Pentingnya Daftar Prospek Bagi Seorang Marketing

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Sebagai seorang marketing, membuat daftar dari prospekan yang menjadi target Anda adalah sangat penting. Hal ini tentu saja membuat Anda tetap fokus kepada orang-orang yang menjadi target Anda sehingga kesempatan untuk closing pun menjadi semakin besar.

Diperlukan konsistensi dan sikap tetap fokus dari seorang marketing dalam melakukan penjualan. Seringkali orang-orang yang kita temui tidak langsung mengambil keputusan untuk membeli produk dan jasa yang kita jual . Mereka masih pikir-pikir atau ada faktor-faktor lain apalagi untuk harga produk atau jasa yang tinggi. Karena itu seorang marketing harus mendaftarkan calon prospekannya dengan kategorinya masing-masing. Sehingga setiap orang akan terfollowup dengan baik dan tidak ada yang tercecer. Anda dapat memulainya dengan mendaftarkan semua prospekan anda yang potensil, kemudian kalsifikasikan menurut kriteria bisa atau tidak untuk closing. Daftar ini dapat terus diupdate sehingga jika ada perkembangan Anda juga dapat langsung menuliskannya.

Daftar yang Anda buat akan sangat menolong untuk Anda melakukan follow up berikutnya. Dalam membuat daftar prospekan ini yang perlu Anda perhatikan adalah :

– Daftarkan nama-nama prospekan yang potensil saja dengan kategori Anda memprediksi dia dapat closing. Hal ini akan mempermudah Anda untuk fokus pada orang-orang yang potensil saja. Hindari daftar nama orang2 baru yang belum Anda ketahui kategorinya, ini malah akan membingungkan Anda dan membuat tidak fokus.
– Tuliskan dengan lengkap dan jelas nama, nomer telp, alamat email serta hasil dari follow up terakhir Anda. Ini akan memudahkan Anda mengingat apa yang telah Anda kerjakan terakhir dan apa response dari prospekan Anda tersebut sehingga Anda dapat menentukan langkah apa yang dapat Anda lakukan selanjutnya , apakah Anda akan terus melakukan pendekatan atau menghapuskannya dari list Anda.
– Tentukan strategi-strategi apa yang akan Anda lakukan setelah Anda mengklasifikasikan setiap daftar prospekan Anda menurut kategori2 yang ada.

Daftar prospek ini akan memudahkan Anda dalam mengambil keputusan dan membuat target-target berikutnya dalam bermarketing, tentu saja dengan tujuan supaya Anda dapat cepat dan semakin banyak closing.

 

 

(Indriani Vera/AA/TML)

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x