IMC Sebagai Pendekatan Marketing Modern

(Business Lounge – Dominate The Market) Bila saya mengeksplor setiap berita yang dapat saya baca baik melalui media cetak maupun media online maka dapat dikatakan ada begitu banyak produk baik berupa barang atau pun jasa yang diciptakan setiap harinya. Bahkan sepertinya setiap orang berlomba-lomba untuk menghasilkan sesuatu bahkan dengan berbagai inovasi. Tetapi kemudian untuk apa semua itu dibuat? Harus ada tujuan yang berkaitan dengan barang atau pun jasa tersebut. Paling tidak bagaimana produk tersebut dapat diketahui banyak orang untuk kemudian dapat menghasilkan keuntungan.

Langkah promosi kemudian menjadi langkah selanjutnya yang harus segera diambil terutama apabila produk tersebut berkaitan langsung dengan kegiatan jual beli. Hal ini biasanya akan menjadi tantangan tersendiri bagi para marketers untuk dapat mencapai volume of sales guna meraih profit yang diinginkan oleh perusahaan. Namun kadang rasanya “terlalu biasa” jika untuk memasarkan sesuatu hanya dengan cara membuka stand dan membagi brosur  sementara competitor yang semakin banyak dapat melakukan berbagai inovasi. Ya, membuka booth itu memang salah satu caranya, tetapi kalau Anda dapat melakukan lebih dari itu, why not? Lalu cara apa yang tepat untuk memaksimalkan pemasaran?

Integrated Marketing Communication (IMC)

Ini merupakan sebuah pendekatan modern yang menggunakan berbagai metode promosi yang kemudian dikordinasikan dengan baik tanpa melupakan fungsi hubungan antara yang satu dengan yang lain dalam rangka mencapai tujuan perusahaan. Dua hal yang perlu digarisbawahi adalah berbagai metode promosi dan kordinasi yang baik yang semuanya dilakukan dengan totalitas.

Ada beberapa elemen penting dalam IMC yaitu advertising, public relations, personal selling, sales promotion, direct marketing, dan interactive/internet marketing. Sangat penting untuk melakukan semuanya dalam rangka mencapai tujuan pemasaran suatu perusahaan, karena harus membidik semua sektor konsumen dalam berbagai segmentasi pasar, apakah sesuai umur, pekerjaan, ataupun tempat tinggal.

Interactive Marketing

Dari semua elemen di atas, salah satu yang paling marak saat ini adalah internet marketing/interactive marketing. Dengan melihat perkembangan zaman, semakin banyak tuntutan orang untuk semakin dekat dengan teknologi dan media sosial atau media online. Oleh karenanya sangat strategis untuk memasarkan produk melalui cara tersebut seperti Instagram, Twitter, Facebook, Blog, dll.

Sebagai contoh, coba saja perhatikan instagram salah satu hotel ternama, semakin banyak hotel tersebut memuat foto-foto yang menarik di instagram maka semakin banyak travelers yang tertarik dan kemduan menjadi follower. Semakin banyak follower, informasi pun akan semakin menyebar.

Contoh lain bagaimana promosi produk melalui instagram dan adanya komunitas Online Shop atau dalam hal ini akun-akun yang sesuai dengan hobby misalnya foods and travel, sehingga terjadi endorsement di antara mereka, akan membuat semakin banyak orang yang melihat produk tersebut. Tidak sampai di situ, bahkan ada juga yang menggunakan jasa professional artis untuk menjadi model atau melakukan promosi melalui akun pribadi mereka.

Attracting Customers

Pada intinya, dalam memikat costumer maka materi yang dimuat haruslah dapat menarik perhatian baik melalui design, pemilihan kata, dan warna serta penekanan informasi yang diharapkan dapat dimengerti oleh costumer. Selain itu, cara ini haruslah benar-benar dibuat sekreatif mungkin agar menarik. Jangan ragu untuk memasarkan produk via internet, karena di zaman modern ini pengguna media sosial sudah semakin besar dengan berbagai segmentasi pasar, mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Selain itu, marketers perlu memposisikan diri sebagai costumer agar dapat melihat kebutuhan emosi dan psikologi dari calon pembeli. Dengan demikian akan mudah untuk memasarkan produk. Selain itu penting untuk sering melakukan research on consumer behavior agar supaya eksekusi dari Integrated Marketing Communication dapat berjalan maksimal dan sesuai tujuan.

Patriksen Derek/VMN/BL/Contributor
Editor: Ruth Berliana

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x