(Businesslounge Journal-Marketing & Services)
Strategi Promosi
Ketika perusahaan mengembangkan strategi pemasaran mereka, mereka menggunakan bauran pemasaran yang terdiri dari faktor-faktor utama yang dapat digunakan untuk menarik pelanggan agar membeli dari mereka. Promosi campuran adalah bagian dari strategi menyeluruh ini, dan para pemasar menerapkannya bersama dengan elemen-elemen lain dalam bauran pemasaran. Elemen-elemen tersebut meliputi:
• Produk: Ini adalah produk atau layanan yang ingin dijual perusahaan. Pelanggan mengharapkan produk memenuhi kebutuhan mereka, dan perusahaan biasanya mencocokkan produk mereka dengan permintaan pelanggan.
• Tempat: Tempat biasanya merujuk pada lokasi di mana produk akan dijual. Para pemasar melakukan penelitian mendalam tentang distribusi dan demografi pelanggan untuk memastikan produk tersedia bagi sebanyak mungkin pelanggan potensial.
• Harga: Perusahaan yang baik menetapkan harga yang jelas untuk produk mereka. Mereka menetapkan harga pada tingkat yang tidak terlalu membebani pelanggan, tetapi tetap memberikan keuntungan bagi perusahaan.
• Promosi: Promosi mencakup metode dan teknik pemasaran yang digunakan untuk menarik pelanggan agar membeli. Produk, harga, dan tempat menentukan promosi campuran.
• Orang: Untuk menjual secara efektif, bisnis mendefinisikan jenis pelanggan yang mereka targetkan sehingga mereka dapat memilih elemen dari promosi campuran yang paling mampu melibatkan mereka.
Cara Menggunakan Promosi Campuran untuk Meningkatkan Penjualan
Peran promosi campuran adalah untuk menunjukkan kepada pelanggan potensial fitur dan manfaat dari produk atau layanan Anda. Bauran pemasaran yang sukses membedakan produk perusahaan dari para pesaingnya dan merangsang penjualan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk menggunakan promosi campuran dalam menjual:
1. Identifikasi Target Audiens untuk Produk Anda
Menentukan target audiens adalah prioritas jika Anda ingin promosi campuran Anda bekerja secara optimal. Semakin rinci informasi yang dapat diperoleh pemasar tentang demografi profil pelanggan utama seperti usia, jenis kelamin, dan pendapatan, semakin efektif kampanye Anda. Anda kemudian dapat menerapkan promosi campuran Anda pada audiens yang telah didefinisikan dengan baik.
2. Buat Kampanye Iklan yang Melibatkan Pelanggan Potensial
Iklan Anda akan menampilkan produk dan layanan kepada audiens yang luas. Para pemasar yang efektif memilih media iklan yang memberikan eksposur terbaik kepada target audiens mereka. Berikut adalah beberapa karakteristik dari iklan yang efektif yang membantu para profesional pemasaran memilih opsi iklan terbaik untuk produk mereka:
• Kreativitas: Iklan dengan visual yang mencolok dan pesan yang jelas melibatkan publik. Kampanye yang imajinatif memanfaatkan narasi, kejutan, atau bahkan kontroversi untuk memastikan merek dan produk diingat.
• Keaslian: Kampanye iklan yang terlalu mirip dengan lainnya dapat dengan mudah membuat pasar jenuh. Para pemasar dan eksekutif iklan mencari cara untuk membedakan diri mereka melalui format dan teknik yang unik.
• Ketersampaian Pesan: Iklan biasanya meyakinkan pelanggan potensial bahwa mereka membutuhkan produk atau layanan yang dipromosikan dan bahwa produk ini lebih baik daripada milik pesaing. Para pengiklan menggunakan berbagai metode untuk meyakinkan pelanggan, termasuk menyampaikan keahlian atau menarik emosi.
• Konsistensi: Ide iklan yang hebat biasanya memiliki utilitas tinggi dan dapat diadaptasi ke berbagai format. Para pemasar dapat menggunakan slogan yang menarik baik dalam iklan visual maupun siaran radio.
• Pengembalian Investasi (ROI): Perusahaan mencari keuntungan dari pengeluaran iklan mereka. ROI adalah indikator kinerja utama dari efektivitas kampanye iklan.
(Bersambung ke Artikel Selanjutnya)