Positioning Yang Tepat, Penjualan Meningkat

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Sebuah bangunan megah, dipusat kota Jakarta Selatan, berdiri  salah satu Pusat Perbelanjaan yang bisa tetap berhasil eksis di kawasan ini, walau kawasan ini memiliki beberapa pusat perbelanjaan lain seperti Blok M Mall, Pasaraya Sarinah dan Melawai Plaza.

Blok M Plaza dibangun sebelas tahun yang lalu, merupakan Pusat Perbelanjaan 7 lantai dengan fasilitas parkir bertingkat 13 untuk menampung kendaraan pengunjung yang hadir ke Pusat Perbelanjaan ini. Ditengah usianya yang mencapai 20 tahun, Blok M Plaza masih tetap menjadi pilihan masyarakat untuk berbelanja dan seakan memberikan bukti bahwa Pusat Perbelanjaan yang telah berusia lanjut dengan perawatan dan operasional yang baik tidak akan kalah dengan Pusat Perbelanjaan lainnya yang baru dibangun.

Lokasi yang strategis merupakan modal dasar dan juga letaknya di persimpangan ramai antara jalan Melawai, Panglima Polim dan merupakan salah satu perlintasan utama dari penduduk Jakarta di daerah Selatan yang menuju ke daerah pusat kota Jakarta.

Salah satu kunci sukses keberhasilan suatu Pusat Perbelanjaan adalah positioning yang tepat, dan ini berarti harus adanya konsistensi antara pasar yang dibidik dan tenant yang menyewa di Pusat Perbelanjaan ini. Blok M Plaza adalah salah satu Pusat Perbelanjaan yang dapat dikatakan berhasil dalam hal ini, dengan membidik pasar menengah yang berada disekitar area ini, Plaza Blok M juga menempatkan tenant yang sesuai dengan target pasar ini.

Keberhasilan ini ditandai dengan ramainya pusat perbelanjaan ini dan juga tingkat occupancy rate yang tinggi dari Pusat Perbelanjaan ini, dan hampir dapat dikatakan tidak ada area kosong yang tidak diisi oleh tenant di Blok M Plaza.

Yang menjadi pendukung utama bagi mall ini , ada beberapa anchor tenant yang mengisi ruang di Blok M Plaza ini yaitu: Matahari Dept Store, Giant, 21 Cineplex dan juga family entertainment center. Disamping beberapa anchor tenant tersebut, harus diakui bahwa keberadaan restoran dan food court juga mempunyai pengaruh besar atas tingkat kunjugan suatu Pusat Perbelanjaan, dan untuk itu Blok M Plaza juga berhasil menarik beberapa restoran yang telah memiliki nama dan brand image kuat antara lain adalah Solaria, Texas Fried Chicken, Pizza Hut, Hoka – Hoka Bento, Kentucky Fried Chicken,  dan lainnya. Tidak ketinggalan juga beberapa café hadir mengisi tempat yang cukup strategis di Blok M plaza ini yaitu: Excelso, Coffee Bean dan Kopi Luwak. Satu yang special di Blok M Plaza ini adalah adanya shooting range yang terletak di dalam area family entertainment center, dan ini (mungkin) satu satunya Pusat Perbelanjaan yang menyediakan area Shooting Range di dalam mall dengan harga sewa yang sangat terjangkau. Disamping tentant – tenant tersebut di Blok M Plaza ini kita juga dapat menemukan dengan mudah beberapa pusat perawatan kecantikan (salon), toko aksesories serta beberapa pet shop.

Positioning yang tepat, bangunan yang terawat dengan baik, variasi tenant yang beragam tetapi tetap sesuai dengan target market yang dituju, promosi dan distribusi informasi mengenai program yang ada melalui website, serta program– program yang regular maupun insidentiil adalah beberapa faktor yang mendukung eksistensi dan membuat Blok M Plaza tetap menjadi pilihan masyarakat untuk berbelanja maupun berekreasi.

 

 

(Ita Ratna/AA/TML)