6 Tips Sukses Bisnis E-Commerce

(Business Lounge – Manage Your Business) Tahun 2015 bisnis Ecommerce di Indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat, Hal ini tidak lain disebabkan pasar di negeri ini sangatlah potensial. Jika dilihat dari data menteri komunikasi (menkom info) tahun 2013, seperti yang dikutip dari situs undercover bahwa nilai transaksi ecommerce mencapai 130 triliun, hal ini  yang menjadi salah satu alasan bertumbuhnya jumlah pengguna internet yang telah mencapai 82 juta orang atau sekitar 30% pada akhir tahun 2014 dari total penduduk Indonesia. Sampai akhirnya pasar ecommerce menjadi tambang emas yang sangat menggoda bagi sebagian orang yang dapat melihat potensi ke depannya. Tidak heran bila saat ini semakin marak bermunculan pelaku-pelaku e-commerce yang mengambil kesempatan ini untuk meraih keuntungan dengan membuka toko online ecommerce, misalnya saja: blshop, tokopedia, belowcepek, lazada, dan masih banyak lagi toko-toko ecommerce yang dengan mudah Anda jumpai di internet.

Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda juga akan mengambil kesempatan yang sama seperti pelaku usaha lainnya? Apabila jawaban Anda adalah ‘tidak’, maka belum ada kata terlambat untuk memulainya. Namun, sebelum Anda terjun dalam bisnis e-commerce ini,  berikut 6 tips untuk dapat Anda ketahui agar Anda suskses menjalankan bisnis e-commerce pada tahun ini hingga tahun-tahun yang mendatang.

1. Membuat Perencanaan Bisnis yang Matang
Salah satu kesalahan terbesar dari pengusaha e-commerce adalah mereka gagal membuat perencanaan dan terlalu terburu-buru membuat website untuk bisnis e-commerce mereka tanpa adanya rincian rencana yang jelas untuk membangun website e-commerce yang menarik dan berkualitas.

Penting sekali untuk menyusun suatu strategi dengan tepat, karna perlu Anda ketahui untuk membuat website maka diperlukan banyak persiapan, di antaranya: membeli nama domain yang akan digunakan untuk alamat website e-commerce Anda nantinya, menyiapkan konten berupa video, teks, gambar, dan lain sebagainya yang dibutuhkan untuk membangun sebuah web e-commerce yang profesional.

2. Fokus Melakukan Maintanance Website E-Commerce
Usai membangun website e-commerce yang sesuai dengan bisnis Anda, maka Anda perlu fokus untuk me-maintain website Anda. Pembeli akan lebih senang pada situs ecommerce yang memiliki tampilan yang terlihat segar dan menarik. Oleh karena itu, Anda harus memunculkan ide-ide kreatif pada situs ecommerce agar tidak terlihat membosankan.

Selain tampilan menarik, situs ecommerce yang baik harus ditunjang dengan kemudahan berbelanja. Salah satunya adalah dengan menyediakan informasi yang jelas tentang cara melakukan order dan pembayaran, membuat navigasi situs yang tidak membuat pembeli merasa bingung untuk berbelanja pada web e-commerce Anda, Misalnya dengan membuat pembeli mudah untuk melakukan proses check out dengan shopping cart. Hal lain yang perlu diperhatikan juga adalah dengan memberikan harga promo yang menarik berupa discount dan voucher pembelian untuk setiap pembelian beberapa produk dan tidak mengenakan biaya untuk pengiriman barang.

3. Membangun hubungan dan komunitas merupakan hal penting dalam bisnis e-commerce.
Anda dapat melakukan berbagai kreativitas agar customer menjadi loyal. Bangun komunitas melalui sosial media, event dan aktifitas online lainnya.

4. Mobile Friendly Web
Seperti yang sudah diketahui, selama dua tahun terakhir ini semakin banyak orang yang mengunjungi website dengan menggunakan smartphone atau tablet, Karena lebih mudah dilakukan dan bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun asal tersambung dengan internet.

Pada intinya arti website mobile friendly adalah website yang mampu menyajikan/menampilkan konten pengguna mobile (smartphone, tablet, gadget) dengan baik/rapi, dengan salah satu dari dua cara di atas, dan tidak terbatas pada kemampuan sebuah template untuk merespon perangkat mobile saja.

5. Membuat Website E-Commerce yang user friendly SEO.
Search Engine Optimization (SEO) selalu menjadi bahan perbincangan di kalangan penggiat dunia maya, khususnya di kalangan para internet marketer. Oleh karena SEO masih merupakan aspek penting untuk situs e-commerce. Sehingga khusus untuk website e-commerce ada beberapa aturan SEO yang sangat esensial dan wajib diperhatikan, diantaranya : membuat desain web responsif, konten web yang original, meneliti kata kunci, optimasi gambar produk dan masih banyak lagi cara-cara lain untuk membuat web e-commerce Anda user friendly SEO.

6. Service Pelanggan dengan Baik
Memahami customer Anda merupakan hal penting dalam bisnis e-commerce. Kenali siapa customer Anda dan menerima setiap masukan dari customer dengan ramah, Kepuasaan customer merupakan hal penting dalam bisnis e-commerce Anda.  Hal lain yang tidak kalah penting  yang harus menjadi perhatian Anda dalam bisnis e-commerce adalah pengiriman barang, sebab ini merupakan hal utama. Sebaiknya Anda mengirimkan barang sesuai dengan jangka waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. Follow up dengan konfirmasi dan mintalah feedback. Customer akan meninggalkan Anda jika Anda tidak tepat waktu dalam masalah pengiriman barang.

Semoga dengan 6 tips diatas dapat membantu Anda untuk meraih kesuksesan dalam menjalankan dan menjadi seorang pengusaha yang sukses dalam bisnis e-commerce.

Dewi LajolieDewi Lajolie/VMN/BL/Operation Head – Batikweb.co
Editor: Ruth Berliana​​​

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x