(Business Lounge – Business Insight) Raksasa belanja online Tiongkok Alibaba Group Holding Ltd meluncurkan layanan pengiriman tiga jam untuk barang kesehatan, meniru rivalnya JD.com Inc. Layanan ini akan diluncurkan di lima kota di Tiongkok, termasuk Beijing dan Shanghai, dan akan diperluas ke-19 pada akhir tahun 2015, demikian dikatakan Alibaba pada Selasa (12/5).
Produk di luar kesehatan akan ditambahkan pada masa yang akan datang.
Hal ini bekerja melalui kemitraan dengan rantai lima apotek yang menjual barang-barang melalui toko-toko pada situs Alibaba Tmall.com.
Layanan yang disebut dengan ‘Ji Su Da’ atau “pengiriman cepat”, menghubungkan pembeli yang membeli produk yang tersedia dengan toko yang terdekat dari lebih dari 1.500 toko obat. Cainiao, afiliasi Alibaba beroperasi dalam kemitraan dengan berbagai perusahaan logistik, mengumpulkan, dan memberikan perintah.
Pesaing e-commerce Alibaba terbesar adalah JD.com, yang dibangun di atas pengabdian untuk jaringan logistik yang kuat dan pengiriman cepat mirip dengan Amazon.com Inc.
Waspada bahwa kecakapan dalam hal distribusi, Alibaba dan mitra-mitranya telah menghabiskan beberapa tahun terakhir membangun Cainiao dalam upaya untuk bersaing.
Ji Su Da adalah bagian dari tren yang lebih luas untuk menjadikan layanan offline menjadi online dari layanan taksi untuk menemukan penawaran restoran terdekat. Dikenal sebagai “online ke offline”, hal ini sering menggunakan smartphone untuk menemukan lokasi seseorang dan penyedia layanan terdekat.
“Layanan ini sangat ideal untuk konsumen yang membutuhkan obat non-resep dan produk kesehatan lainnya dengan cepat,” kata Xu Hui, kepala Cainiao Ji Su Da. “Layanan ini secara efektif memobilisasi sumber di kedua toko online dan offline, yang pada gilirannya membawa pelanggan pengalaman belanja yang mulus.”
Alibaba telah meningkatkan operasi barang-barang kesehatannya. Bulan lalu, layanan ini disuntikkan operasional apotek online ke afiliasi Alibaba Kesehatan Teknologi Informasi Limited, dengan kesepakatan bernilai $ 2,5 milyar untuk mengkonsolidasikan perusahaan kesehatan dan lebih booming dalam bisnis yang berhubungan dengan kesehatan online.
Tapi Ji Su Da dapat melihat pertumbuhan dibatasi oleh aplikasi yang terbatas, terutama bekerja untuk barang -barang sehari-hari yang tersedia pada skala besar di seluruh Tiongkok, serta layanan saingan JD.com ini. Semakin kecil perusahaan e-commerce beroperasi JD Daojia, yang melakukan pengiriman cepat untuk bahan makanan, makanan dan bunga.
“Kami sudah menawarkan pengiriman pada hari yang sama di kebanyakan kota besar selama bertahun-tahun – lebih dari 130 daerah saat ini – tidak hanya untuk beberapa item, tapi untuk puluhan ribu produk yang kami stok,” demikian yang dikatakan juru bicara JD.com Reuters dalam sebuah email.
uthe/VMN/BL/Journalist
Editor: Ruth Berliana