Panduan Anda Untuk Mengendalikan Biaya Dalam Manajemen Proyek (Bagian 3)

(Businessounge Journal-General Management)

Meskipun kita semua ingin melakukan apa yang kita bisa untuk menjaga biaya kita serendah mungkin, hal itu mungkin tampak mustahil dalam beberapa situasi. Jika Anda merasa seolah-olah batasan pengeluaran terlalu ketat atau ada sedikit peluang untuk memangkas, mungkin sulit untuk membuat kemajuan. Berikut ini adalah kelanjutan langkah yang dapat Anda ambil untuk mengurangi biaya saat mengelola proyek dan menjaga anggaran Anda tetap efisien:

5. Selesaikan tinjauan berkelanjutan
Setelah Anda mentransisikan pengeluaran ke rencana baru, Anda memastikan bahwa Anda terus meninjau proses pengeluaran di seluruh sisa proyek. Hal ini tidak hanya untuk memastikan bahwa pengeluaran tetap pada tingkat yang terjangkau, tetapi juga dapat membantu jika Anda ingin mengurangi pengeluaran lebih lanjut untuk proyek tersebut. Meskipun meninjau pekerjaan Anda dan menganggap perubahan yang diperlukan dapat menjadi hal yang sulit, melakukannya berarti bahwa perusahaan terus menghemat uang dan bahwa manajemen proyek Anda berhasil, bukan kegagalan yang mahal.

Tips untuk mengelola biaya dalam manajemen proyek
Bahkan setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda mungkin tidak mengetahui beberapa langkah yang hampir pasti dapat mengarah pada penghematan biaya dalam manajemen proyek. Ini mungkin tidak berhasil tergantung pada sifat bisnis tetapi dapat menawarkan peluang untuk menghemat dibandingkan jika Anda tidak bertindak ketika mencoba menghemat biaya bisnis. Beberapa tips untuk manajemen biaya yang sukses meliputi:

Otomatisasi tugas
Salah satu tren utama dalam bisnis adalah otomatisasi, mengalihkan tugas-tugas yang sebelumnya manual ke tangan komputer dan sistem otomatis. Otomatisasi ini menghemat uang dengan mengarah pada pengeluaran satu kali untuk peralatan daripada harus terus-menerus membayar upah anggota staf. Jika ada peran dalam proyek yang dapat diselesaikan oleh komputer, pertimbangkan biaya otomatisasi satu kali dan bagaimana hal itu akan menyeimbangkan pembukuan dengan keharusan membayar anggota staf untuk berada di lokasi.

Temukan efisiensi
Daripada harus mengubah apa pun tentang bentuk, struktur, dan prosedur tim, berupaya meningkatkan efisiensi dalam proyek Anda akan menghemat banyak uang. Dengan menghemat bahan, waktu, dan sumber daya pada pekerjaan proyek, Anda dapat menghindari membayar lebih banyak untuk sumber daya lebih lanjut di kemudian hari. Ini menghemat sejumlah besar uang untuk melakukan pekerjaan yang sama dengan cara yang sedikit lebih efisien. Ini juga merupakan cara yang baik untuk menghemat uang tanpa memengaruhi moral, karena tim tidak diharuskan untuk menghadapi perubahan mendasar pada pekerjaan mereka.

Terimalah rasa takut
Rasa takut gagal adalah bagian mendasar dari proses manajemen proyek dan banyak manajer takut bahwa pekerjaan mereka mungkin tidak berhasil. Daripada menolak untuk mengakui rasa takut ini, Anda dapat menerimanya dan menggunakannya untuk menjaga perhatian Anda pada kondisi keuangan proyek. Mengawasi dengan saksama setiap aspek yang menjadi kekhawatiran Anda tidak hanya dapat meredakan ketakutan Anda tetapi juga menunjukkan tanda-tanda awal masalah sehingga Anda dapat mengatasinya sebelum berkembang menjadi situasi yang lebih buruk.