Penampilan Rapi dan Product Knowledge (2)

(Business Lounge – Present Your Service) Dalam kolom yang sebelumnya, telah dibahas mengenai salah satu kriteria SPG dan SPB yang memenuhi syarat, yaitu penampilan yang rapi. Penampilan yang rapi memang sangat menunjang seorang SPG atau SPB untuk memasarkan produk mereka. Selain penampilan yang rapi, ada hal lain yang perlu diperhatikan, yaitu pengetahuan tentang produk (product knowledge).Tingginya product knowledge sendiri banyak mendatangkan manfaat baik bagi perusahaan maupun bagi SPG atau SPB sendiri.

Bagi perusahaan, dengan adanya pengetahuan tentang produk yang tinggi, maka hal tersebut bisa mendatangkan profit yang tinggi, karena dengan adanya pengetahuan para SPG dan SPB yang tinggi, maka mereka dapat menjelaskan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan dengan sedetil-detilnya dan hal tersebut dapat mendatangkan kepuasan bagi konsumen yang akan berlanjut kepada keputusan untuk membeli atau menggunakan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan.

Bagi SPG atau SPB, keuntungan yang ada bisa diperoleh dari pengetahuan produk yang tinggi adalah :

Menambah kemampuan berkomunikasi

Kemampuan berkomunikasi dapat bertambah ketika para SPG dan SPB memiliki pengetahuan yang banyak mengenai produk tersebut. Dikatakan kemampuan komunikasinya bertambah karena dengan adanya pengetahuan yang tinggi tentang produk yang dipasarkan, para SPG dan SPB tersebut akan tahu bagaimana menghadapi konsumen dengan karakter yang berbeda-beda dan dapat menawarkan produk dan jasa mereka dengan cara berbicara yang lebih baik. Komunikasi yang baik akan membuat konsumen merasa puas dan lebih tertarik terhadap produk dan jasa yang kita pasarkan.

Menambah rasa percaya diri

Dengan adanya pengetahuan tentang produk, maka para SPG dan SPB akan merasa lebih percaya diri karena mereka dengan yakin akan tahu bagaimana cara menjelaskan produk kepada calon konsumen.

Membantu menanggulangi kesulitan yang dihadapi konsumen

Terkadang konsumen menemukan kesulitan ketika mereka berusaha untuk mengerti produk atau jasa yang ditawarkan. Di saat inilah peran SPG dan SPB sangat penting untuk menjelaskan jalan keluar bagi permasalahan yang dihadapi oleh konsumen.

Ada beberapa hal penting yang harus diketahui mengenai produk atau jasa yang akan kita tawarkan, yaitu : struktur harga produk, bentuk (style), warna, atau model produk , sejarah dari produk atau jasa tersebut, bagaimana menggunakan produk tersebut, dan informasi mengenai garansi produk.

Bagaimana Memberikan dan Menambah Pengetahuan Tentang Produk

Product knowledge atau pengetahuan tentang produk memang diperlukan bagi para SPG dan SPB. Minimal dengan adanya pengetahuan tentang produk, mereka tidak akan terus-menerus menjawab : “Tidak tahu, Pak/Bu” terhadap pertanyaan yang dilontarkan oleh konsumen. Sekedar informasi, biasanya jika SPG atau SPB hanya mengatakan hal yang seperti itu, maka konsumen akan merasa kecewa dan menolak untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang kita tawarkan.

Untuk memberikan atau menambah pengetahuan tentang produk atau jasa yang akan ditawarkan, hal tersebut bisa melalui beberapa cara, yaitu:

Literatur mengenai produk atau jasa yang kita pasarkan

Literatur dapat berupa katalog atau lainnya yang menjadi bahan bacaan yang harus dipelajari oleh para SPG dan SPB untuk lebih mengerti tentang produk dan jasa tersebut sebelum memasarkannya.

Training Sessions

Training Sessions biasanya wajib dilakukan oleh perusahaan untuk melatih para SPG dan SPB agar mengetahui lebih dalam mengenai produk tersebut. Jadi mereka bukan hanya mengetahui dari bacaan saja, tetapi juga diterangkan langsung mengenai produk atau jasa tersebut.

Testimonial konsumen yang merasa puas mengenai produk tersebut

Para SPG dan SPB dapat mendapatkan pengetahuan mengenai produk atau jasa yang dihasilkan dengan membaca testimonial tentang konsumen yang puas terhadap produk atau jasa yang dihasilkan perusahaan.

ZefanyaZefanya Jodie/Head of Vibiz Learning Centre Vibiz Consulting/VMN/BL

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x