Tahukah Anda Pembicaraan Konsumen Tentang Produk Anda di Media Sosial?

(Business Lounge – Dominate The Market) – Sejak ditemukannya internet, kita merasakan betapa dahsyat dampak dari teknologi tersebut. Kita jadi mudah dalam berkomunikasi dan mengakses segala informasi yang ada di belahan dunia. Semuanya hanya dalam hitungan detik.

Salah satu produk teknologi internet yang popular saat ini adalah media sosial. Para pengguna memakai media ini, antara lain, untuk membangun jaringan pertemanan, membuat konten, berbagi informasi dan sarana ngobrol dengan teman.

Facebook saat ini tercatat sebagai situs media sosial yang paling populer di dunia dengan 900 juta pengunjung setiap bulannya. Berikutnya Twitter dengan 310 pengunjung per bulan, Linkedin memiliki 255 juta pengunjung per bulan, Pinterest dan Google Plus masing-masing 250 juta dan 120 juta pengunjung per bulan.

Di Indonesia ada 72,7 juta orang pengguna aktif internet atau 28% dari total populasi. Menariknya hampir seluruh pengguna aktif internet (99%) di Indonesia juga merupakan pengguna aktif media sosial. Mereka umumnya memakai media sosial untuk mengobrol dengan teman, berbagi informasi, dan bahkan menuliskan keluh kesahnya atau memberikan komentar terhadap suatu produk barang atau jasa. Kondisi ini membuat kita, tanpa sadar, ketika hendak membeli suatu produk atau jasa juga sering dipengaruhi oleh penilaian teman-teman di media sosial.

Beberapa Situs

Dulu, jika perusahaan ingin tahu pendapat konsumen tentang produk atau jasanya, brand atau tentang perusahaan itu sendiri, mereka mesti mengeluarkan biaya cukup mahal. Biaya itu dipakai untuk riset konsumen, seperti wawancara personal, membagi dan mengisi kuesioner, atau melakukan observasi lainnya. Kini, dengan hadirnya media sosial, perusahaan lebih mudah dan cepat mendapatkan berbagai informasi dari konsumen.

Usaha untuk mencari tahu dan mengobservasi informasi yang ada di media sosial ini disebut dengan istilah social media monitoring. Monitoring ini dilakukan dengan menarik data yang diinginkan dari media sosial, lalu dianalisa.

Ada berapa situs atau program pencarian data yang telah menyediakan layanan social media monitoring ini. Bahkan beberapa dari mereka adalah layanan tidak berbayar alias gratis. Berikut beberapa situs atau program pencarian data yang menawarkan layanan social media monitoring secara gratis:

Social Mention (socialmention.com). Situs ini merupakan salah satu layanan yang memonitor lebih dari seratus situs media sosial dan memberikan analisa data dan penilaian yang dibagi menjadi empat kategori, yaitu strength, sentiment, passion, dan reach

Topsy (topsy.com), memberikan akses monitoring terhadap Twitter dan Google Plus. Menariknya topsy memberikan analisa tren mentions dalam periode waktu yang kita ingin ketahui.

TweetReach (tweetreach.com) merupakan alat yang cocok untuk mengukur dampak dan implikasi diskusi yang ada di media sosial.

Hootsuite (hootsuite.com) hampir sama seperti Social Mention, yakni menawarkan layanan monitoring terhadap beberapa situs media sosial, seperti Twitter, Facebook, Linkedin, WordPress, Foursquare, dan GooglePlus.

Klout (klout.com) adalah alat analisis data media sosial yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui dan melihat pengaruh terhadap apa yang konsumen bicarakan tentang produk kita.

Memberikan Insight

Pada dasarnya program pencarian data ini menawarkan kita untuk mendapatkan data/informasi yang kita inginkan dengan memasukkan kata kunci pencarian dan fitur penyaringan sebagai dasar pengambilan data.

Saya pernah memakai Social Mention. Di sana saya bisa mendapatkan langsung hasil sentimen yang berupa sejumlah komentar positif/netral/negatif, top key words, top users, dan top hashtags. Dan, jika ingin mengetahui lebih dalam tentang apa yang dibicarakan konsumen di media sosial, kita juga bisa mengunduh semua komentar yang dihasilkan oleh Social Mention dalam file berformat CSV/Excel.

Saya menemukan beberapa hal yang menarik setelah mengunduh dan menganalisa seluruh komentar, seperti varian produk yang sering dibicarakan, mengapa konsumen tidak menyukai varian produk tertentu, kelebihan atau kekurangan produk kita di mata konsumen, dan topik hangat yang sedang dibicarakan.

Tentu perlu pemilahan dan analisa lebih jauh mengenai file komentar tersebut. Meski begitu insight yang kita dapat dari social media monitoring ini membantu kita untuk mengetahui keinginan konsumen dan mendapatkan ide-ide inovasi dan bersaing dengan produk pesaing. Apakah Anda tertarik untuk mencoba?

Banguning Asgha /VMN/BL/Podomoro University
Editor: Fanya Jodie

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x