(The Manager’s Lounge – Sales&Marketing), Banyak hal yang sangat menarik ketika kita berbelanja secara online. Dari produk yang tidak dapat dilihat secara langsung, ketersediaan stok yang harus harus melalui konfirmasi terlebih dahulu, penjual yang kurang cepat tanggap dan lain sebagainya.
Beberapa waktu yang lalu saya berbelanja melalui salah satu online store, setelah memilih beberapa produk, menanyakan stok yang tersedia dan akhirnya mendapatkan jawaban yang diinginkan. Memang saat mendapatkan informasi ketersediaan stok tidak dapat dikatakan cepat, karena dibutuhkan waktu sampai setengah hari untuk memperoleh jawaban.
Saat itu saya setuju untuk membeli beberapa produk dan ketika ada penambahan pesanan maka informasi ketersediaan stok tidak dengan cepat diperoleh. Alhasil konfirmasi pesanan baru dapat dilakukan keesokan harinya. Seandainya saya tidak mau menunggu terlalu lama, mungkin saya akan mencari online store yang lain yang dapat melayani saya dengan lebih cepat.
Cepat tanggap merupakan salah satu hal yang sangat penting yang harus dimiliki oleh pelaku bisnis online shopping. Memang informasi yang dibutuhkan tidak secepat ketika berbelanja di department store atau tempat-tempat sejenisnya. Hal tersebut disebabkan produk yang ditawarkan tidak dapat dilihat secara langsung. Misalnya untuk produk fashion, pertanyaan yang sering ditanyakan ukuran baju, terbuat dari bahan apa, apakah warna sesuai dengan gambarnya dan lain sebagainya. Jika informasi yang dibutuhkan tidak segera diberikan, bisa jadi pelanggan akan beralih kepada online store yang lain.
Untuk mengatasi hal tersebut maka beberapa hal dapat dilakukan :
1. How to make customers know your products? Tampilkanlah gambar yang menarik dan jelas dari produk yang ditawarkan. Sebenarnya tidak banyak gambaran yang didapatkan jika hanya menampilkan satu gambar, apalagi jika produk tersebut tersedia dalam beberapa warna. Anda dapat menampilkan gambar dari produk yang ditawarkan dari berbagai sisi atau gaya. Dan jika produk yang tersedia dalam beberapa warna, dapat juga ditampilkan produk tersebut dalam warna lain. Buatlah semenarik mungkin, sehingga pelanggan dapat memperoleh gambaran yang jelas dari produk yang ditawarkan dan tertarik untuk membelinya.
2. How to make customers know information about your products? Tampilkan informasi yang sejelas-jelasnya dari produk tersebut. Informasi umum sangat diperlukan oleh pelanggan, misalnya untuk produk fashion informasi yang dapat ditampilkan ukuran yang tersedia, warna yang tersedia, terbuat dari bahan apa produk tersebut dan yang sangat penting adalah harga dari produk yang ditawarkan. Informasi yang ditampilkan secara lengkap dapat membuat pelanggan memperoleh gambaran dari produk yang dilihat. Hal tersebut menghindari pelanggan untuk bertanya berulangkali melalui customer service. Infomasi yang sejelas-jelasnya sangat memudahkan bagi kedua belah pihak. Sebab sangatlah merepotkan ketika produk yang ditawarkan tidak dicantumkan harga, sehingga pelanggan harus bertanya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut. Untuk memudahkan pelanggan, maka hal yang harus dilakukan bagi pelaku bisnis online adalah mengupdate informasi tersebut sesering mungkin, jika ada perubahan. Misalnya warna tertentu sudah habis atau ukuran yang tersedia saat ini dan lain sebagainya.
3. How to make customers know how to get your products? Peraturan pembelian yang jelas harus dicantumkan. Ini merupakan hal sangat penting. Tampilkanlah peraturan yang jelas tentang cara pembelian yang dapat dilakukan oleh pelanggan. Cantumkan informasi yang sejelas-jelasnya, misalnya biaya pengiriman yang akan ditambahkan sesuai dengan lokasi jauh dekatnya pelangan. Cara pembayaran yang dapat dilakukan oleh pelanggan, misalnya melalui transfer bank, credit card dan lain sebagainya. Hal ini sangat memudahkan pelanggan untuk memutuskan dengan cara apa pelanggan akan melakukan pembayaran.
(Mevy Sinambela/IK/TML)