Corporate University – Sarana Mencetak Pemimpin

(The Manager’s Lounge – HR) Kemanakah perusahaan harus mengirimkan pegawai atau calon-calon pimpinan perusahaan untuk dididik di suatu lembaga pendidikan yang sesuai dengan nilai-nilai dan kebutuhan perusahaan ? Universitas terbesar atau business school yang terkenal ? Mungkin ya, namun kalau perusahaan menginginkan yang ‘taylor made’ dan mampu menjawab kebutuhan pendidikan calon pemimpin adalah melalui corporate university. Saat ini tidak semua orang sependapat bahwa sekolah bisnis terbaik adalah Harvard Business School. Sebagian orang menjawab GE Campus di Crottonville, USA. Sebab berdasar survei, kampus GE ini lebih banyak menghasilkan CEO dan business leaders yang hebat dibandingkan dengan sekolah bisnis manapun di dunia ini. Disinilah, segenap manajer GE dari seluruh dunia digembleng untuk menjadi pemimpin yang mampu menggerakkan roda bisnis GE. Seperti dikatakan oleh Jack Welch ketika masih menjabat sebagai CEO GE, GE Campus adalah salah satu elemen terpenting bagi kegemilangan prestasi bisnis GE.

Dalam konteks Indonesia, kita mengenal Astra yang memiliki kampus bernama Astra Management Development Institute (AMDI). Bank Danamon dengan Danamon University yang berlokasi di Kampus Danamon Gadog. Beberapa bank dan perusahaan asuransi seperti AIG, Allianz juga memiliki corporate university yang bermitra dengan lembaga pendidikan formal. TNI AD memiliki SESKOAD yang mungkin layak dianggap sebagai salah satu kampus yang paling teruji dalam mencetak future leaders bagi pemerintah Indonesia.

Sarana Pembentukan Calon Eksekutif
Sejumlah perusahaan yang disebut diatas merupakan contoh organisasi yang percaya akan keampuhan corporate university bagi peningkatan kapasitas SDM mereka. Konsep corporate university ini adalah – tempat dimana para karyawan menjalani proses pendidikan dan pelatihan yang terpadu dan sistematis sebagai layaknya pendidikan di universitas. Sebuah wadah dimana suatu perusahaan/organisasi menggembleng calon-calon eksekutifnya untuk masa depan.

Langkah-langkah Pembentukan Corporate University (CU)
Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk pembentukan sebuah corporate university. Apabila perusahaan anda belum memiliki perencanaan akan hal ini untuk jangka waktu dekat, minimal hal ini menjadi wacana atau inspirasi untuk menyiapkannya step-by-step.

1. Tentukan goals atau tujuan utama pembentukan CU
• Menciptakan sistim pendidikan calon pemimpin dengan pembekalan materi pendidikan yang terorganisir.
• Mengoptimalkan investasi biaya pendidikan pegawai
• Mengakomodir tuntutan perubahan-perubahan yang terjadi di perusahaan
• Internalisasi budaya perusahaan melalui media pendidikan dan kebersamaan di kampus
• Meningkatkan loyalitas dan rasa memiliki perusahaan, yang ujungnya akan mengurangi turn over pegawai khususnya orang-orang kunci.
• Meningkatkan citra perusahaan dimata publik

2. Tentukan tahap-tahap perencanaan yang diperlukan
Beberapa tahap perencanaan yang diperlukan untuk mengimplementasikan CU yang kompeten pada suatu perusahaan antara lain:
• Persetujuan dan arahan yang jelas dari top management tentang organisasi CU yang dikehendaki
• Ada visi yang jelas dan dapat diterjemahkan dengan detil dan terukur ke dalam strategi dan program-program pendidikan.
• Menetapkan struktur organisasi, pihak-pihak atau divisi terkait sampai pada rencana anggaran.
• Menyiapkan rencana sistim pengajaran, pengajar dan peserta serta administrasi pendidikan. Termasuk penetapan lembaga pendidikan atau training provider yang akan diajak bekerjasama.
• Perencanaan sarana dan prasarana fisik serta sistem dan teknologi yang diperlukan untuk sebuah CU dapat beroperasi dengan baik.

3. Mendisain curriculum yang comprehensive
• Menyusun modul-modul pendidikan dan pelatihan sesuai kebutuhan, serta metodologi pengajaran yang akan digunakan — baik berupa metode class room lecturing, outdoor activities, on the job learning, e-learning ataupun action-based training. Perancangan modul harus mengacu kepada profil kompetensi yang dibutuhkan, sehingga mampu menjawab kebutuhan pengembangan kompetensi para pegawai.

4. Membuat metode evaluasi efektifitas program pendidikan
• Hal yang tidak kalah penting untuk disiapkan adalah metode untuk mengevaluasi efektivitas program pendidikan dan pelatihan yang telah diberikan kepada para peserta pendidikan. Proses evaluasi ini mencakup tingkat kepuasan peserta akan program-program pendidikan yang telah mereka ikuti dan menguji sejauh mana materi pendidikan mampu diaplikasikan secara rill di tempat kerja, serta mampu meningkatkan perilaku dan kinerja karyawan dalam konteks situasi nyata di dunia persainingan yang semakin menuntut kompetensi yang prima.

Terakhir, untuk kelangsungan dan kemajuan lembaga ini sampai benar-benar menghasilkan para pemimpin perusahaan yang tangguh, diperlukan komitmen dan support terus menerus dari senior management dan internal communication yang terjalin baik antar stake holder atau bagian terkait.

Pic :
Emy Trimahanani/ET/vbm (disarikan dari berbagai sumber)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x