Embracer Berencana Membagi Menjadi 3 Perusahaan Terpisah

(Business Lounge Journal – Global News)

Embracer Group mengatakan pihaknya berencana untuk membagi menjadi tiga perusahaan terdaftar secara terpisah dalam sebuah langkah yang bertujuan untuk menopang dukungan investor di tengah tingginya utang.

Pembuat video game asal Swedia tersebut mengatakan tiga perusahaan barunya, Asmodee Group, Coffee Stain & Friends, dan Middle-earth Enterprises & Friends, akan terdaftar di Stockholm. Asmodee Group akan fokus pada permainan meja. Bisnis Coffee Stain & Friends akan berpusat pada judul-judul permainan gratis dan premium, sementara Middle-earth Enterprises & Friends akan bertanggung jawab untuk mengembangkan judul-judul AAA.

Dalam industri game, kategori AAA mewakili game-game beranggaran besar yang kemungkinan besar akan terbukti sangat populer. Embracer, yang memiliki hak kekayaan intelektual atas game seperti “Tomb Raider” dan “The Lord of the Rings,” memulai akuisisi besar-besaran dalam beberapa tahun terakhir untuk membangun portofolionya, seiring dengan meningkatnya keterlibatan pemain yang tinggal di dalam negeri selama pandemi.

Namun, kelompok ini menumpuk utang dan tahun lalu kesepakatan kemitraan strategis senilai $2 miliar gagal di menit-menit terakhir. Perusahaan ini menunda beberapa perilisan game dan mengumumkan restrukturisasi komprehensif untuk meningkatkan arus kas dan memangkas tumpukan utangnya.

Perusahaan awalnya menargetkan utang bersih di bawah 10 miliar kronor Swedia, setara dengan $915,5 juta, pada akhir tahun fiskal yang berakhir 31 Maret 2024, target yang kemudian dikurangi menjadi 8 miliar kronor. Awal tahun ini, mereka mengatakan bahwa mereka tidak mungkin mencapai target tersebut. Kelompok ini juga berjanji untuk memotong biaya overhead setidaknya 10%.

Saham Embracer melonjak sebanyak 18% pada awal perdagangan di Stockholm setelah mengumumkan rencana pemisahan tiga arah. Sahamnya, yang ditutup naik 7%, diperdagangkan pada harga sekitar 47 kronor pada tahun lalu, sebuah tanda bagaimana pasar menghukum grup tersebut atas kemundurannya. Kini, perusahaan berharap dapat membangun kembali dukungan investor. “Dengan struktur baru ini, ketiga entitas akan dapat fokus dalam melaksanakan strategi inti mereka dan memanfaatkan kekuatan mereka sendiri, memberikan kisah ekuitas yang lebih berbeda dan berbeda kepada pemegang saham lama dan baru,” kata Kicki Wallje-Lund, ketua dewan direksi Embracer.

Embracer berencana untuk mendistribusikan saham Asmodee Group dan Coffee Stain & Friends sebagai dividen kepada pemegang sahamnya saat ini, sementara Embracer akan berganti nama menjadi Middleearth Enterprises & Friends.

Kelompok tersebut mengatakan telah menandatangani perjanjian pembiayaan baru sebesar €900 juta, setara dengan $959,2 juta, sebagai bagian dari proses pemisahan Asmodee untuk membayar utang dan mengurangi leverage. Pencatatan Asmodee diperkirakan akan dilakukan dalam waktu 12 bulan, dengan Coffee Stain & Friends akan dicatatkan tahun depan.

Analis Barclays menulis dalam sebuah catatan penelitian bahwa meskipun membagi Embracer menjadi tiga tidak akan mengubah aset, langkah tersebut akan mengurangi tekanan utang jangka pendek “dengan menghapus pembayaran amortisasi jangka pendek. Dan tampaknya eksekusi dapat lebih terfokus dan berhasil seiring berjalannya waktu dalam struktur ini.”