(Business Lounge – Business Insight) Nestle Jepang yang merupakan anak usaha raksasa pembuat dan penjual makanan dan minuman ringan dunia – Nestle SA telah memesan sekitar 1000 robot untuk memasarkan produk buatan perusahaan yang berpusat di Vevey, Swiss ini di Jepang.
Nestle berencana menjadikan robot yang disebut sebagai robot humanoid yang dijual oleh Softbank menjadi tenaga penjual untuk menjual mesin seduh kopi nya di toko-toko elektronik di seluruh Jepang. Robot yang akan dipakai Nestle adalah robot yang sudah diperkenalkan Softbank sejak bulan Juni 2014 lalu yang bisa berinteraksi kepada customer.
Nestle menjadikan metode penjualan dengan robot ini sebagai acuan nantinya bagi penjualan seluruh dunia. Dan di Jepang sendiri Nestle berencana tahun depan memakai robot ini di 1000 toko untuk menjual produknya yang kini baru menjual mesin kopi saja.
Robot keluaran raksasa teknologi Jepang – softbank ini bernama “Pepper” yang mampu belajar dan mengekspresikan emosi manusia, dan melayani sebagai pendamping bahkan bisa lebih cerewet dari tenaga pemasaran manusia.
Pepper merupakan robot setinggi pinggang manusia yang berukuran tinggi 120 sentimeter dan mampu bergerak dengan roda dan memiliki tablet yang menempel didadanya sebagai alat bantu komunikasi robot tersebut. Robot ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan Perancis dan diproduksi di Taiwan demikian info yang dikutip dari Japan Today.
Nestle yang berdiri di Jepang sejak tahun 1913 dan memiliki sekitar 2400 pegawai ini telah mempertahankan pertumbuhan yang sehat di Jepang ditengah banyaknya negara besar yang menjadi pasar yang sedang melambat. Nestle mencoba strategi pemasaran yang efektif di wilayah pasarnya yang kecil namun mendapat keuntungan yang besar melebihi wilayah pasar Nestle besar di dunia.
Untuk memulai rencananya ini, Nestle akan memakai 20 robot terlebih dahulu pada bulan Desember untuk berinteraksi dengan pelanggan dan mempromosikan mesin kopinya. Dan hingga akhir tahun 2015 perusahaan pembuat kopi Nescafe dan cokelat KitKat ini berencana untuk memiliki robot yang bekerja di 1.000 toko.
Untuk menjalankan niatnya ini, Nestle harus membayar satu robot sekitar ¥ 198.000 ($ 1830) sehingga dapat dihitung berapa besar investasi yang dikeluarkan oleh perusahaan Nestle untuk tenaga pemasarannya. Robot yang akan digunakan Nestle ini sudah dipakai sebelumnya sebagai tenaga penjual oleh Softbank di 70 toko ponsel di Jepang.
Joel/Journalist/VM/BL
Editor: Jul Allens
image:youtube