The Definitions of Thoughts Leadership
(Business Lounge – Leadership), Di dalam teori kepemimpinan, kita sering mendengar “Thoughts Leadership”. Apakah definisi yang sebenarnya dari istilah ini yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah Pemikiran Kepemimpinan. Suatu kata yang sulit dicerna, namun mari kita lihat beberapa definisi dari Thoughts Leadership berikut ini.
Profesor Terrell dan Middlebrooks dari Universitas Northwestern Kellogg School of Management dan University of Chicago Graduate School bagian Bisnis berkata: “Strategi utama adalah untuk menjadi berbeda dari pesaing … Mereka tidak mau menggunakan ungkapan menjadi ”lebih baik”, maka secara internal diganti menjadi : “inisiatif untuk berbeda dan strategi berorientasi eksternal”. Menjadi berbeda artinya menyediakan bagi pelanggan nilai unik bahwa yang mereka tidak bisa dapatkan dari pesaing lainnya. “
Sebuah penelitian RainToday.com laporan (www.raintoday.com) mengenai Thoughts Leaderhsip, diterbitkan pada tahun 2006, mencatat: “Anda tidak bisa pergi begitu saja tanpa sesuatu yang otentik dan berharga yang ditawarkan setelah melakukan pemasaran, tanpa keunikan keahlian dari produk ataupun servis yang anda jual … dan Anda tidak dapat melanjutkan mempertahankan bisnis Anda secara keseluruhan tanpa mengembangkan hubungan yang berkelanjutan dengan pasar Anda. Salah satu unsur tanpa yang lainnya tidak akan bekerja. “
Wikipedia juga memiliki definisi sebagai kata buzz atau jargon yang digunakan untuk menggambarkan futuris atau orang yang dikenal di kalangan sebaya mereka untuk ide-ide inovatif yang menunjukkan kepercayaan diri untuk mempromosikan atau berbagi ide untuk sebuah tindak lanjut pemasaran.
Tujuan dari mendirikan suatu bisnis adalah untuk mencari uang. Dalam mencari uang inilah kita harus mampu bersaing dari kompetitor kita dengan keunikan yang kita tawarkan. Thought Leadership merupakan sebuah pengakuan dari dunia luar bahwa perusahaan memiliki pemikiran yang terwujud dalam strategi unik yang membuktikan bahwa perusahaan sangat memahami bisnis, kebutuhan pelanggan, dan pasar yang lebih luas.
Thought Leadership juga mengandung sebuah disiplin dari diri perusahaan sendiri dalam penerapan strategi. Kemampuan kita untuk memahami inti usaha kita dan kemudian secara efektif dan konsisten menerapkan strategi adalah kunci untuk memposisikan diri dan perusahaan untuk melompat ke pertumbuhan tingkat berikutnya. Hal ini hanya dapat terjadi melalui sebuah proses yaitu pertama Anda dievaluasi atas nilai-nilai dalam perusahaan Anda sendiri dan kedua adalah meneliti kebutuhan yang lebih dalam dari stakeholder Anda serta yang ketiga adalah meneliti kebutuhan pelanggan. Semua ini kemudian diidentifikasi. Proses identifikasi kadang-kadang dilakukan bersama dengan para stakeholder, sehingga bisa diketahui apa yang penting bagi mereka. Thought Leadership sebenarnya berkisar pada mengembangkan pemahaman yang mendalam mengenai bisnis Anda dan pelanggan, dan lebih penting lagi yaitu kebutuhan para pelanggan dan pasar lebih luas di mana anda berada.
Sebagai pemimpin perusahaan, Anda dapat menggunakan Thought Leadership untuk mengembangkan bisnis Anda. Beberapa langkah sederhana mengembangkan Thought Leadership adalah :
1. Lakukan riset mengenai pasar Anda agar lebih memahami pasar dan dapat mengambil langkah strategis
2. Jangan terpaku pada pasar pada umumnya tapi kembangkanlah keunikan yang Anda miliki
3. Kembangkan pemikiran kreatif dan inovatif untuk mendapatkan sebuah keunikan yang mempertinggi nilai jual produk Anda.
Selamat mengembangkan Thought Leadership! Niscaya anda akan memimpin pasar.
dr. Vera Herlina, SE, MM : Managing Partner Divisi Leadership, Entrepreneurship & Strategic Management dari Vibiz Consulting
Editor : Iin Caratri