Panduan Menetapkan Harga Produk Secara Efektif (Bagian 2)

(Businesslounge Journal-Marketing & Services) Menemukan harga yang tepat untuk suatu produk adalah bagian penting dari keberhasilan penjualan barang untuk tujuan bisnis. Langkah-langkah berikut merupakan langkah lanjutan untuk menemukan harga untuk produk Anda yang memberikan manfaat maksimal bagi bisnis Anda:

3. Lakukan Riset Pasar
Penting untuk memahami pasar yang akan dimasuki produk Anda agar Anda dapat menetapkan harga yang akurat yang kompetitif sekaligus menguntungkan. Jika Anda menjual barang bernilai tinggi, seperti pakaian desainer, maka menetapkan titik harga tinggi adalah ide yang baik untuk menyesuaikan dengan permintaan yang relatif rendah. Sebaliknya, barang bernilai rendah, seperti pasta gigi, lebih baik diberi harga rendah karena ini mendorong pelanggan untuk membeli merek Anda secara teratur.

Satu-satunya cara untuk memahami bagaimana produk Anda akan berinteraksi dengan pasar adalah dengan melakukan riset pasar. Ini memberi Anda gambaran yang jelas tentang pasar yang akan Anda masuki dan membantu Anda menentukan bagaimana persaingan berjalan serta kelompok pelanggan yang ingin Anda targetkan.

4. **Tetapkan Harga dan Pantau Penjualan**
Setelah menyelesaikan riset pasar, tentukan harga untuk produk Anda sebelum menawarkannya kepada publik. Melacak penjualan produk dapat membantu Anda menentukan bagaimana pelanggan merespons harga tersebut. Jika hasilnya tidak menguntungkan seperti yang diharapkan, Anda dapat menyesuaikan titik harga tersebut. Jadi, jika Anda menemukan bahwa produk Anda terjual lebih cepat dari yang dapat difasilitasi oleh produksi, maka Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menaikkan harga untuk memaksimalkan keuntungan dan mengurangi tekanan produksi. Sebaliknya, jika penjualan rendah, maka mungkin sebaiknya menyesuaikan harga menjadi lebih rendah sebagai cara untuk mendorong lebih banyak penjualan.

Mengapa Penetapan Harga Produk Penting?
Penting untuk menetapkan harga produk dengan benar agar produk tersebut berkinerja baik di pasar. Ada banyak manfaat yang terkait dengan menentukan harga produk dengan benar dari perspektif bisnis, seperti:

– **Menarik Pelanggan:** Titik harga suatu produk adalah pertimbangan utama bagi pelanggan, sehingga bisnis yang menetapkan harga produknya dengan benar memiliki peluang lebih besar untuk menarik pelanggan. Ini mungkin berarti menetapkan titik harga rendah untuk membantu menumbuhkan basis pelanggan atau menetapkan titik harga lebih tinggi untuk memposisikan produk sebagai barang mewah atau bernilai tinggi.
– **Memaksimalkan Keuntungan:** Perusahaan biasanya menetapkan titik harga yang memaksimalkan keuntungannya, yang mungkin berarti mempertahankan harga rendah untuk meningkatkan penjualan. Sebagai alternatif, perusahaan mungkin menaikkan harga untuk meningkatkan keuntungan per penjualan.
– **Memperkuat Merek:** Harga produk dapat memengaruhi otoritas dan integritas merek. Misalnya, jika bisnis ingin mereknya mencerminkan nilai uang yang baik, maka harga yang lebih rendah adalah fitur penting dari mereknya.

Jenis Penetapan Harga Produk
Ada beberapa pendekatan berbeda yang dapat diambil bisnis dalam menetapkan harga produk. Mempelajari jenis-jenis penetapan harga produk ini dapat membantu bisnis menemukan pendekatan yang tepat untuk tujuan mereka. Untuk rincian dari jenis-jenis penetapan harga produk akan dibahas dalam artikel selanjutnya.