Promotion and Advertising Strategy

(The Manager’s Lounge – Sales & Marketing) – Seorang kerabat hendak meluncurkan produk barunya di pasaran; katakanlah produk yang hendak diluncurkan adalah consumer good yang pastinya sudah banyak pesaing exist di pasaran.  Untuk meluncurkan suatu produk baru, banyak hal yang harus dipertimbangkan dan diperhitungkan dari segi biaya, resiko yang mungkin timbul termasuk sisi terburuk apabila tidak berhasil.  Suatu barang tidak akan dikenal dan merajai pasar apabila tidak dilakukan tindakan strategi yang tepat sasaran.  Agar dapat mencapai keberhasilan yang diinginkan dan menembus pangsa pasar yang ditargetkan, diperlukan promotion and advertising strategy yang tepat.

Promosi adalah salah satu  elemen kunci dari marketing mix dan berhubungan dengan satu arah atau dua arah komunikasi yang berkaitan dengan customer.  Dalam hal inipun harus dikembangkan strategi promosi yang tepat dengan cara mengenali siapa customer kita, bagaimana menghubungi customer tersebut dan pesan apa yang hendak disampaikan.  Agar memudahkannya, dapat dikelompokkan sebagai berikut:

– Segmentation
Membagi potensial customer ke dalam group yang berlainan adalah hal yang penting untuk meningkatkan keberhasilan dalam menyampaikan pesan / berkomunikasi.  Apabila kita tidak tahu dengan siapa kita berbicara maka kita tidak akan mendapatkan banyak response.
Siapa potensial customer kita?  Berapa banyak sub groups yang sebaiknya dikelompokan? Bagaimana membedakan kelompok tersebut?  Semua informasi ini dapat diperoleh dari market research.
Sekali anda mendapatkan ide tentang customer, sebaiknya anda menggalinya lebih dalam sehingga menjadi lebih detail.  Apa yang menjadi kebiasaan media komunikasi mereka? Apa yang menjadi pengharapan dan aspirasinya serta prioritas mereka? Banyak hal yang dapat digali dari market research dan sekali anda dapatkan gambaran yang tepat tentang customer anda, tibalah saatnya anda mendapatkan perhatian mereka.
– Targeting
Adalah proses komunikasi dengan segmen yang tepat  dan memastikan kemungkinan response terbaik dari customer.  Metode yang digunakan harus berkaitan dengan marketing plan anda.
Metode komunikasi yang digunakan seperti Advertising, misalnya, adalah salah satu elemen gudang senjata komunikasi marketing yang cukup efektif jika mengenai sasarannya.
Beberapa metode Advertising yang dapat digunakan:
1.Advertising – seperti outdoor, business directories, majalah / Koran, TV, Radio
2.Sales promotion – seperti kupon, discount, loyalty incentives
3.Public Relation – seperti Press launches, PR event, Press releases
4.Personal Selling – seperti Salesman, dealer/showroom, exhibition, trade show
5.Direct Marketing – seperti email, telemarketing, point of sale displays, packaging design
6.Digital marketing – seperti company website, social media applications (facebook, twitter)
7.Blogging
8.You tube
9.E-commerce
– Positioning
Adalah proses membangun image untuk perusahaan anda atau produk anda, dapat berupa:
1.Branding and messaging
2.Corporate identity
– Messaging
Apabila anda telah menempatkan brand anda, saatnya untuk membangun pesan yang dapat mempengaruhi pencapaian target anda.
Adapun pesan yang disampaikan kepada customer anda adalah sbb:
1.Inform : membangun kesadaran akan brand and product
2.Persuade : menghasilkan instant response
3.Remind : mempertahankan minat dan antusias terhadap produk dan service
(ST. Hwa/AA/TML)
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x