Mengembangkan Budaya Perusahaan untuk Peningkatan Kinerja Karyawan

(Business Lounge – Empower People) Definisi dari budaya perusahaan adalah mengacu kepada nilai-nilai, sikap, dan keyakinan yang menjadi ciri anggota dari suatu organisasi dan menjadi bagian dari penentuan kebijakan yang dilakukan oleh perusahaan. Suatu budaya perusahaan merupakan keunikan dari setiap perusahaan yang mempengaruhi setiap bentuk kegiatan perusahaan juga mempengaruhi setiap orang yang ada dalam perusahaan tersebut. Karena melalui budaya perusahaan yang berkembang dapat memberikan pengaruh positif di seluruh organisasi.  Jadi dengan mengembangkan budaya perusahaan dapat menciptakan perubahan positif dalam sebuah organisasi perusahaan. Budaya perusahaan terkait erat dengan para karyawan di perusahaan tersebut. Berikut ini berapa hal yang terkait dengan peran karyawan bagi perusahaan melalui pengembangan budaya perusahaan.

Karyawan dan Produktifitas Kerja

Suatu budaya perusahaan yang berkembang dengan baik akan memberikan  peningkatan produktivitas serta kinerja yang berkelanjutan. Dalam sebuah survey ada perkiraan bahwa rata-rata karyawan hanya memberikan kontribusi 20% dari potensi mereka. Sehingga sebuah budaya perusahaan yang dapat selaras dengan kondisi karyawan dinilai dapak meningkatkan produktifitas dengan peningkatan minimal sebesar 10%. Memang akan berbeda-beda nilai pengembangannya karena tergantung pada seberapa besar sebuah unit kerja, jenis industri, dan tingkat komitmen dari senior manajemen. Perbaikan yang berkelanjutan perlu terus dilakukan. Secara teoritis tidak ada batas untuk meningkatkan produktivitas.

Peran Karyawan dalam Keuntungan Finansial

Idealnya setiap karyawan mengetahui bahwa pengendalian biaya adalah adalah suatu yang penting. Di setiap perusahaan hal ini sebagai suatu budaya yang perlu untuk selalu dibangun. Setiap karyawan diharapkan untuk mengambil tanggung jawab pribadi dalam penggunaan budget perusahaan. Alasan utama tentus saja adalah untuk meningkatkan laba perusahaan. Mengembangkan budaya kerja yang akan memberikan awareness bagi setiap karyawan akan berpengaruh bagi peningkatan keuntungan yang lebih besar lagi.

Salah satu studi menunjukkan bahwa perusahaan dengan budaya kerja yang berkembang dapat meningkatkan pendapatan 3x, bahkan dapat meningkatkan harga saham 9x lebih tinggi, dan menghasilkan pendapatan bersih lebih dari 700% lebih tinggi dari rata-rata pendapatan perusahaan. Jika melihat potensi besar yang karyawan yang belum dimanfaatkan angka-angka tersebut adalah wajar.

Budaya Perusahaan untuk Memotivasi Karyawan

Keberhasilan motivasi bagi karyawan dalam suatu budaya perushaan yang berkembang dengan baik adalah dengan mengakui kebutuhan dan keinginan pribadi karyawan. Kemudian juga memungkinkan karyawan untuk memenuhi kebutuhan pribadinya yang dapat tersalurkan melalui tugas-tugas pekerjaan. Ketika karyawan diakui dan dihargai, maka akan banyak manfaat dan memberikan pengaruh positif bagi kedua belah pihak, yaitu baik bagi perusahaan maupun karyawan.

Pengakuan bahwa Betapa Pentingnya Keterlibatan Karyawan

Seorang karyawan secara alami selalu ingin terlibat dan juga dihargai dan dipandang sebagai bagian dari kontributo penting dari sebuah tim. Ketika para pemimpin menunjukkan bahwa mereka ingin semua orang yang terlibat, maka hal ini akan memberikan kepada karyawan dorongan untuk maju dengan penuh semangat dan memancing karyawang untuk kreatif dan produktif.

Tanggung jawab

Dengan berkembangnya suatu budaya kerja dalam perusahaan maka akan tampil orang-orang yang bertanggung jawab. Mereka akan bertanggung jawab  penuh atas apa yang terjadi di wilayah kerja mereka. Merka akan tampil untuk menghadapi dan menyelesaikan masalah.

Kerja sama

Budaya perusahaan yang maju akan meningkatkan kerjasama, kolaborasi, dan motivasi. Juga akan membawa kepada peningkatan kerjasama antara divisi atau antar unit bisnis melalui peningkatan komunikasi dimana keputusan dan pemecahan masalah dapat segera dilakukan.

Selain hal tersebut di atas sebuah budaya perusahaan yang berkembang dengan baik, akan dapat dibuktikan juga pada saat bagaimana merekrut karyawan baru. Dengan suatu image perushaan yang sudah terbangun seperti: Perusahaan dengan terbuka, kerja partisipatif, di mana orang menikmati bekerja, dan memiliki kesempatan yang luas untuk pertumbuhan dan kreativitas, tentu akan semakin menarik kandidat. Salah satu pengaruh dari budaya kerja yang sangat baik adalah bahwa karyawan yang ada mendorong teman-teman mereka untuk bergabung. Ketika karyawan melakukan ini, mereka biasanya juga akan bersifat selektif ketika  mengundang dan hanya orang yang unggul yang akan mereka tawarkan.

Dengan budaya pekerjaan yang tepat dan bekembang akan menjadikan perusahan sebagai “A Great Place to Work”.

P Adi/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x