Unsur-Unsur Penting Dari Strategi Pemasaran

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Strategi pemasaran terdiri dari beberapa unsur yang saling terkait. Yang pertama dan paling penting adalah memilih pasar yang akan kita dilayani.  Setelah itu unsur yang tidak kalah pentingnya adalah perencanaan produk. Perencanaan produk  meliputi spesifikasi dari produk yang akan dijual, susunan dari  produk  dan desain penawaran secara individu. Unsur lainnya adalah sistem distribusi,  penjualan secara  grosir dan eceran dimana  produk akan dipasarkan dan  akhirnya jatuh ketangan konsumen.

Strategi  pemasaran selanjutnya adalah strategi komunikasi dengan  menggunakan iklan untuk me nginformasikan kepada pelanggan pot ensi kegunaan   dari produk  tersebut  melalui radio, televisi, e mail , dan brosur  dan personal selling .  Strategi  diatas bertujuan mempromosikan produk kepada pelanggan supaya akhirnya pelanggan tertarik dan membeli produk tersebut.

Price atau harga merupakan unsur yang penting dari setiap program pemasaran yang perusahaan anda lakukan.  Perusahaan harus menetapkan harga produk sesuai dengan tingkatan atau   kelas dari pelanggan yang akan anda tuju atau merupakan sasaran penjualan produk anda.

Dan tergantung pada sifat dari produk yang   anda jual,   untuk beberapa perusahaan  bantuan teknis yang diberikan kepada pelanggan sangat penting bagi keberhasilan pemasarannya. Dalam banyak bidang usaha / bisnis, kredit bagi pelanggan merupakan unsur yang  penting dalam  program pemasaran nya . Perusahaan yang ber gerak di bisnis pompa bensin, toko ritel  misalnya, harus memberikan kredit hanya untuk bersaing dengan bisnis -bisnis sejenis yang ada .

Untuk  perusahaan yang bergerak dalam bisnis   peralatan industri, bahan baku, dan perlengkapan kantor maupun rumah tangga, dapat memberikan layanan  di mana produk dapat dikirimkan hanya dalam jarak tertentu dari pabrik ataupun lokasi pabrik. Hal tersebut merupakan salah satu strategi pemasaran yang cukup efektif.

Selain itu “ Nama Merek ‘” dari produk anda juga merupakan   unsur  penting dari sebuah strategi pemasaran yang berhasil.  Sebuah perusahaan mungkin harus memilih antara menggunakan nama keluarga sebagai mere k nya (seperti Kraft untuk keju, selai, jeli) atau nama yang berbeda (seperti Lite untuk minum an  bir yang dibuat oleh Miller Brewing Company).

Penekanan pada aspek-aspek tertentu dari strategi pemasaran akan sangat bervariasi, bahkan di antara kompetitor yang  menjual produk yang sama dan memiliki target market  yang sama dengan perusahaan.  Penekanan terhadap aspek-aspek tertentu tersebut akan bergeser juga, dari waktu ke waktu se suai dengan  perubahan kondisi pasar yang ada.   Dan pada satu tahap perusahaan dapat memperoleh keunggulan  melalui inovasi-inovasi produk -produk  ba ru maupun penjualan produk yang sama dengan kompetitor dengan harga yang lebih rendah.

Demikianlah dengan memperhatikan unsur-unsur penting diatas dalam menjalankan strategi marketing bagi perusahaan anda maka perusahaan anda akan meningkatkan nilai jual yang lebih lagi dan profit yang signifikan.

 

 

(Debbie Kusuma/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x