan notepad, kumpulkan semuanya bersama-sama pada satu perangkat untuk lebih mudah.
Catatan: Pilih perangkat yang paling nyaman untuk Anda gunakan, apakah itu smartphone atau notebook. Menyimpannya pada Anda sepanjang hari saat Anda berada di tempat kerja, sehingga Anda dapat menyesuaikan rencana Anda sesuai sepanjang hari.
6. Mereka memahami teamwork
Banyak dari perusahaan yang paling sukses di dunia dimulai dengan kerja sama tim; Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin, Apple didirikan oleh Steve Jobs dan Steve Wozniak, dan Paypal dimulai oleh tim dengan lima anggota. Menjadi sukses jarang dengan menjadi benar-benar independen – orang-orang sukses yang mampu bekerja dengan orang lain, mampu berkompromi, dan menerima ide-ide lain.
Catatan: Jika Anda bekerja dalam sebuah tim bersama orang lain, libatkan semuanya dalam rantai email Anda. Hal ini akan menjaga komunikasi dan memberikan umpan balik.
7. Bekerja dengan serius
Pengusaha sukses benar-benar percaya dalam pekerjaan mereka dan melihat nilai dalam apa yang mereka lakukan. Sulit untuk bekerja secara produktif dan menjadi sukses jika Anda tidak percaya pada pekerjaan Anda. Hal ini penting untuk tetap termotivasi dan tidak mendapatkan sisi dilacak oleh orang-orang yang tidak percaya pada Anda – ingat bahwa jika Anda percaya pada pekerjaan Anda, Anda tidak perlu jaminan dari orang lain.
Catatan: Pada akhir minggu kerja Anda, sisihkan setengah jam untuk meninjau tujuan dan impian Anda, dan melihat sejauh mana Anda sudah mencapainya. Ini akan membantu Anda untuk mencapai tujuan Anda, tetapi yang lebih penting – itu akan mendorong Anda untuk benar-benar percaya pada tujuan Anda.
8. Mereka relax ketika mereka telah menyelesaikannya
Menuliskan tujuan kerja Anda untuk besok hari setelah selesai bekerja akan membantu Anda untuk merasa termotivasi untuk hari berikutnya – sehingga Anda dapat benar-benar mematikan untuk saat ini, dan menikmati malam Anda.
Catatan: Tulislah tiga tujuan yang ingin Anda capai selama hari kerja berikutnya. Tuliskan bagaimana Anda akan mencapainya juga, karena ini akan membantu Anda untuk merasa difokuskan, sehingga Anda dapat mematikan dan menikmati waktu turun Anda.
citra/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana
Image : Business Lounge Journal