(Business Lounge – Business Insight) Apple sangat serius dengan smartwatch-nya bahkan perusahaan berani mengeluarkan biaya yang tidak murah untuk mempromosikannya sejak gadget yang dikategorikan perhiasan itu diperkenalkan pada awal Maret kemarin. Fokusnya adalah bagaimana iWatch dapat menjadi gunjingan bagi banyak orang yang dapat menambahkan lakunya produk ini di pasaran.
Pada Jumat (10/4) Apple memanfaatkan tayangan primetime pada televisi AS sebagai upaya untuk menarik perhatian konsumen pada produk yang baru saja memasuki pasar teknologi ini.
Jika ditotal maka sejak memamerkan iWatch pada acara 9 Maret lalu, Apple telah menghabiskan $ 38 juta (sekitar 390 miliar rupiah) untuk mengkonsep ulang perhiasannya melalui kampanye televisi, demikian angka yang diberikan iSpot.tv, yang melacak iklan TV AS dan respon digital secara real time. Dari mencuatnya iklan komersial sejak Maret, hampir setengahnya mengambil tayangan primetime terkait dengan acara seperti AMC “The Walking Dead,” National Collegiate Athletic Association (NCAA) turnamen basket dan bakat kompetisi NBC “The Voice . “
Menurut Sean Muller, CEO iSpot.tv, Apple menempatkaniklannya 13 persen pada kategori smartphone dna membuat 40% untuk iklan TV, demikian dilansir oleh Reuters.
Data juga menunjukkan bahwa mencuatnya iklan perhiasan Apple ini telah menggenjot produksinya diperkirakan akan mencapai 55 persen dari pengiriman smartwatch global pada tahun ini di pasaran atau senilai sekitar $ 11 miliar, demikian diperkirakan seperti dilansir oleh Reuters.
Pemasaran iPhone
Memang agak sedikit berbeda antara iWatch dan iPhone. Smartwatch Apple masih berupaya mencari pelanggannya sedangkan iPhone 6 telah memiliki pelanggan setia yang rela menempuh jarak yang tidak dekat demi memperoleh gadget keluaran baru tersebut atau rela mengantri berjam-jam untuk memastikan tidak ketinggalan. Itulah sebabnya Tim Cook berupaya penuh untuk mempromosikan produk barunya yang merupakan produk pertama Apple di bawah kepemimpinannya.
Apple telah menghasbikan angka yang juga cukup besar untuk mengiklankan iPhone 6 dan 6 Plus di TV, yaitu kurang lebih $ 42 juta (sekitar 546 miliar rupiah) untuk lebih dari lima bulan terakhir.
Tetap Memerlukan Pemasaran
Siapa sih yang tidak kenal Apple? Brand dengan logo buah apel yang seperti telah tergigit ini selalu identik dengan professional class, luxury, dan berbagai image baik lainnya. Tetapi walaupun telah memiliki nama maka pemasaran bagi Apple bukanlah sesuatu yang dapat dinomerduakan. Sebab apakah artinya sebuah brand tanpa kehadiran kosumen. Karena itu sangat penting untuk memastikan adanya keterikatan antara brand dan konsumennya.
IPhone telah memiliki keterikatan yang kuat yang telah dibangunnya sekian lama.
Kesiapan iWatch
Mulai Jumat (10/4), iWatch telah tersedia untuk disimak di toko-toko dan layanan internet preorder menjelang 24 April saat iWatch akan benar-benar dijual.
Fadjar Ari Dewanto/VMN/BD/Regional Head-Vibiz Research Center