(Business Lounge – Sales & Marketing) – Saya pernah bertemu dengan seorang sales yang baik dan cukup melayani lengkap dengan senyumannya dan keramah tamahannya. Tapi satu hal yang membuat saya kurang cocok yaitu ketika saya mempunyai beberapa pertanyaan tentang produk yang akan saya beli si sales tidak bisa memberi solusi dan jawaban apa-apa, hanya memberikan solusi untuk menghubungi customer service dari produk tersebut. Saya sendiri jadi bingung, bagaimana saya menjadi yakin dengan produk yang akan saya beli sedangkan si sales sendiri tidak mengetahui apa-apa atau tidak memberi solusi yang memuaskan ketika pelanggannya menemukan masalah. Dan akhirnya saya tidak jadi membeli produk yang ditawarkan. Si sales telah kehilangan satu pelanggan.
Seorang sales harus seorang yang kreatif, dalam arti dapat memberikan solusi yang cukup memuaskan kepada pelanggan. Atau jika menemukan masalah dalam melakukan penjualan maka dapat mencari solusi yang terbaik untuk dapat tetap menghasilkan. Menjadi kreatif bukanlah sesuatu yang dipelajari secara teori, tetapi bagaimana seorang sales mau untuk berkembang, mempunyai ide-ide yang dapat membuat dirinya lebih berkembang. Tidak perlu mahal untuk menjadi kreatif, misalnya dengan membuat buku panduan kecil yang berisi pengetahuan tentang produk yang ditawarkan sehingga dapat dibawa kemana si sales pergi itu pun pasti dapat berguna, sehingga sales dapat menjadi percaya diri dan hal tersebut disukai oleh pelanggan.
Seorang sales yang kreatif juga tidak gampang menyerah, seorang yang tahan di saat ada tekanan dan hambatan. Mempunyai solusi ketika menemui masalah. Sales-sales di tempat saya bekerja selalu tergantung dengan keputusan manajemen, bahkan kadang membuat si sales jadi kurang berpikir, mengapa demikian karena ketika mereka mendapat masalah hanya tinggal melemparkannya ke pihak manajemen untuk mencari solusinya. Ketika ada tantangan maka mereka dengan mudah mengatakan alasan memang tidak bisa dijual, karena pelanggan tidak mau membeli. Misalnya karena harga yang lebih tinggi dari kompetitor, maka mereka akan menyerah dengan alasan pelanggan tidak mau harga mahal. Sikap sales yang gampang menyerah tidak akan menjadikan sales tersebut menjadi kreatif. Hanya menyerah pada keadaan yang ada.
Di era teknologi yang maju saat ini. Dan kemudahan mengakses internet, sehingga banyak informasi dan pengetahuan yang dengan mudah didapat sehingga seseorang dapat menambah wawasan. Rajin untuk mencari dan mempelajari sesuatu yang baru dan selalu berpikir positif. Segala daya usaha pasti akan membuahkan hasil, asal mau berusaha. Mungkin harus meluangkan waktu di tengah kesibukan, daripada hanya mengeluh terlalu banyak yang harus dikerjakan atau tidak ada waktu untuk belajar dan merasa diri tidak mampu. Tetapi dengan berpikir positif bahwa “saya bisa” akan memacu diri untuk dapat berbuat lebih lagi. Sehingga untuk menjadi seorang sales yang kreatif tidak perlu mahal, tetapi harus ada usaha dari diri sendiri untuk menjadi lebih baik, sehingga akan menemukan banyak ide-ide yang dapat membuat menjadi lebih maju dan berhasil.
(ms/IC/bl-md)
Foto : sterlingchase.com