Menciptakan Loyalitas Pelanggan Melalui Emotional Benefit

(Business Lounge – Marketing) – Sebuah produk memiliki dua sampai tiga benefit, yaitu functional benefit dan emotional benefit . functional benefit adalah manfaat yang diberikan oleh produk berdasarkan fungsi yang diberikan oleh produk tersebut melalui feature-feature yang diberikan. Umumnya pemasar membuat sebuah value proposition produk hanya berdasarkan kepada functional benefit saja.

Emotional benefit kini telah menjadi bagian penting dari sebuah brand. Seperti yang dikemukakan oleh Hermawan Kertajaya dalam bukunya Marketing in Venus. Bumi yang sekarang bukanlah bumi yang dulu. Venus identik dengan wanita. Bumi sekarang telah menjadi Venus. Sehingga untuk memahami karakter konsumen di Venus, Anda harus memahami wanita. Saat ini, pangsa pasar penduduk Venus terbagi menjadi dua, yaitu Women dan Wo-Men (Women Oriented Men).

Oleh karena itu, untuk bertahan dalam persaingan industri yang semakin ketat, maka produsen tidak hanya harus berfokus pada functional benefit . Saat ini tidak hanya mind yang mendominasi keputusan pembelian, melainkan juga emosional. Sehingga functional benefit saja tidaklah cukup, melainkan juga harus didukung oleh emotional benefit yang dapat mengikat emosi dari pelanggan. Sehingga, dengan itu terjadi keterikatan antara pelanggan dengan merek tertentu.

Brand yang memberikan functional benefit dengan baik jelas banyak. Namun hanya ada beberapa brand yang mampu memberikan emotional benefit dengan baik.

Salah satu contohnya adalah Vertu. Orang awam banyak yang heran, sebenarnya apa sih Vertu itu? Banyak yang menganggap Vertu tidak lebih dari hanya sekedar ponsel perhiasan saja, Jika teknologinya dibandingkan dengan Nokia dan produsen ponsel lannya, jelas Vertu ketinggalan. Namun mengapa Vertu laris di pasaran? emotional benefit tadi adalah kuncinya. Vertu membuat mereka merasa bangga dan spesial.

Emotional benefit erat hubungannya dengan loyalitas pelanggan. Coba saja Anda bayangkan, jika Anda tidak mengalami emotional benefit , apakah Anda akan melakukan pembelian secara berulang terhadap suatu produk? Seperti yang tadi dikemukakan, emotional benefit menimbulkan suatu keterikatan emosional antara produk dengan pelanggan. Sehingga hal tersebut menciptakan loyalitas terhadap merek tertentu.

Perusahaan yang paling sukses dalam menciptakan loyalitas pelanggan antara lain adalah Unilever. Produk Unilever kebanyakan adalah consumer goods yang digunakan sehari-hari. Namun mengapa mereka dapat membangun loyalitas pelanggan dengan baik? Jawabannya adalah selain dengan functional benefit yang baik, mereka juga dapat menyampaikan emotional benefit dengan baik. Kemudian ditunjang juga dengan kepuasan pelanggan yang tinggi akan produk sehingga terciptalah loyalitas pelanggan.

(rp/ic/bl)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x