(Business Lounge – Business Today) – Google Inc dikabarkan telah memfinalkan kesepakatan untuk membeli layanan game live-streaming Twitch Interactive Inc seharga US $ 1 miliar dan memasukkannya ke dalam unit YouTube-nya.
Dengan mengakuisisi perusahaan San Francisco itu, YouTube adalah memperkirakan akan ada pertumbuhan yang tinggi dalam jumlah pengunjung karena banyak yang menyaksikan permainan video game. Hanya dalam waktu dua tahun, Twitch telah memiliki basis penggemar obsesif yang telah membuatnya menjadi salah satu platform live-streaming di Internet yang terbesar.
Namun, para analis mengatakan, YouTube juga akan mungkin menggunakan Twitch sebagai batu loncatan untuk menawarkan live stream kategori hiburan, kategori di mana selama ini YouTube sendiri telah gagal untuk menangkapnya. Langkah ini menggarisbawahi bagaimana perusahaan telah berinvestasi dalam layanan yang mencerminkan bahwa internet itu memungkinkan perubahan besar dalam cara orang-orang membuat dan mengkonsumsi hiburan.
“Cara Twitch membangun dan menjalankan layanan ini telah berjalan sempurna,” kata Dan Rayburn, wakil presiden eksekutif StreamingMedia.com. “Ini akan membiarkan mereka mengambil langkah maju berikutnya.”
Pembicaraan antara Twitch dan YouTube awalnya dilaporkan pada bulan Mei oleh Variety. Minggu ini, blog teknologi VentureBeat mengutip sumber yang mengatakan YouTube dan Twitch telah menandatangani kesepakatan. Juru bicara kedua perusahaan menolak untuk mengomentari laporan VentureBeat.
Banyak pengamat mengatakan kesepakatan diantara keduanya sangat masuk akal. YouTube telah lama menjadi tujuan populer bagi gamer untuk mengirim highlights dan tutorial bermain permainan mereka.
Baru-baru ini, banyak dari para gamer sudah memulai saluran komplementer pada Twitch. Dalam tiga tahun sejak Twitch resmi diluncurkan, lalu lintasnya telah berkembang dari 3,2 juta pengunjung unik per bulan menjadi 45 juta. Lebih dari 1 juta pemain video game mem broadcast diri mereka pada platform.
Orang-orang yang menonton sangat bergairah tentang Twitch. Rata-rata pemirsa menonton 106 menit dari Twitch live stream per hari. Sekitar 58% menghabiskan lebih dari 20 jam seminggu menonton video di Twitch, menurut statistik dari perusahaan. Angka-angka tersebut didorong oleh penawaran untuk membangun Twitch langsung ke konsol game terbaru dari Sony dan Microsoft.
Arum/Journalist/VM/BL
Image: wikipedia