(The Manager’s Lounge – HR) – Perekonomian global yang melemah memang menjadikan bisnis serba salah, apalagi jika sudah menyangkut masalah PHK karyawan. PHK karyawan tentunya akan mengakibatkan reputasi bisnis menurun, terutama diantara mereka yang mengalami PHK. Sementara itu, jika tidak melakukan PHK, maka bisnis juga akan semakin terbelit masalah finansial. Jalan mana yang harus ditempuh?
Coba Anda memandang krisis ini dari sudut lain. Sebagian besar orang melihat bahwa krisis ini menghadirkan ancaman yang buruk bagi bisnis. Namun, sebenarnya dalam krisis maka selalu ada peluang, salah satunya adalah peluang dalam memperoleh talent yang berkualitas dengan biaya yang lebih rendah. Berikut ini adalah beberapa guideline dalam hal talent management di masa krisis:
Talent dari Kompetitor
Kompetitor Anda mungkin merupakan salah satu pihak yang harus melakukan downsizing terhadap karyawan-karyawannya. Diantara mereka, mungkin ada beberapa SDM berkualitas yang bisa Anda rekrut. Sehingga, selain memperoleh SDM berkualitas tinggi, Anda juga memperoleh bonus berupa pengetahuan yang mendalam mengenai kompetitor Anda dari karyawan tersebut.
Bangun Networking
Talent yang berkualitas seringkali diperoleh berdasarkan referensi orang lain. Oleh karena itu, di masa krisis ini Anda perlu untuk semakin memperluas jaringan, karena mungkin saja Anda memperoleh informasi talent dari rekomendasi-rekomendasi orang yang Anda kenal. Membangun networking juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan media social networking seperti Facebook, LinkedIn, dan lainnya.
Visi dan Tujuan yang Jelas
Di masa krisis, kejelasan akan visi dan tujuan perusahaan menjadi semakin penting. Karyawan, serta stakeholders lainnya menginginkan supaya perusahaan mempunyai visi dan tujuan jelas, serta mempunyai strategi yang mumpuni dalam mengatasi krisis ekonomi. Visi dan tujuan yang jelas tentunya akan tetap menarik talent-talent yang berkualitas ke dalam organisasi.
Ciptakan Employer Brand yang Kuat
Employer brand yang kuat tentunya akan tetap menarik talent-talent yang berkualitas meskipun perekonomian sedang dilanda krisis. Bagaimana perusahaan dapat menciptakan employer brand yang kuat? Employer brand yang kuat dapat tercipta melalui nilai-nilai dan budaya organisasi yang kuat, serta berbagai kebijakan yang diambil perusahaan terkait dengan karyawannya, antara lain reward dan recognition yang sesuai, penilaian kinerja yang jelas, dan lainnya.
Di balik krisis selalu menghadirkan peluang, diantaranya dalam hal talent management. Melalui langkah yang tepat, maka Anda akan tetap memperoleh talent yang berkualitas di tengah krisis, sehingga membantu dalam menghadapi kondisi krisis ini dengan baik.
Pic : cfs.ezabu.com

