(Bussiness Lounge – Marketing) Logo perusahaan anda pastilah sesuatu yang sangat penting sebagai strategi branding, sebab logo ini akan mampu memberi janji bagi para pelanggan, menjadi sarana menunjukkan profesionalisme di balik brand ini, juga sangat berarti dalam menentukan kemenangan persaingan.
Tentunya bidang usaha yang satu akan berbeda strategi brandingnya dengan bidang usaha lainnya, namun dari beberapa strategi branding ini kita bisa melihat banyak design logo yang mampu mengungkapkan nilai dari perusahaan atau tujuan dari perusahaan yang tersimpan dalam sebuah gambar di dalam logo.
Berikut kita lihat beberapa gambar-gambar yang tersimpan di dalam logo perusahaan tersebut dan makna dari gambar tersebut :
1. FedEx
Ada gambar panah di dalam logo FedEx, dimana panah ini memberi arti sebuah kecepatan, ketepatan, sebuah janji kepada pelanggan bahwa FedEx akan mengirim barang dengan aman, terjamin dan tepat janji.
2. Amazon
Ada gambar “a” dan “z”, yang mempunyai arti bahwa perusahaan e-commerce ini menyediakan semua barang yang diinginkan pelanggan dari a sampai z, di sisi lain gambar panah ini juga menggambarkan sebuah senyum, dimana Amazon ini memberi kepuasan bagi para pelanggannya.
3. Toblerone
Ada gambar “beruang” yang ingin mengungkap nilai, bahwa Toblerone berasal dari Bern, Switzerland, sebuah kota yang dikenal dengan The City of Bears. Di sini Toblerone ingin menngungkap bahwa produk ini adalah warisan tradisional dari kota ini.
4. NBC
NBC adalah salah satu jaringan TV yang besar, di dalamnya tersembunyi gambar merpati dengan enam bulu pada ekornya yang adalah enam divisi ketika logo tersebut dibuat, dimana merpati tersebut menghadap ke depan, bukan ke belakang, berarti NBC akan memandang jauh langkah ke depan.
5. The Tour de France
Di dalam logo ini tersimpan gambar pada “0”, “u”, dan “r” menggambarkan seorang yang sedang mengendarai sepeda balap, yang merupakan gambar dari event ini.
6. London Symphony Orchestra
Design dari logo ini sepertinya hanya sebuah tarikan garis, namun singkatan “l’, “s”, “o” yang kepanjangannya adalah London Symphony Orchestra logo, juga merupakan gambar seorang conductor dengan tuksedo-nya sedang memimpin orchestra.
7. Baskin Robbins
Logo ini dibuat bertepatan dengan ulang tahun ke 30, sehingga diselipkan angka 31 pada logo Baskin Robbin yang menggambarkan makna bahwa memasuki usianya yang ke 31 tetap mempertahankan cita rasa aslinya yang sudah dipegang selama 30 tahun.
8. Museum of London
Logo ini menggambarkan deretan warna yang bentuknya adalah wilayah geografis dari kota London yang terus berkembang dari waktu ke waktu, dimana Museum ini akan menjadi tempat untuk mengungkapkan sejarah perkembangan kota London dari waktu ke waktu.
9. Sony Vaio
Dalam design ini ada tersimpan huruf “V” dan “A” yang memiliki arti signal analog, sedang “I’ dan “o’ menggambarkan tehnologi digital 1 dan 0. Sehingga logo ini menyampaikan pesan tehnologi dengan tidak memberi beban pada pelanggan sesuatu yang memusingkan, namun kesederhanaan dan kenyamanan.
10. Unilever
Sebagai perusahaan yang sangat besar untuk urusan makan, minumuman dan produk-produk lainnya, Unilever membuat logonya menggambarkan sifat dari bidang usahanya, maka gambar-gambar di dalamnya menunjukkan berbagai usaha yang dijalankan. Misal gambar hati yang menggambarkan kasih dan kesehatan.
11. Formula 1
Formula 1, selain angka 1 berwarna merah yang melambangkan kecepatan no satu memang merupakan sifat dari lomba ini, tetapi di antara “f” dan “1” ada juga angka 1, yang berarti deretan dari seri untuk mendapatkan nomor satu.
12. Carrefour
Perusahaan hypermarket dari Perancis dengan nama Carrefour yang artinya adalah irisan atau perpotongan, dalam logo ini ada tersembunyi huruf “C” yang merupakan irisan atau perpotongan dari dua anah panah dengan arah yang saling berlawanan, dimana maknanya adalah komitmen dari Carrefour kepada seluruh pelanggan yang datang dari berbagai arah bertemu di Carrefour.
13. Hershey’s Kisses
Ini adalah merek coklat yang sangat terkenal di AS, dari logo ini tidak tergambar sesuatu yang tersimpan, tetapi bila diamati dengan lebih dekat, diantara huruf “k” dan “I” adalah bentuk yang unik dari coklat Hershey’s Kisses tersebut.
14. Spartan Golf Club
Dari logo ini kita melihat gambar seorang pegolf yang sedang melakukan pukulan golf-nya dengan ayunan penuh, sedang di sisi yang lain gambar ayunan dan pegolf tersebut membentuk helm pajuang Spartan, jadi kedua makna tersebut secara pintar dipadukan di dalam logo ini.
15. Pittsburgh Zoo and Aquarium
Logo ini mengandung gambar dari kebun binatang yang sangat kreatif, kita amati di antara pepohonan tersebut tersimpan gambar gorilla, singa dan ikan-ikan yang sedang melompat.
Sebuah logo sering kali merupakan persepsi yang direkam di dalam ingatan para pelanggan, sehingga sangatlah penting untuk menyisipkan sebuah makna yang masuk di dalam benak para pelanggan dan terlebih lagi sangat diharapkan menjadi dorongan untuk membelanjakan produk anda.
(KN/KN/BL)