Strategi Mc Donald’s Untuk Menjadi Restoran Hamburger Terkemuka di Dunia

(Business Lounge – Sales & Marketing) – Siapa yang tidak mengenal restoran hamburger Mc.Donald?  Mc Donald’s Corp  merupakan restoran hamburger terbesar di dunia yang melayani lebih dari 58 juta pelanggan setiap harinya. Pada saat ini restoran Mc Donald tersebar di 120  negara di  dunia  dengan jumlah restoran lebih dari 31.000. Dan Mc Donald sepanjang tahun ini berhasil mencapai pendapatan   sebesar  $ 95 billion.

Dalam The World’s Top 20 Brand pada tahun ini  Mc Donald’s  menempati peringkat  ke  4 sebagai the most valuable brand in the world, Dimana peringkat pertama adalah  Apple, disusul  IBM dan Google. Dan peringkat ke 5 dibawah Mc Donald’s adalah Microsoft.

McDonald  berhasil membuktikan  dirinya sebagai restoran hamburger terbesar di dunia pada saat ini.  McDonald  tidak tumbuh pesat karena keberuntungan,  tetapi  karena kerja keras dan ide-ide bisnis yang cemerlang.

Sejarah Singkat McDonalds
Bisnis restoran McDonald ini didirikan pertama kalinya  pada tahun 1940, oleh  Richard dan Maurice McDonald bersaudara di San Bernardino, California. Restaurant  McDonald  menjual  hamburger, cheeseburger, produk ayam, kentang goreng, menu breakfast, soft drink,  desert, juga salad buah.
Pada tahun 1948  McDonald’s menjadi restoran cepat saji modern melalui   “”Speedee Service System”  atau Sistem Layanan Speedee”.   Maskot asli McDonald adalah seorang pria dengan topi koki di atas kepala berbentuk hamburger yang namanya adalah “Speedee.”  Speedee pada tahun 1967 akhirnya diganti dengan Ronald McDonald  seorang pria berbentuk kostum badut.
McDonald sendiri untuk pertama kalinya mengajukan merek dagang di Amerika Serikat dengan nama McDonald. Yaitu  pada tanggal 4 Mei 1961 dengan “Layanan Restaurant Drive-In,”  dimana deskripsi ini  terus diperbaharui sampai  akhir Desember 2009.

Business Model Dari McDonald’s
Pada tanggal 15 April 1955, di Des Plaines, Illinois,  restoran McDonald secara keseluruhan dibeli oleh Ray  Kroc dari  McDonald bersaudara.  Dari situlah McDonald’s berekspansi ke seluruh dunia. Selain itu  perusahaan McDonald menjadi terdaftar di pasar saham publik pada tahun 1965.   Kroc berhasil melakukan bisnis yang agresif.
Restoran McDonald pertama dibuka di Amerika Serikat, selanjutnya McDonald’s membuka restoran-restoran lainnya di  Kanada, Kosta Rika, Panama, Jepang, Belanda, Jerman, Australia, Perancis, El Salvador dan Swedia,
Sebuah restoran McDonald dioperasikan dengan sistem   franchisee  atau afiliasi.  Pendapatan korporasi berasal dari  sewa royalti dan biaya dibayar oleh franchisee, serta penjualan di perusahaan-dioperasikan restoran.  Pendapatan McDonald mengalami pertumbuhan  27% selama tiga tahun berakhir pada tahun 2007 menjadi $ 22,8 miliar dan pertumbuhan 9% pada pendapatan operasional menjadi $ 3,9 miliar.
Dengan perluasan McDonald ke pasar internasional, perusahaan telah menjadi simbol globalisasi dan penyebaran cara hidup Amerika. Secara fakta  pada saat ini, restoran McDonald ditemukan di 120 negara dan teritori di seluruh dunia dengan  melayani 58 juta pelanggan setiap harinya. Dan McDonald  mengoperasikan lebih dari 31.000 restoran di seluruh dunia, dengan  mempekerjakan lebih dari 1,5 juta karyawan.

Strategi  Promosi
Dengan semakin berkembangnya bisnis ini maka Markas  The McDonald pindah ke  McDonald Plaza, terletak di Oak Brook, Illinois. McDonald  pindah ke fasilitas Oak Brook dari kantor dalam Loop Chicago pada tahun 1971
Iklan Mc Donald  selama beberapa dekade mempertahankan kampanye iklan yang luas. Selain media televisi, radio, dan surat kabar, perusahaan melakukan promosi melalui billboard, neon sign,  mensponsori  acara olahraga mulai dari liga kecil sampai dengan  Olimpiade.  Meskipun demikian, promosi melalui televisi selalu memainkan peran utama  dalam strategi periklanan perusahaan.
Sampai saat ini, Mc Donald telah menggunakan  23  Slogan yang berbeda dalam melakukan promosinya di  Amerika Serikat,  serta slogan-slogan lain yang dibuat bagi negara-negara dan wilayah  tertentu.
Sekelompok antropolog dalam penelitian yang berjudul  Golden Arches East melihat dampak McDonald  di  kawasan Asia Timur, yaitu  Hong Kong pada khususnya. Ketika McDonald’s dibuka di Hong Kong pada tahun 1975, McDonald merupakan  restoran pertama yang secara konsisten menawarkan toilet bersih, pelayanan drive thru  yang membedakannya dengan restoran-restoran lainnya. Dan di Republik Rakyat Cina,  McDonald baru-baru ini  bermitra dengan Sinopec, perusahaan minyak  terbesar kedua di RRC

