Apa Itu Peramalan Pendapatan dan Mengapa Itu Penting? (Bagian 3)

(Businesslounge Journal-Finance & Tax)  Memiliki seorang ekonom atau ahli statistik berpengalaman di tim prakiraan Anda dapat berguna untuk tujuan ini. Tren pasar bahkan dapat bervariasi setiap minggu, dan fluktuasi kecil yang berkembang menjadi pola dapat menunjukkan perubahan besar. Mengamati dan menganalisis tren dan perkembangan dalam industri terkait merupakan bagian dari analisis ekonomi yang lebih luas dan dapat membantu Anda mengevaluasi potensi dampak pada organisasi Anda.

Prospek sponsor

Sponsor memainkan peran penting dalam pendapatan banyak perusahaan karena mereka dapat menggunakan tren dalam preferensi dan prioritas konsumen untuk meningkatkan kesadaran terhadap perusahaan dan produknya. Seberapa menarik suatu perusahaan bagi sponsor dan seberapa baik perusahaan tersebut dapat mensponsori orang lain penting untuk dipahami jika Anda ingin mengetahui bagaimana hal itu dapat memengaruhi pendapatan. Hal ini dapat berkembang menjadi kolaborasi dan hubungan jangka panjang yang saling menguntungkan.

Melihat kolaborasi masa lalu dan perubahan dalam prioritas konsumen dapat membantu Anda menentukan seberapa suksesnya kolaborasi tersebut. Penting juga untuk mengevaluasi hubungan yang dimiliki perusahaan dengan sponsor dan mitra. Jika ada riwayat atau bukti lain tentang hubungan yang saling memuaskan, Anda mungkin memperkirakan bahwa hubungan tersebut dapat berlanjut. Jika terjadi perselisihan antara perusahaan dan sponsor yang dapat menyebabkan berakhirnya kolaborasi, penting untuk memperhitungkan bagaimana hal ini dapat memengaruhi pendapatan.

Hal-hal yang perlu diingat saat membuat asumsi

Saat memperkirakan pendapatan, perusahaan membuat berbagai asumsi berbeda seputar ekspektasi mereka untuk masa depan. Asumsi ini terkadang tidak akurat dan berisiko memengaruhi posisi perusahaan. Berikut ini adalah beberapa asumsi umum perusahaan mengenai pendapatan yang diperkirakan, mengapa Anda mungkin ingin menghindarinya:

Tren yang berkelanjutan

Salah satu asumsi penting yang dibuat perusahaan adalah bahwa tren terus berlanjut. Tren sering kali merupakan hasil sementara dari faktor-faktor yang memengaruhi pasar dan kemungkinan tidak berlanjut. Ini adalah asumsi sederhana yang dapat Anda hindari dengan analisis dan perkiraan yang lebih mendalam dan terinformasi. Misalnya, Anda mungkin bekerja di perusahaan yang mengalami peningkatan pendapatan sebesar 10% selama tiga tahun. Dengan asumsi bahwa peningkatan pendapatan tahun depan juga akan mencapai 10% mungkin tampak intuitif, tetapi lebih baik menganalisis banyak variabel yang berkontribusi terhadap pendapatan dan mengembangkan perkiraan yang lebih terinformasi.

Mempercayai sumber eksternal

Mungkin tergoda untuk mencari sumber informasi eksternal dan kemudian mengandalkan analisis mereka. Ini bisa termasuk media, akademisi, atau sektor publik. Meskipun sumber-sumber ini dapat memberikan informasi yang berharga, sering kali lebih baik untuk mengambil informasi dari mereka dan mengembangkan perkiraan Anda sendiri. Anda sering dapat menemukan sumber eksternal untuk mendukung asumsi, yang membuatnya sulit untuk memilih yang tepat. Biasanya lebih baik untuk mengembangkan keahlian Anda sendiri dan menggunakan sebanyak mungkin sumber eksternal untuk menginformasikan analisis Anda, mengurangi risiko satu sumber memberi Anda asumsi yang tidak akurat.