Desain Filipina Mendunia: Karya-Karya Menakjubkan di Manila FAME 2024

(Business Lounge Journal – Global News)

Manila FAME 2024, pameran dagang internasional yang diselenggarakan oleh Center for International Trade Expositions and Missions (CITEM), telah sukses digelar pada 17-19 Oktober 2024. Pameran ini menampilkan koleksi besar desain terbaik, produk inovatif, dan produk ikonik Filipina yang membentuk masa depan identitas kreatif di sektor Home, Fashion, dan Lifestyle (HFL) Filipina. Tidak tanggung-tanggung, Presiden Ferdinand R. Marcos, Jr. juga hadir mengunjungi berbagai stan pameran dan instalasi yang menyoroti kecerdasan dan kerajinan tangan Filipina pada hari kedua.

Presiden memuji Departemen Perdagangan dan Industri (DTI) karena memberdayakan UMKM di ruang lokal dan digital, membantu mereka bersaing dan naik peringkat di pasar dunia. Beliau menekankan pentingnya kreativitas berkelanjutan untuk mempertahankan kemajuan saat ini, dan memastikan dukungan penuh pemerintah. “Kami akan melakukan segala yang kami bisa, agar dunia lebih tahu betapa hebatnya orang Filipina,” tambahnya.

Sekitar 350 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari seluruh Indonesia terinspirasi oleh tema “Reimagination” untuk edisi tahun ini. Hasilnya adalah kumpulan kolaborasi yang artistik dalam pemikiran, inklusif dalam penciptaan, dan representasi budaya yang kuat.

Diperkirakan 10.000 orang telah menghadiri pameran dagang ini yang mempromosikan produk HFL siap ekspor dan pengrajin lokal. Pengunjung terdiri dari pembeli lokal dan internasional, pengecer, grosir, penggerak industri, organisasi media, serta hotel dan layanan terkait.

Lebih dari sekadar kontribusi ekonomi terhadap pertumbuhan dan perkembangan industri ekspor negara, Manila FAME sebagai pameran dagang berusaha untuk memvalidasi identitas tersendiri dari talenta dan keterampilan Filipina di antara yang terbaik di dunia dalam rantai pasokan nilai ekspor.

Dalam sambutannya, Presiden mencatat kontribusi industri desain terhadap PDB, meskipun persentasenya kecil, namun bernilai miliaran dolar bagi perekonomian. “Ada aspek yang sangat terukur dari industri desain. Ini berkontribusi sebesar 7,1% dari PDB kita. Ketika Anda menerjemahkannya ke dalam peso, itu adalah triliunan.”

Mengakui Keunggulan Desain Filipina

Manila FAME menandai hari pertamanya dengan pengumuman pemenang KATHA Awards 2024, penghargaan tahunan yang memberikan apresiasi terhadap desain dan inovasi terbaik untuk pameran tersebut.

Sebanyak enam peserta pameran dianugerahi Manila FAME 2024 KATHA Awards untuk desain dan produk mereka dalam berbagai kategori. Mereka menerima trofi KATHA dan hadiah uang tunai masing-masing sebesar P500.000,00 untuk kategori:

  • Best Product Design in Furniture – Zulu Bench by Finali;
  • Lamps & Lighting – Fauna by Azcor Lighting Systems;
  • Home Décor & Houseware – Achite Chess Board Set by Bon Ace;
  • Fashion – PISA Handbag by Bon Ace;
  • Holiday Décor & Gifts – Nutcracker Ornaments by P&B Valises et Compagnie;
  • Eco-Design Award – PAEA Table Runner by Buttons ‘N Things.

Dua peserta pameran lainnya menerima penghargaan khusus dengan trofi dan hadiah uang tunai masing-masing sebesar P250.000,00:

  • Tampilan Stan Terbaik diberikan kepada P&B Valises et Compagnie
  • Desain Stan Berkelanjutan Terbaik diberikan kepada Zarate Manila

Ibu Negara Filipina, Louise Araneta-Marcos, didampingi oleh Menteri Perdagangan dan Industri (DTI) Maria Cristina Aldeguer-Roque, Menteri Pariwisata (DOT) Christina Garcia Frasco dan Direktur Eksekutif CITEM Leah Pulido-Ocampo, memberikan penghargaan kepada para pemenang di atas panggung. Ini menjadi bukti nyata dari keahlian luar biasa para pelaku ekspor UMKM Filipina.

Pemerintahan Marcos telah vokal dalam mendukung pemberdayaan talenta lokal di berbagai industri. Dukungan Kantor Presiden terhadap KATHA Awards tahun ini melampaui kesuksesan finansial, karena ini menciptakan ruang yang lebih besar untuk mengangkat industri – mengakui kerja keras dan bakat para kreator, serta mendorong karya yang lebih luar biasa.

Memberdayakan Merek Filipina

Sorotan lain dari pameran tiga hari ini adalah peluncuran program pembuatan konten Taglay Pinoy yang berada di bawah fameplus.com.

Program ini dimungkinkan berkat dukungan dari:

  • Anggota Kongres Christopher “Toff” de Venecia dari Distrik 4 Pangasinan
  • Anggota Kongres Lani Mercado-Revilla dari Distrik 2 Cavite
  • Distrik Kongres Marikina, Ilocos Norte, Pangasinan, Leyte, dan Cavite
  • Kelompok DTI, Competitiveness and Innovation Group (CIG)
  • Regional Operations Group (ROG)

Platform ini menampilkan UMKM di sektor rumah tangga, fashion, dan gaya hidup, menjadi gerbang untuk mencapai pasar global.

Asisten Sekretaris Leonila T. Baluyut menyampaikan bahwa industri kreatif Filipina berkontribusi sebesar PHP 1,72 triliun terhadap PDB pada tahun 2023, dan mempekerjakan lebih dari 17,26 juta orang Filipina. “Angka-angka ini menyoroti peran vital kreativitas dalam perekonomian kita, mendorong inovasi dan memperkuat ketahanan ekonomi.”