Strategi Marketing
McDonald  tidak tumbuh pesat karena keberuntungan tetapi  karena kerja keras dan ide-ide bisnis yang cemerlang. Pada akhir 1970-an, McDonald sedang mencari cara baru untuk menarik pelanggan / customer.  Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak memiliki pengaruh  yang kuat dalam proses pengambilan keputusan restoran.
Hal ini membuat McDonald meluncurkan program Happy Meal.  Happy Meal merupakan  Meal pertama di dunia – makanan combo untuk anak-anak yang menampilkan mainan gratis
Strategi marketing Happy Meal  ini merupakan  salah satu keberhasilan terbesar McDonald untuk menarik pelanggannya terutama anak-anak dan keluarga.  Strategi pemasaran yang dimiliki McDonald’s  memiliki  target marketnya  adalah anak-¬anak. Anak-anak  adalah target market  yang potensial  terutama  di Asia,  karena 30-40 persen penduduk benua ini adalah anak-anak. Karena selain anak-anak,  maka  orang tua dan saudara¬-saudaranya  yang lain juga akan ikut makan.  McDonald’s memposisikan  keluarga sebagai target  market mereka.
Dan melalui Happy Meal ini Mc Donald dikenal di situs anak-anak di seluruh dunia. Disini kita melihat bahwa Mc Donald berhasil dalam  menganalisis target  marketnya
Dan di tahun 1975 McDonald memperkenalkan kepada dunia  untuk pertama kalinya McStop atau McDonald drive-thru.  Dengan strategi marketingnya ini Mc Donald berhasil meraih sukses didalam sales penjualannya. Dan sampai saat ini sistem penjualan melalui Drive-thru mencapai lebih dari setengah penjualan McDonald sendiri.
Selain itu McDonald  juga berhasil mencapai kesepakatan dengan museum seni Perancis , Louvre,  untuk membuka restoran McDonald dan McCafe di pintu masuk bawah tanah mereka, pada bulan November 2009.
Memang ada pesaing dari Mc Donald yaitu Burger King yang merupakan restoran hamburger terbesar kedua di dunia. Tetapi dengan kerja keras, dan ide-ide bisnisnya yang cemerlang maka McDonald  sampai saat ini tidak terkalahkan. Bahkan saat ini McDonal berhasil membuktikan dirinya sebagai  restoran Hamburger terkemuka didunia dan dalam bisnis restoran menempatkannya menjadi the most valuable brand in the world.

Bagaimana Dengan McDonald’s Di Indonesia  ?
Pada tanggal  22 Februari 1991 McDonald’s  pertama kali hadir di Indonesia, dengan lokasi restoran  di Sarinah Thamrin, Jakarta. Di Indonesia Mc Donald’s merupakan pemimpin pasar (market leader) bagi restoran hamburger  secara domestic.   Saat ini restoran hamburger Mcdonald  telah tersebar hampir di semua pulau di Indonesia. Dan  sampai dengan akhir tahun 2011 McDonald mendirikan restorannya yang  ke  111  di Tegal Jawa Tengah.
Outlet-outlet  Mc Donald di Indonesia ditempatkan di wilayah yang strategis dan mudah dijangkau oleh pelanggan, seperti di mal-mal,  real estate, perkantoran ataupun tempat  bisnis dimana ada keramaian. Di Indonesia produk Mc Donald  disesuaikan dengan selera dan kebutuhan pelanggan, seperti adanya penjualan nasi / rice, itu hanya ada di Indonesia.  Mc Donald Indonesia juga bekerjasama dengan perusahaan Coca Cola yang  ternama di dunia. Kesuksesan dalam periklanannya, seperti adanya  kata “I’m Loving It” dalam setiap kampanye  pemasarannya.  Di Indonesia  Mc Donald  aktif dalam kegiatan amal untuk anak-anak,  kegiatan-kegiatan olahraga. Selain itu Mc Donald Indonesia membuat  sistem delivery order yang mudah sebagai  satu bentuk pelayanan kepada pelanggan dengan menelpon 14045
Visi dari McDonald Indonesia yang sama dengan visi McDonald’s  Internasional  yaitu “  to be the world’s best quick service restaurant experience “,  Menjadi restoran cepat saji yang paling berpengalaman , paling cepat melayani dan terbaik di seluruh dunia.
(Debbie Kusuma/IC/BL)
Debbie Kusuma : Praktisi dan Kontributor Folder Marketing di Business Lounge
Foto : openbrief.co
4
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x