(Business Lounge – Dominate the Market) Ketertarikan di infografic telah meningkat sampai 3000 persen selama lima tahun terakhir, menurut Google Trends. Ini karena infographic dan image pada umumnya dapat memotong melalui semua konten yang menguasai masyarakat saat ini.
Berikut adalah cara-cara untuk mencuri perhatian pengguna media sosial dengan tampilan visual yang khas:
Curate customer photos
Melihat seseorang tersenyum saat di foto tanpa melakukan aktifitas apapun tampaknya kurang menarik bila dibagikan ke media sosial. Hal ini yang kemudian membuat beberapa perusahaan, termasuk Harley Davidson seringkali memposting gambar dari penggunanya saat mereka sedang santai atau bermain-main dengan sepeda motor mereka.
Anda dapat meminta pelanggan yang menggunakan produk anda mengirimkan foto mereka, atau dapat juga menggunakan hashtag untuk mengumpulkan foto-foto tersebut. Anda dapat membuat hashtag unik anda sendiri atau piggyback ke yang sudah ada.
Contoh hashtag yang digunakan oleh Harley Davidson adalah #POTD dan #PhotoOfTheDay, kedua hashtag tersebut cukup populer dan dapat anda gunakan juga.
Talk the talk
Sesama pengguna online, anda dapat menggunakan bahasa rahasia atau berbagai istilah sendiri, tentu yang semua anggota dapat memahaminya. Sebagai contoh, popularitas Lego meluas ke komunitas global dewasa yang berbicara bahasa singkatan yang unik. Kalangan penggemar ini biasa menggunakan singkatan AFOL untuk “adult friend of Lego” dan SPUA untuk “special part used again.”
Lego menggunakan akronim ini di setiap caption gambar, Tweet atau post yang dikirim.
Fly your colors
Warna berbicara banyak hal. Hal ini juga yang diterapkan oleh Federal Express dimana perusahaan memilih warna ungu sebagai identitas dirinya. Hal ini dapat kita lihat melalui variasi gambar dari Federal Express seperti adanya driver, mobil balap, dan tim balap FedEx, namun yang menyatukan mereka semua adalah warna ungu.
Ketika memilih sebuah warna, sebaiknya anda melakukannya secara konsisten dalam setiap postingan di media sosial.
Size image
Ketika gambar sudah anda dapatkan dan siap untuk dibagikan ke media sosial, satu hal lagi yang harus diperhatikan adalah pemilihan ukuran gambar. Ukuran gambar disesuikan dengan media sosial yang akan digunakan, misalnya Facebook, Twitter, Instagram, Google+ dll.
Untuk melihat berapa ukuran gambar yang pas di media sosial, silahkan lihat pada artikel Tips Mempercantik Gambar di Media Sosial Untuk Mendukung Penjualan.
Dengan menggunakan visualisasi yang menarik di media sosial, tentunya akan menambah jumlah follower, dan berharap dapat meningkatkan keuntungan pada produk ataupun layanan jasa yang anda tawarkan.
Lidia Wulan/VMN/BL/Head of Vibiz Internet Marketing Academy
Editor: Ruth Berliana