Mengapa Yahoo beli Tumblr $1,1 Miliar, Padahal Pendapatan 2012 hanya $ 13 juta ?

Yahoo! membeli Tumblr untuk $ 1.100.000.000 – yang telah disepakati pada Minggu malam. Dan faktanya bahwa akuisisi tersebut diumumkan dimana Tumblr hanya memperoleh pendapatan sebesar $ 13 juta pada tahun 2012, setelah memasukkan $ 125 juta dana investor dalam pembukuannya.

Dengan kondisi keuangan tumblr yang tidak terlalu menguntungkan seperti itu, mengapa Yahoo bahkan menganggap harganya demikian tinggi?

Untuk mendapatkan gambaran transaksi ini perlu kita lihat bahwa kesepakatan Yahoo-Tumblr sepertinya mirip yang dilakukan oleh Facebook dengan mengeluarkan kocek senilai $ 1 miliar untuk akuisisi Instagram pada tahun lalu.

Ternyata ada cukup banyak kesamaan antara cara Yahoo dan Tumblr untuk bisa bekerja sama yang saling menguntungkan sama halnya dengan cara Facebook dan Instagram bekerja sama sekarang ini.

Jelas terlihat bahwa bisnis Tumblr adalah embrio yang sangat baik untuk bisnis social media.

yahoo tumblr
David Karp & Marissa Mayer

CEO Tumblr David Karp sebenarnya adalah pribadi yang sangat tidak menyukai iklan pada tumblr, dia istilahkan “iklan hanya mengocok perutnya”. Karp lebih suka untuk menyempurnakan kepuasan para pengguna dan menambah jumlah penggunanya. Pada tahun 2011 tumblr mulai mencari dana secara sponsorship namun banyak yang menganggap hanya lelucon, yang kemudian pada tahun lalu mulai mencari iklan untuk tumblr.

Namun bagaimanapun juga terlihat upaya dari Tumblr belakangan ini secara serius berusaha melakukan monetizing atau mencari penghasilan dari aktifitasnya yang telah mencapai 90 juta posting setiap harinya dari 100 juta blogger pengguna tumblr.

Yahoo-Tumblr-Logo-Mash

Pola monetizing-nya mengingatkan kita pada apa yang dilakukan oleh Facebook hingga melangkah ke IPO dan lalu melakukan akuisisi Instagram :

  • Tumblr telah mulai menawarkan iklan pada micro blog untuk para pengguna ponsel, hal ini seperti Facebook melakukan upaya iklannya.
  • Tumblr mulai menunjuk Lee Brown, dari Groupon untuk mengepalai bagian periklanan. Mirip juga dengan langkah Facebook mempekerjakan Carolyn Everson dari Microsoft untuk menangani iklan, ini menciptakan arus uang masuk melalui iklan.
  • Tumblr telah menunjuk Creative A-List sebagai pemasok iklan secara resmi, sebagaimana Facebook juga melakukannya.
  • Tumblr telah menciptakan mekanisme analitik bagi para pemasang iklan, sehingga mereka sangat terinformasi dari hasil belanja iklannya di Tumblr.
  • Tumblr mengalami hal yang sama dengan Facebook, bahwa para pemasang iklan dengan konten yang membosankan akan menurun kinerja iklannya, maka diciptakan konten-konten gratis yang menarik untuk mendukung kinerja iklan tersebut.

Orang sering salah sangka bahwa Tumblr seperti bukan platform blogging, namun bagi pengguna tumblr merupakan keasyikan tersendiri dimana saling follow sehingga tumblr merupakan micro blog yang juga sebagai news feed antar teman sehingga bisa saling mengirimkan pesan satu dengan yang lain.

Yahoo Chief Executive Marissa Mayer speaks at a news conference in New York
Marissa Mayer – Yahoo! CEO

Kaum muda juga menyukai Tumblr karena kegiatannya ber-tumblr masih kurang dikenal sehingga tidak dianggap sedang bersosial media yang kadang sering dianggap kegiatan yang membuang-buang waktu.

Jadi Tumblr adalah sebuah dashboard feed yang jelas akan mudah untuk menghasilkan uang di masa depan, seperti halnya Facebook dan Instagram. Itulah sebabnya $ 1.100.000.000 tiba-tiba bukan lagi menjadi sesuatu yang gila, sementara Marissa Mayer berani bertaruh dengan mulai dengan pendapatan hanya $ 13 juta.

(KN/KN/BL)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x