(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Dunia sales adalah dunia yang sangat dinamis, penuh tantangan dan apabila berhasil maka benar – benar dirasakan puncak kenikmatan daripada keberhasilannya itu. Dengan kata lain sama seperti high risk high gain. Keberhasilan seorang sales bukan semata tergantung dari apa yang dia jual namun keberhasilan itu sendiri tergantung dari diri sang sales itu sendiri.
Seorang Sales tiap tiap hari harus menyadarkan dirinya sendiri bahwa dia adalah seorang pemenang. Pemenang terhadap apa? Pemenang terutama terhadap diri sendiri; kadang kala mood seseorang menentukan sikap / tindakan / emosi dan lain sebagainya. Namun seorang sales apabila ingin melihat keberhasilan dalam perjalanan karirnya, dia harus menang dulu dalam mengatasi moodnya yang kadang datang menyerang. Dengan kata lain: “SAY NO” to moody.
Seorang Sales harus memiliki insting dan mata elang dalam melihat suatu prospek yang ada di depannya. Tidak boleh menyerah dalam satu kesempatan yang jelas jelas saat ini sedang tertutup; harus memandang jauh ke depan bahwa pasti ada peluang dan kesempatan di masa mendatang sehingga harus selalu dicoba dan coba lagi sampai berhasil dan selalu positive thinking serta optimis.
Seorang sales adalah seorang yang harus berjiwa besar. Dunia bisnis adalah dunia yang kejam, terkadang kita tidak dapat membedakan siapa kawan dan siapa lawan. Yang tetap bertahan dalam hal ini adalah “kepentingan”. Namun jangan pernah berkecil hati karena selalu terjadi ditengah keberhasilan pasti ada kegagalan dan sebaliknya. Seorang sales harus selalu tersenyum, ramah dan panjang sabar.
Berbagai karakter manusia silih berganti akan dihadapinya. Posisikan diri kita sebagai seorang yang harus selalu member pelayanan terbaik dalam kondisi dan cuaca apapun; pengalaman ini akan membuat kita menjadi semakin kaya dalam menjalani hidup sebagai seorang manusia. Best service is a must.
Bagi seorang sales adalah pantang untuk mengatakan bahwa “Saya tidak bisa”. Sepanjang itu dikerjakan oleh seorang manusia, dan berhasil maka Andapun dapat melakukannya. Ada semboyan mengatakan bahwa: “You never try, you never know…”
Jadikan semua orang yang Anda kenal baik yang sudah lama maupun yang masih baru adalah sebagai sumber potensi keberhasilan bisnis Anda dimasa yang akan datang. Mungkin saat ini Anda tidak memerlukannya, namun suatu hari kelak bisa saja Anda sangat membutuhkannya. Networking adalah harta kekayaan seorang sales.
(ST. Hwa/AA/TML)