cropped view of woman pointing with pencil on branding inscription on cork board

Pemasaran Vs. Periklanan Dengan Jenis Dan Tips Penggunaannya (Bagian 2)

(Businesslounge Journal-Marketing & Services)

Lanjutan jenis pemasaran paling populer yang digunakan bisnis dan merek secara umum untuk memasarkan produk dan layanan mereka adalah sebagai berikut:

Pemasaran manajemen merek

Pemasaran manajemen merek sangat berfokus pada membangun hubungan yang bermakna antara pelanggan dan merek secara keseluruhan, alih-alih

Sederhananya, ini adalah hubungan antara pelanggan dan produk atau layanan tertentu. Ini melibatkan pengelolaan nama, logo, dan kemasan merek untuk mendorong pelanggan mengandalkan kualitas dan konsistensi suatu merek. Dengan mengevaluasi hubungan pelanggan yang ada dan mempertimbangkan bisnis yang kompetitif, pemasaran manajemen merek merupakan jenis pemasaran yang berharga bagi banyak bisnis.

Pemasaran pengembangan produk

Pemasaran pengembangan produk melibatkan pengambilan peluang bisnis dan mengubahnya menjadi produk atau layanan yang menarik dan dapat dijual. Banyak bisnis dan merek menerapkan jenis pemasaran ini pada produk yang sudah ada di samping produk baru. Seperti jenis pemasaran lainnya, pemasaran pengembangan produk memanfaatkan riset dan analisis pasar untuk menilai dan mengidentifikasi cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan audiens target pelanggan.

Apa itu periklanan?

Periklanan adalah praktik di mana bisnis dan merek membayar untuk promosi dan iklan publik merek mereka atau promosi produk atau layanan tertentu. Periklanan adalah cara yang sederhana namun efektif untuk memamerkan produk atau layanan yang tersedia kepada khalayak umum, dengan tujuan menjangkau audiens target. Jika diterapkan secara efektif, periklanan dapat menjadi salah satu cara terbaik untuk meningkatkan pendapatan penjualan, meningkatkan kesadaran dan pengenalan merek, serta mengembangkan basis pelanggan. Periklanan penting untuk membuat suatu merek atau bisnis dikenal oleh target audiens. Membuat iklan merupakan praktik bisnis yang penting untuk mengedukasi konsumen tentang produk atau layanan yang tersedia, menarik konsumen untuk membeli produk atau layanan tersebut, dan menciptakan kebutuhan akan produk atau layanan tersebut. Periklanan juga berfungsi untuk membangun persepsi umum tentang suatu merek atau bisnis dan mempertahankan basis pelanggan setia sekaligus menarik pelanggan baru.

Jenis-jenis Periklanan

Sama seperti pemasaran, kemajuan dan dominasi teknologi dalam kehidupan sehari-hari telah mengubah cara periklanan tradisional yang digunakan oleh bisnis dan merek untuk menjangkau target audiens mereka. Jenis-jenis periklanan paling populer yang mungkin Anda lihat digunakan oleh bisnis dan merek meliputi:

Periklanan tradisional: Ini melibatkan penempatan iklan di TV, radio, serta di surat kabar dan majalah. Penggunaan media siaran dan media cetak tradisional tetap menjadi salah satu jenis periklanan paling populer bagi bisnis dan merek untuk menjangkau audiens mereka.

Periklanan ritel: Ini mengacu pada penempatan iklan di dalam ritel untuk meningkatkan kesadaran dan penjualan suatu produk atau layanan. Contoh periklanan ritel adalah penempatan produk di toko ritel atau supermarket. Periklanan daring: Salah satu bentuk periklanan paling populer, periklanan daring melibatkan penempatan iklan di internet untuk menjangkau calon pelanggan dalam bentuk konten bersponsor, iklan mesin pencari, atau spanduk di situs web.

Periklanan seluler: Jenis periklanan ini sebagian besar dirancang untuk ponsel pintar dan perangkat elektronik lainnya. Bentuk periklanan ini menjangkau audiens melalui iklan yang dapat diklik, spanduk yang mendorong pengguna untuk mengunduh aplikasi, dan bahkan panggilan otomatis.

Periklanan luar ruang: Papan reklame, spanduk, dan kendaraan bermerek di area padat penduduk, seperti pusat kota, adalah contoh periklanan luar ruang yang paling dikenal. Merek dan bisnis menggunakan iklan luar ruang untuk meningkatkan jangkauan pelanggan dan meningkatkan kesadaran serta pengenalan merek serta produk atau layanan yang tersedia.

Periklanan bayar per klik: Jenis periklanan ini mencakup iklan yang dirancang khusus untuk mendorong calon konsumen mengunjungi situs web merek tersebut guna melihat produk atau layanan yang tersedia. Dari iklan yang dapat diklik inilah bisnis mendapatkan akses ke data pelanggan yang digunakan untuk menganalisis potensi strategi pemasaran yang efektif atau peningkatan periklanan.