(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Jika kita menjual atau memasarkan suatu produk atau jasa, sudah pasti kita mengharapkan keuntungan yang sebesar-besarnya. Kita selalu mengharapkan agar hasil pendapatan kita dari pemasaran produk dan jasa yang kita hasilkan lebih besar daripada biaya pengeluaran kita untuk menghasilkan suatu produk dan jasa.
Tetapi, untuk mempertahankan keuntungan terus-menerus kita bukan hanya sekedar mengharapkan pemasukan yang besar, melainkan kita juga harus mengharapkan agar kita bisa memenangkan banyak sisi penting dari konsumen, yaitu dari sisi pikiran, hati, dan juga uang dari konsumen tersebut. Berikut akan dibahas mengenai bagaimana memenangkan konsumen dari bebeberapa sisi yang penting.
Memenangkan Pikiran Konsumen
Pikiran konsumen dapat dimenangkan dengan cara selalu memberitahukan hal-hal yang positif mengenai produk kita. Selain itu, menanamkan pemikiran positif dalam benak konsumen dapat dilakukan dengan cara periklanan yang terus-menerus.
Periklanan dapat membantu untuk menanamkan brand image di benak konsumen. Suatu produk, bila tidak diiklankan terus-menerus lambat laun akan mengakibatkan penurunan di dalam penjualannya, karena meskipun suatu produk merupakan produk yang sudah dikenal di masyarakat, produk tersebut bisa saja mulai dilupakan oleh konsumen.
Periklanan yang dilakukan juga bisa memanfaatkan figur seorang konsumen yang telah merasa puas dengan produk atau jasa yang dihasilkan, atau bisa juga dengan menggunakan jasa selebritis atau model dengan paras yang menarik. Hal tersebut akan membantu menanamkan kesan positif konsumen terhadap produk tersebut dan hal tersebut merupakan sarana bagi kita untuk memenangkan pikiran konsumen.
Memenangkan Hati Konsumen
Memenangkan hati konsumen dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain dengan pelayanan yang baik dan juga memberikan gift kepada konsumen. Pelayanan yang baik bisa dimulai dengan cara yang sederhana, seperti mau memberikan senyum kepada konsumen dan melayani dengan tutur kata yang ramah. Setelah konsumen melakukan transaksi, kita juga jangan lupa untuk mengucapkan kata ”Terima kasih Pak/Bu”. Ucapan terima kasih yang kita berikan akan menimbulkan kesan positif di hati konsumen karena dengan ucapan tersebut, konsumen akan merasa dihargai.
Konsumen yang sudah merupakan pelanggan kita, harus kita perlakukan sebaik mungkin, karena melalui mereka maka kita akan mendapatkan calon konsumen lain. Salah satu cara pemasaran yang efektif adalah melalui word of mouth atau pemasaran dari mulut ke mulut. Pemasaran dengan cara word of mouth dapat terjadi jika kita memperlakukan konsumen kita dengan pelayanan yang baik dan memuaskan, karena dengan pelayanan yang baik, mereka akan dengan senang hati mempromosikan produk atau jasa kita kepada orang lain.
Selain itu, perlakuan khusus kepada konsumen yang sudah menjadi pelanggan kita bisa dilakukan dengan memberikan gift pada suatu kesempatan pembelian, atau dalam beberapa kesempatan, dapat diberikan potongan harga khusus bagi pelanggan tetap yang menggunakan produk atau jasa kita.
Memenangkan Uang Konsumen
Ketika konsumen sudah memiliki pemikiran positif mengenai produk kita dan sudah ”jatuh hati” kepada produk atau jasa yang kita hasilkan, maka ia tidak akan ragu untuk mengkonsumsi produk atau jasa kita secara terus-menerus. Apabila kita telah mencapai tahap tersebut, maka kita telah memenangkan uang konsumen. Ketika kita telah sampai pada tahap ini, kita jangan cepat berpuas diri, melainkan harus terus menjaga kualitas dari produk kita dan membina hubungan yang baik secara terus-menerus dengan konsumen, karena apabila kualitas produk kita telah menurun dan kita memiliki masalah dengan konsumen, maka pada akhirnya konsumen akan menolak untuk menggunakan produk dan jasa kita.
(Fanya Jodi/AA/TML)