(Business Lounge – Marketing) Yahoo! telah mengubah logo yang selama ini sudah melekat diingatan masyarakat sejak berdirinya perusahaan internet ini pada 18 tahun yang lalu.
Peran Marissa Mayer
Tampilan desain baru logo Yahoo! diresmikan pada Rabu (4/9) malam waktu setempat. Ini merupakan bagian dari makeover Yahoo Inc yang kini dipimpin oleh wanita cantik Marrisa Mayer.
Mayer sebelumnya telah merapihkan halaman depan Yahoo!, halaman email dan layanan Flickr untuk berbagi foto, serta mengambil langkah untuk mengakuisisi beberapa perusahaan start-up yang ditujukan untuk menarik lebih banyak traffic pada perangkat mobile.
Logo baru Yahoo! dibuat dengan huruf ungu dan putih dengan latar belakang ungu, kata Yahoo sendiri yang diakhiri dengan tanda seru. Dalam sebuah pernyataan di website dikatakan “kami ingin logo baru ini tetap pada seperti sedia kala yang terdiri dari warna ungu, dengan tanda seru dan agak unik”.
Logo Sebagai Spirit
Kembali pada logo Yahoo! pada saat diperkenalkan di tahun 1995, ketika itu setiap perusahaan berbasis internet selalu memperkenalkan diri dengan logo, tentunya sangat tergantung dengan perkembangan tehnologi ketika itu, dimana logo dibuat dengan clip art resolusi rendah.
Dengan CEO Marissa Meyer, maka team Yahoo! tetap menghargai performance team sebelumnya tetapi ingin menanamkan spirit bahwa Yahoo! memandang perkembangan ke depan dan semangat baru ini perlu diwakili dengan image logo yang baru, sekalipun tetap mempertahankan nama dan warna dasar ungu.
Uji Coba 30 Hari
Ternyata desing logo baru Yahoo! yang diajukan ada lebih dari 200 design yang pada dasarnya agak mirip-mirip, sangat susah untuk diputuskan mana yang baik dan mana yang buruk. Untuk sebuah design saja akan dipuji, namun dicela oleh yang lain, sehingga untuk menentukan design mana yang disukai oleh para customers Yahoo! dibuat uji coba logo selama 30 hari, dimana setiap hari calon logo baru dipublikasikan di Yahoo! baik news, email yang diganti setiap hari, lalu diminta response dari para pengunjung mana yang paling digemari.
Lalu pada hari Rabu (4/9) detentukan logo baru dari Yahoo! tersebut, seperti ini :
Kritik
Namun logo baru Yahoo! ini menuai banyak kritik dari sosial media, terutama setelah masa uji coba dan promosi selama 30 hari logo Yahoo! dinilai tidak terlalu berubah dari logo lama.
Bahkan ada yang secara kreatif membuat mesin pembuat logo seperti link dan contoh berikut ini :
(KN/KN/BL)