Manfaat Penargetan Dalam Pemasaran dan Cara Melakukannya (Bagian 1)

(Businesslounge Journal-Marketing) Kampanye pemasaran yang menargetkan audiens tertentu dapat membantu bisnis memecah pasar yang lebih besar menjadi segmen yang lebih kecil, menghubungkan kelompok prospek tertentu tersebut ke suatu merek. Membuat strategi pemasaran yang menguraikan tujuan pemasaran Anda dapat membantu bisnis Anda menargetkan pelanggan yang tepat. Menerapkan strategi pemasaran target dapat memungkinkan lebih banyak orang menemukan merek Anda dan menarik lebih banyak pelanggan ke bisnis Anda untuk meningkatkan penjualan.

Dalam artikel ini, kami membahas pemasaran target, manfaatnya, dan cara penggunaannya.

Apa itu pemasaran target?

Pemasaran target dapat menghubungkan bisnis Anda dengan kelompok orang tertentu yang tertarik dengan produk Anda. Pemasaran target mendefinisikan bagian prospek berdasarkan kebutuhan unik mereka dan bertujuan untuk melayani mereka. Gunakan strategi penargetan untuk memasarkan merek Anda dan memastikan bahwa pelanggan membeli produk dan layanan Anda.

Ada empat jenis segmentasi pasar yang populer:

-Segmentasi psikografis: Kategori ini mencakup keyakinan, nilai, gaya hidup, kepribadian, dan minat.

-Wilayah geografis: Kategori ini mencakup kawasan, kota, lingkungan, kode area, dan negara.

-Segmentasi demografis: Kategori ini mencakup jenis kelamin, usia, pendidikan, agama, ras, dan status perkawinan.

-Segmentasi perilaku: Kategori ini mencakup kebiasaan belanja atau pembelian, interaksi merek, dan status pengguna.

Manfaat pemasaran bertarget

Pemasaran bertarget membantu mengelola klien Anda saat ini dan meningkatkan prospek. Ada banyak manfaat pemasaran bertarget, termasuk:

Terhubung langsung dengan audiens tertentu

Informasi pemasaran beresonansi dengan audiens saat Anda menargetkan kelompok secara langsung. Bisnis dengan klien yang beragam sering menghadapi tantangan pemasaran saat menggunakan kampanye pasar yang menghubungkan mereka secara langsung dengan calon pelanggan. Misalnya, Anda mungkin merasa sulit untuk menjangkau sekelompok besar orang dan meyakinkan mereka untuk membeli merek Anda. Bagilah kelompok yang lebih besar, sehingga Anda dapat menangani mereka yang tertarik dengan produk atau layanan Anda.

Karena setiap individu mungkin memiliki pandangan yang berbeda tentang merek Anda, cerita atau slogan dapat beresonansi dengan setiap individu secara berbeda. Melalui pemasaran bertarget, Anda dapat lebih memahami kebutuhan setiap pelanggan dan membuat kampanye pemasaran yang menargetkan audiens tertentu, sehingga Anda dapat memenuhi harapan mereka. Menarik prospek berkualitas tinggi

Saat Anda berbicara langsung dengan audiens yang Anda targetkan, Anda dapat menarik calon pelanggan ke bisnis Anda. Kampanye pemasaran target Anda dapat menjangkau kelompok tertentu yang ingin Anda libatkan dengan bisnis Anda. Saat Anda menjangkau kelompok yang tepat, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan prospek berkualitas yang dapat berubah menjadi calon pelanggan. Pastikan untuk mempertahankan pelanggan Anda saat ini saat Anda mencari prospek baru untuk meningkatkan penjualan Anda.

(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)