(Businesslounge Journal-Marketing)
Membuat merek menonjol
Saat Anda menghindari berbicara dengan semua orang di pasar dan berkonsentrasi pada audiens tertentu, Anda mulai menonjol dari pesaing. Pastikan Anda memasarkan merek Anda sehingga setiap pelanggan dapat dengan mudah mengenali Anda. Saat pelanggan mengenali merek Anda, kemungkinan besar mereka akan membeli dari Anda, terutama jika mereka memiliki pengalaman positif. Manfaatkan posisi teratas Anda di pasar untuk memastikan merek Anda tetap unik dan terkenal.
Mengembangkan loyalitas pelanggan yang lebih dalam
Kemampuan untuk menonjol dari pesaing dengan menjangkau pelanggan pada tingkat yang lebih langsung dan individual dapat membantu Anda membangun hubungan jangka panjang. Ketika klien mengidentifikasi merek Anda sebagai merek yang unik dan merasa Anda telah memenuhi ekspektasi spesifik mereka, mereka cenderung akan loyal terhadap merek Anda, sehingga Anda akan mendapatkan pelanggan yang akan terus membeli dari Anda.
Meningkatkan hubungan dengan pelanggan
Mendekatkan diri dengan pelanggan dan membangun hubungan yang kuat membantu mereka memandang layanan dan produk Anda secara berbeda. Ketika Anda mengembangkan pemahaman yang lebih mendalam tentang calon pelanggan, Anda berfokus pada kebutuhan mereka dan melihat bagaimana Anda dapat memenuhi ekspektasi mereka. Identifikasi fitur yang dapat Anda sertakan dalam produk dan layanan Anda untuk memastikan Anda memenuhi kebutuhan pelanggan saat Anda meningkatkan merek Anda.
Berfokus pada segmen tertentu
Pemasaran target dapat memungkinkan Anda untuk lebih spesifik tentang rencana pemasaran, arah merek, dan inisiatif. Melalui pemasaran target, Anda dapat berfokus pada sasaran pemasaran, membuat semua orang di perusahaan bekerja untuk sasaran yang sama, dan berfokus pada visi Anda. Keuntungan dari tetap berfokus pada pemasaran target adalah menciptakan kelompok kecil orang yang dapat Anda hubungkan dengan bisnis Anda. Pendekatan pemasaran yang terfokus membantu bisnis untuk menggunakan sumber daya, anggaran, dan waktu mereka guna menciptakan lebih banyak hubungan bisnis dengan calon pembeli. Meningkatkan produk dan layanan
Pemasaran target memungkinkan operator bisnis untuk mengakses kelompok kecil individu dan menawarkan layanan terbaik kepada produk yang memenuhi kebutuhan mereka. Perusahaan yang menjual merek dapat menjangkau khalayak yang berbeda setiap hari untuk memberi tahu calon pelanggan tentang manfaat membeli produk dan layanan mereka. Misalnya, merek pasta gigi mungkin ingin memperluas jangkauannya. Jika penelitian tim pemasaran target mengungkapkan bahwa orang-orang di segmen tertentu khawatir tentang gigi yang ternoda, produk pemutih mungkin merupakan perluasan produk yang sempurna untuk pelanggan baru dan lama.
Cara menggunakan pemasaran target
Untuk meningkatkan penjualan perusahaan Anda, pertimbangkan manfaat menargetkan kelompok kecil orang. Ini dapat membuka peluang untuk meningkatkan penjualan. Berikut adalah beberapa cara untuk menggunakan pemasaran target:
- Tingkatkan komunikasi
Gunakan bahasa yang mudah dipahami oleh audiens target Anda. Saat Anda mengenal pelanggan Anda, Anda dapat berkomunikasi dengan mereka pada tingkat yang lebih personal. Ini meningkatkan kepuasan dan membantu Anda terhubung dengan lebih banyak pelanggan secara efektif.
(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)