Putting Marketing on ROIDs

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Perusahaan-perusahaan pada masa kini menginginkan pemasaran mereka ke arah yang berfokus pada konsumen di masa depan. Mereka ingin melengkapi strategi pemasaran tradisional 4P (product, price, place, dan promotion) dengan beberapa elemen baru yang lebih kuat.

Responsibility Marketing (pemasaran bertanggung jawab), termasuk tanggung jawab sosial, pemasaran ramah lingkungan dan berkesinambungan.

Organizational Leadership (kepemimpinan organisasi) membutuhkan pemasaran untuk meningkatkan rantai nilai sebanyak mungkin.

Insigths about Customers (wawasan tentang konsumen), berdasarkan pada teknik-teknik analisis baru yang menggantikan riset pasar yang lama.

Digital Marketing (pemasaran digital), mengharuskan perusahaan untuk menguasai media yang cepat berubah.

Dari unsur diatas – responsibility marketing dan digital marketing – dipicu oleh konsumen. Konsumen semakin menegaskan bahwa perusahaan harus bertindak secara bertanggung jawab dan para marketer harus mampu menyampaikan kinerja perusahaan kepada pubilk. Konsumen juga jauh lebih mudah ditemukan diberbagai media digital saat ini dan kemanapun konsumen pergi, marketer harus mengikuti.

Dua unsur lainnya – organizational leadership dan insights customers – merupakan prinsip operasi. Sama seperti perilaku korporat yang bertanggung jawab akan diterapkan ke seluruh area operasi, perspektif konsumen harus menjadi prinsip pemandu seluruh organisasi.

Hal itu berarti eksekutif pemasaran harus bekerja sepanjang rantai nilai dan dimana saja konsumen berkontak dengan merek. Untuk mengumpulkan wawasan tentang konsumen perusahaan memerlukan kemampuan analisis yang jauh lebih mendalam dari pada riset pasar tradisional.

Keempat unsur di atas berfokus pada pengumpulan pengetahuan, bukan hanya meningkatkan teknik pemasaran.
Dalam responsibility marketing saja, pengetahuan yang diperlukan berkisar dari pemahaman tentang tanggung jawab sosial, pemasaran ramah lingkungan dan juga praktek tenaga kerja asing. Organizational leadership membutuhkan pengetahuan tentang cara setiap tahap dalam rantai nilai dapat meningkatkan nilai tambah bagi pelanggan. Customer insights bergantung pada teknologi baru seperti web analytics. Digital marketing berarti memahami sejumlah media digital, tetapi jaringan sosial berarti pengetahuan tentang dinamika sosial, bukan hanya perilaku konsumen.

 

 

 

(Rutch Helena/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x