Memperkenalkan Inisiatif Produktivitas

(Business Lounge – Operate Efficiently) Pada perusahaan yang memiliki proses manajerial secara efektif, baik dan solid terdapat banyak teknik untuk meningkatkan produktifitas yang dapat dilakukan. Meskipun kemampuan teknis tersebut penting dilakukan, implementasi sistem baru akan dihargai cukup mahal dan berakibat pada pengurangan produktivitas. Memberlakukan teknik manajerial yang inovatif akan lebih murah dan meningkatkan produktifitas serta menghadang hambatan budaya pada produkivitas.

Bagaimana mengukur produktivitas?

Produktivitas diukur melalui identifikasi nilai output dibagi dengan biaya input. Produktivitas dapat diukur pada term keuangan atau mensimplifikasi melalui kuantitas. Sebagai contoh, jika tim individual memproduksi laporan informasi, produktivitas dapat diukur melalui kalkulasi jumlah laporan yang dituliskan oleh masing-masing karyawan pada beberapa waktu. Mengukur produktivitas penting untuk mengidentifikasi apakah produktivitas meningkat atau tidak.

Beberapa inisiatif baru akan memakan waktu pada pencapaian hasil. Inisiatif yang bergantung pada tanggungjawab para staff dapat bervariasi pada beberapa level waktu berdasarkan budaya organisasi. Pekerja dapat tertantang dalam menghadapi proses baru terutama manakala mereka telah bekerja pada waktu yang cukup lama.

Terdapat beberapa hal yang harus dihindari manakala mengaplikasikan inisiatif produktifitas. Beberapa hal tersebut antara lain :

1. Anda memperkenalkan proses yang tidak pas bagi pekerja Anda
Diamlah sebelum membuat beberapa perubahan dan fikirkanlah teknika terbaik bagi tanggung jawab manajemen Anda. Kebanyakan dari kita mencoba memperkenalkan proses yang tidak tepat bagi tim serta menyebabkan ketidak efektifan dan membuang waktu Anda. Melalui inisiatif untuk meningkatkan produktivitas akan menginvestasikan waktu dan energi.

2. Anda menggunakan perilaku “Mempekerjakan dan Memecat”yang tidak tepat
Anda harus mengindari manakala karyawan Anda tidak cocok dengan pekerjaan saat ini sebelum memberikan mereka tanggung jawab pada teknik yang baru. Mengambil aksi drastic dan memindahkan karyawan (memecat) merupakan aksi yang terakhir jika segala cara telah gagal. Namun, sebelumnya Anda harus memberikan kesempatan pada mereka untuk meningkatkan produktivitas dan meyakinkan mereka akan bertanggungjawab pada teknik yang Anda ciptakan

3. Kegagalan Anda untuk berfokus pada bagaimana organisasi Anda berfokus pada peningkatan produktivitas
Manakala peningkatan produktivitas telah diciptakan dan pekerja memproduksi peningkatan jumlah output, terdapat dua cara dimana organisasi mendapatkan keuntungan :
• Organisasi dapat menghasilkan peningkatan pendapatan pada kondisi dimana peningkatan konsumen meningkat sejalan dengan peningkatan output
• Organisasi dapat memperendah biaya overhead melalui pengurangan jumlah staff tetapi tetap mempertahankan kuantitas output.

Mengerti mengenai organisasi Anda dan bagaimana mendapatkan keuntungan terbaik dari produktivitas penting untuk meyakinkan hasil yang terbaik bagi Anda dan perusahaan Anda.

Business Lounge/VMN/BL

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x