Mengenal Key Performance Indicator – 3

(The Manager’s Lounge – Strategic), Kita telah mengetahui perbedaan antara PI dan RI. Jika PI menyampaikan kepada manajemen dan staf mengenai apa yang harus mereka lakukan, maka RI menjelaskan kepada karyawan apa yang sudah mereka lakukan.

PI , walaupun penting, bukanlah kunci dari bisnis. PI membantu tim untuk menyelaraskan tindakan mereka dengan strategi organisasi. PI sendiri juga melengkapi KPI.

Contoh-contoh PI meliputi:
• Persen peningkatan penjualan dari sepuluh pelanggan terbesar
• Jumlah saran karyawan yang diimplementasikan pada 30 hari terakhir
• Komplain dari pelanggan-pelanggan penting
• Panggilan yang direncanakan untuk satu dua minggu ke depan
• Keterlambatan pengiriman untuk pelanggan penting

Sementara itu contoh-contoh RI meliputi:
• Laba pada lini produk
• Penjualan kemarin
• Penjualan minggu ini kepada pelanggan utama
• Jumlah collection utang minggu ini

Lalu bagaimana memanfaatkannya?

KRI merupakan indicator hasil dari aktivitas selama satu periode waktu, misalnya satu bulan atau satu kuartal. Sementara itu, KPI bagi organisasi Anda adalah ukuran yang digunakan untuk saat ini maupun di masa depan. KPI umumnya dimonitor terus menerus selama tiap hari, 24 jam. KPI adalah ukuran untuk saat ini dan masa depan, bukannya lalu. Kebanyakan, organisasi menggunakan ukuran masa lalu, yang mengukur peristiwa di bulan/kuartal lalu. Indikator ini bukanlah KPI. Inilah alasan mengapa survei kepuasan pelanggan tiap enam bulan bukanlah KPI..

KPI yang baik harus dapat memberitahu Anda tindakan apa yang perlu dilakukan. Misalnya kasus keterlambatan pesawat, KPI mengkomunikasikan kepada semua orang bahwa harus ada fokus kepada waktu. Semua orang yang terlibat akan melakukan perbaikan dalam hal waktu dan berusaha meningkatkan layanan.

KPI juga bisa dikaitkan dengan individual. Sehingga, CEO bisa saja datang ke seorang karyawan dan bertanya ”Mengapa?”. ROCE, misalnya, tidak akan bisa menjadi KPI karena merupakan hasil dari aktivitas beberapa manajer. Anda tidak akan bisa datang kepada seorang manajer dan berkata ”tolong naikkan ROCE sekarang”

KPI akan mempengaruhi faktor sukses terpenting dan juga perspektif balanced scorecard. Dalam kata lain, ketika seorang CEO berfokus kepada KPI dan karyawan mengikutinya, maka organisasi tersebut akan mencapai tujuan dari segala arah.

KPI juga mempunyai dampak terhadap ukuran kinerja lainnya. Mengurangi jam keterlambatan pesawat, misalnya, akan meningkatkan kinerja melalui pelayanan yang lebih baik.

(Rinella Putri/RF/TML)

pic: dreamstimes.com

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x